Celebrity

Simak Cerita & Tips Bersepeda dari Sigi Wimala yang Fun!

  by: Giovani Untari       23/7/2020
    • Bagi kamu yang sedang menekuni hobi bersepeda atau mulai tertarik dengan dunia sepeda, Cosmo berbincang dengan aktris dan filmmaker yang juga begitu mencintai dunia sepeda: Sigi Wimala.
    • Ini dia sejumlah tips seru, juga perjalanan bersepeda dari Sigi Wimala yang bisa kamu simak.


    Kala membahas tentang hobi bersepeda, nama dari sosok aktris sekaligus filmmaker Indonesia satu ini jelas tidak bisa dilupakan begitu saja. Konsistensi dan dedikasi seorang Sigi Wimala pada dunia sepeda membuat Cosmo begitu tertarik untuk mendapat lebih banyak informasi dan tips seru dari dirinya. Terlebih saat ini olahraga satu ini kembali naik daun dan begitu dicintai oleh masyarakat. Penasaran seperti apa tips dan trik seru dari Sigi Wimala seputar bersepeda? Berikut wawancara Cosmo bersama dengan Sigi Wimala berikut ini:




    Hai Sigi, kamu dikenal sebagai salah satu publik figur Indonesia yang aktif bersepeda hingga saat ini. Masih ingatkah kapan awalnya Sigi mulai 'terjun' ke hobi ini?

    Pertama kali tertarik dengan dunia sepeda, saya berkenalan dengan sepeda berjenis roadbike. Itu terjadi di tahun 2014. Sebelumnya saya lebih dulu fokus pada olahraga lari, tapi karena mulai bosan, saya mulai mencoba mengulik soal dunia sepeda. Awalnya teman-teman saya yang lebih dahulu menekuni hobi ini, sampai akhirnya saya penasaran pada roadbike yang saat itu masih belum terlalu ramai digandrungi. Karena rasa penasaran tersebut, saya akhirnya mencoba fokus total ke sepeda. Dan saya masih ingat betul pada saat ulang tahun yang ke-31, saya menghadiahi diri saya sebuah roadbike, haha.. Akhirnya hobi tersebut terus berlanjut hingga saat ini.


    Itu artinya Sigi sudah menekuni hobi sepeda selama enam tahun! Apa sekarang Sigi memiliki keinginan atau target tertentu yang berhubungan dengan hobi sepeda tersebut?

    Di awal tahun 2020 ini saya mulai merasa harus memiliki target bersepeda yang lebih serius. Dulu saya bersepeda hanya untuk menghabiskan waktu dan bertemu teman-teman di komunitas, namun mungkin ke depannya saya ingin ikut kompetisi sepeda. Sebenarnya saya ingin lebih menantang diri saya sendiri, karena saya penasaran sekuat apa saya dan tubuh saya dalam hal bersepeda.




    Apa perasaan yang Sigi rasakan setiap kali bersepeda? Terutama setelah berhasil menempuh jarak yang maksimal dan mengarungi medan yang berbeda?

    Setiap keluar untuk bersepeda itu saya seperti merasa mendapat tantangan baru dan vibes yang berbeda pula. Terutama saat bersepeda dalam grup kecil, yang mana saya bertemu dengan banyak orang baru di beberapa kesempatan. Setiap selesai bersepeda dengan sebuah grup, saya bisa merasakan aura positif yang begitu besar di sekitarnya. Mungkin karena setelah bersepeda, endorfin di dalam tubuh kita semua meningkat. Ini membuat kita merasa dikelilingi sesuatu yang menyenangkan dan positif. Mengobrol dengan mereka pun menjadi semakin seru.


    Kamu biasanya lebih memilih bersepeda sendiri atau bergabung dalam grup?

    Saya seringnya bergabung dengan grup kecil yang terdiri dari enam sampai delapan orang. Biasanya kita membuat janji akan bertemu di mana, ke mana, serta menggunakan speed berapa. Sebenarnya untuk female cyclist terutama yang tinggal di Jakarta, saya tidak terlalu menyarankan untuk bersepeda sendiri. Karena rasanya kurang aman jika kita bersepeda sendiri mengingat jalanan di Jakarta banyak tantangannya. Jadi usahakan agar kamu tidak bersepeda sendirian,ya.


    Apakah Sigi rutin bersepeda setiap hari? Bagaimana biasanya kamu mengatur jadwal bersepeda di antara aktivitas yang padat?

    Iya, saya biasanya rutin bersepeda setiap hari. Mengingat target awal saya tahun ini ingin lebih serius dalam urusan bersepeda, jadi saya mencoba untuk konsisten bersepeda setiap harinya. Jika ada aktivitas lain atau jadwal kerja, saya mencoba bangun lebih pagi dan menyempatkan diri keluar sebentar untuk bersepeda, atau saya menggantinya dengan cara bersepeda di rumah. Saya berusaha untuk selalu mencari alternatif di antara jadwal saya, yang penting selalu niat untuk bersepeda. Bagi saya untuk mencapai sesuatu yang lebih besar butuh kedisiplinan diri.






    Adakah hal positif yang Sigi dapatkan selama menjalani hobi bersepeda ini? 

    Bersepeda mengingatkan saya bahwa kita memiliki tubuh yang harus selalu dijaga, karena terkadang kita lupa bahwa tubuh sebenarnya memiliki kekuatan tersendiri. Setelah melalui tantangan yang berbeda saat bersepeda, saya merasa kagum dengan kekuatan dari tubuh kita dan bagaimana ternyata tubuh kita bisa menerima tantangan tersebut. Setiap bersepeda saya juga sering melihat dan menemui para pesepeda perempuan yang sukses menaklukkan track di jalan Jakarta yang challenging. Saya merasa sangat empowered melihat mereka berhasil. Sepeda juga akhirnya membangun kepercayaan diri saya.


    Di mana track bersepeda favorit Sigi?

    Saya suka track yang menanjak pelan, oleh karena itu track favorit saya di area Sentul yang dekat dengan Rainbow Hills. Saya suka bersepeda di sana karena suasananya yang damai, tenang, dan memiliki beberapa jalanan menanjak. Saya merasa begitu terhubung dengan sepeda setiap menemui track yang menanjak.


    Lantas, seperti apa biasanya persiapan Sigi sebelum bersepeda setiap harinya?

    Saya biasanya memulai dengan minum kopi espreso satu shot setiap pagi sebelum mulai bersepeda. Kopi ini bisa membuat saya lebih bersemangat. Selain perlengkapan sepeda yang wajib seperti helm dan lainnya, saya juga menggunakan aplikasi tracker. Ini sangat penting bagi para female cyclist saat mereka bersepeda, sehingga posisi mereka selalu terlacak dan terhubung dengan keluarga mereka. Jadi katakanlah jika terjadi suatu hal, mereka bisa langsung mengetahuinya. Ingat faktor keamanan pun harus selalu diperhatikan bagi para pengendara sepeda.




    Olahraga sepeda saat ini tengah begitu populer di tengah masyarakat. Bagaimana tanggapan Sigi Wimala dengan meningkatnya penggemar sepeda saat ini?

    Saya pribadi merasa senang sekali, karena ini adalah hal yang baik. Artinya semakin banyak pula orang yang berpikir positif dan peduli pada kesehatan mereka sehingga mau berolahraga dengan cara bersepeda. Tapi kembali lagi, jangan lupa bahwa sepeda adalah olahraga yang membutuhkan modal besar di awal dan juga komitmen di dalamnya. Ada effort yang harus dikeluarkan dari olahraga ini. Jadi semoga mereka yang tertarik pada sepeda juga bukan sekadar latah mengikuti tren, tetapi benar-benar bisa mendapat hasilnya.


    Terakhir, apa pesan dari Sigi untuk mereka yang baru mulai menekuni hobi sepeda ini?

    Bagi kamu yang mulai bersepeda, saran saya cobalah bergabung dengan komunitas sepeda yang ada. Mereka biasanya jauh lebih berpengalaman pada dunia sepeda, sehingga mereka akan memberi tips dan trik seputar dunia sepeda yang bermanfaat. Komunitas ini biasanya juga akan memberi warning mengenai jalanan di Jakarta atau suatu tempat yang challenging bagi para pesepeda. Pesan saya berikutnya, mari nikmati prosesnya dan sesuaikan dengan kemampuan kita. Jangan langsung terlalu menggebu-gebu mengambil track yang panjang sehingga berakhir lelah / burn out. Justru akhirnya hal inilah yang membuat mereka malah tidak ingin bersepeda lagi. Penting untuk menyadari seperti apa kapasitas diri kita saat melakukan olahraga satu ini.


    (Giovani Untari / Images: Dok. Instagram @sigiwimala / Ilustrasi: Dyah Puspa)