Fashion

Ini 10 Cara Merawat T-shirt Kesayangan Kamu Tetap Awet!

  by: Hendry Leo       24/7/2020
  • Girls, T-shirt merupakan salah satu item busana wajib yang pasti dimiliki setiap orang. Sebagai busana dasar, item ini pun bersifat fleksibel sehingga dapat kamu kombinasikan dengan berbagai gaya. Namun, kadang kala kita tidak begitu memerhatikan cara merawat T-shirt sehingga jadi cepat memudar dan tidak tahan lama. So, berikut ini Cosmo akan berikan beberapa tips cara merawat T-shirt kesayangan kamu agar tetap awet. Check them out!

    1. Baca Petunjuk Pemakaian

    Tentu saja hal pertama dan penting untuk diperhatikan adalah membaca petunjuk pemakaian pada label T-shirt kamu. Karena setiap pakaian pasti memiliki material dan cara perawatan yang berbeda-beda agar T-shirt senantiasa awet.





    2. Hindari Menggunakan Mesin Cuci

    Well, mungkin mencuci pakaian menggunakan mesin cuci adalah cara paling tepat untuk menghemat waktu dan energi. Namun, jika ingin T-shirt kamu tetap bagus, alangkah baiknya jika kamu mencucinya secara manual. Hal ini untuk menghindari T-shirt jadi tidak cepat memudar dan melar.


    3. Segera Cuci T-shirt yang Terkena Noda

    Saat beraktivitas di luar, terkadang tanpa kita sadari ada noda bekas makanan atau debu jalanan yang menempel di T-shirt kita. Sesegera mungkin membersihkannya dengan menggunakan air atau pembersih agar tak jadi noda yang membandel. Sehingga lebih memudahkan kamu untuk mencucinya nanti.

    4. Pisahkan T-shirt Bedasarkan Warna dan Kotornya

    Cara ini tentu jadi salah satu hal yang wajib kamu lakukan. Pisahkan antara T-shirt berwarna putih, terang dan gelap. Hal ini untuk menghindari warna jadi cepat luntur dan bercampur. Begitu juga dengan T-shirt yang kotor, pisahkan antara yang paling kotor, sedikit noda, dan tidak ada noda. Hal ini juga berfungsi untuk menghindari noda jadi bercampur.


    5. Jangan Rendam Terlalu Lama

    Usahakan rendam T-shirt baru kamu tidak lebih dari 30 menit. Sementara untuk T-shirt lama, sebaiknya direndam selama kurang dari 1 jam. Hal penting yang harus kamu ingat adalah, jangan menggunakan deterjen berlebih, kandungan kimianya akan membuat tekstur pada T-shirt kamu jadi cepat rusak dan bertekstur kasar.

    6. Jangan Disikat Jika Tidak Perlu

    Hindari menyikat T-shirt kamu jika tidak ada noda yang membandel. Hal ini hanya akan membuat tekstur dari pakaian kamu jadi cepat rusak dan longgar. Alangkah baiknya jika T-shirt kamu kucek saja menggunakan tangan.



    7. Hindari Menggunakan Pemutih Pakaian

    Meskipun pemutih pakaian biasa digunakan pada pakaian berwarna putih, akan tetapi beberapa orang juga menggunakannya untuk menghilangkan bekas noda. Cosmo sarankan untuk menghindari menggunakan pemutih pakaian terutama pada T-shirt berwarna. Karena akan membuat warna jadi mudah luntur dan pudar.



    8. Jangan Digantung Menggunakan Hanger (Gantungan)

    Jika tak mau bagian leher pada T-shirt kamu jadi longgar, sebaiknya jangan menggantungnya apalagi saat keadaan basah. Kamu boleh menggunakan hanger saat pakaian kering, dengan cara memasukkannya dari bawah.


    9. Balik T-shirt Saat Dijemur

    Setelah membilas, balik pakaian saat menjemurnya di ruangan terbuka. Paparan sinar matahari langsung akan membuat T-shirt kamu jadi cepat memudar jika tak dibalikkan.

    10. Setrika Langsung Saat Sudah Kering

    Pastikan menyetrika baju kamu secara langsung setelah pakaian kering saat dijemur. Atur suhu pada setrika sesuai dengan bahannya agar tak mudah pudar dan rusak.


    So, semoga tips di atas bermanfaat ya, girls!



    (Teks: Hendry Leo/ Foto: unsplash.com, instagram.com)