Love & Sex

Mengenal Venus Sign dan Pengaruhnya Pada Kehidupan Asmara

  by: Shamira Priyanka Natanagara       28/7/2020
  • So kamu sudah tahu apa itu Sun sign dan kini kamu lebih paham akan sifat-sifat yang dihadirkannya, mulai dari karakteristik buruk hingga baik (psst... kalau belum tahu Sun sign-mu, coba cek di Café Astrology atau Co-Star). Namun apa yang akan terjadi ketika seseorang muncul di hidupmu? Like, yang Cosmo maksud adalah seseorang yang menarik perhatianmu dan bisa membuatmu jatuh cinta. Apakah zodiak kalian cocok? Apakah energi kalian sebanding? Dan bagaimana kamu bisa mengetahuinya? Mari kita belajar lebih lanjut tentang Venus sign, alias tanda zodiak di mana planet Venus berada ketika kamu lahir

    Mungkin kamu sudah tahu bahwa Venus adalah planet cinta, keindahan, kenikmatan, dan uang. Venus memengaruhi cara kita mengekspresikan kasih sayang, kepada siapa kita tertarik, dan daya tarik kita sendiri. Venus menunjukkan kita jenis hubungan yang bisa membuat kita berkembang dan apa yang memicu kesenangan kita. Pada dasarnya, Venus sign menunjukkan kita apa yang membuat kita bahagia ketika jatuh cinta.

    Mengingat hubungan asmara bisa menjadi hal yang penting dalam hidup orang, cukup mengagetkan bahwa kita masih kurang memerhatikan Venus sign—ini adalah indikator dengan siapa kita seharusnya menjalin hubungan yang lebih baik daripada Sun sign. BTW, sedikit fakta unik tentang Sun sign: Jangan kaget jika Venus sign-mu sama dengan Sun sign atau satu atau dua zodiak setelah atau sebelumnya (semisal Sun kamu Libra dan Venus-mu Scorpio, Sun Taurus dan Venus Cancer, dll.) Venus seringkali disebut sebagai "sister planet" Bumi karena ukuran, massa, dan kepadatannya mirip dan memiliki orbit yang serupa. Ini berarti Venus sign dan Sun sign seringkali cukup dekat, jika tidak sama.



    Meskipun begitu, jika Venus sign kamu dan sang pasangan tidak cocok, bukan berarti kalian tidak ditakdirkan bersama—ini hanya berarti kalian harus bekerja sedih lebih keras untuk memahami kepribadian asmara satu sama lain. So sekarang kamu sudah paham apa itu Venus sign, inilah arti Venus sign untuk setiap zodiak:


    Venus in Aries

    Para pemilik Venus sign Aries mendekati orang yang menarik perhatian mereka seperti kereta api: penuh keyakinan dan lurus ke depan. Mereka tidak basa-basi dan jujur dan ingin perlakuan yang sama (meskipun jika sang pasangan terasa terlalu terbuka, mereka bisa bosan karena mereka tidak pernah kehilangan nafsu akan sensasi 'mengejar' sesuatu). Orang-orang tertarik dengan Venus Aries karena kepercayaan diri dan sikap mereka yang berani, serta sex appeal mereka yang kuat.

    Mereka menyukai hubungan yang penuh energi dan gairah. Mereka ingin pengalaman yang spontan, penuh sensasi dan hubungan seks yang menggemparkan. Dan mereka pun memiliki ego, jadi buat jika kamu membuat mereka merasa seperti mereka telah mengalahkanmu dalam sebuah kompetisi, they'll loooove it!

    Pasangan yang cocok: Venus Aries, Leo, Sagittarius, Scorpio, atau Libra.


    Venus in Taurus

    Taurus sendiri sudah dikuasai oleh Venus, jadi para pemilik Venus Taurus secara natural sensual, punya dorongan seks yang tinggi, dan terobsesi dengan cuddling! Mereka sangat menyukai quality time berdua pasangan dan hanya ingin merasa nyaman dengan seseorang yang spesial. Ini berarti mereka ingin segera tahu status hubungan dan bisa menjadi sedikit iri dan posesif selama proses tersebut.

    Cinta mereka sangat fisik, dan mereka mendambakan perhatian dan kepastian. Venus Taurus jarang 'mengejar' orang lain—orang-orang justru tertarik pada mereka karena Venus Taurus tahu cara bersenang-senang dan selalu punya rencana menarik untuk berkencan. Date night dengan mereka sungguh intim dan berlangsung lama—mereka bisa mengajakmu menyantap makanan di restoran mewah atau menghabiskan waktu menonton film rom-com berdua di tempat yang nyaman. Mereka tidak suka dibuat terburu-buru, dikagetkan, atau dikesampingkan dengan cara apapun, dan jika merasa dimanipulasi mereka bisa memendam amarah.

    Pasangan yang cocok: Venus Taurus, Capricorn, Virgo, Libra, atau Scorpio.


    Venus in Gemini

    Venus Gemini sulit dihadapi oleh kebanyakan orang karena mereka sulit diajak berkomitmen. Kebebasan dan variasi adalah kesukaan mereka dan hubungan bisa menjadi hal yang tricky karena pada dasarnya hubungan mengajak mereka untuk berkomitmen dengan satu orang. Mereka bisa bersikap rewel, berubah pikiran dengan cepat, dan menjadi genit dengan orang lain. Rasa ingin tahu adalah motivator mereka. Emosi membuat mereka panik, jadi pasangan mereka bisa merasa walaupun sudah sering berbicara, Venus Gemini tidak menunjukkan seluruh perasaan mereka dan kurang mengenal mereka secara mendalam. Ugh, feelings.

    Nah, sisi baiknya: Kencan akan menjadi sebuah petualangan, diikuti dengan kesempatan untuk lebih mengenal diri mereka. Venus Gemini adalah pasangan yang seru dan tak pernah membosankan karena mereka youthful, penuh semangat, dan penuh hidup, meski kekurangan intensitas emosional mereka terkadang bisa membuat sang kekasih merasa sedikit, well, kesepian. Hal terbaik bagi Venus Gemini adalah untuk memiliki kekasih dengan kehidupan sosial yang sama sibuknya, dan kedua belah pihak akan bahagia.

    Pasangan yang cocok: Venus Gemini, Libra, Aquarius, Virgo, atau Sagittarius.


    Venus in Cancer

    Venus Cancer mendambahakn keamanan, kesetiaan, dan ketabahan. Mereka menyukai (well, membutuhkan) hal-hal romantis, kata-kata sentimental, dan sebanyak mungkin PDA yang bisa kamu berikan kepadanya. Itu adalah kunci untuk 'masuk' ke hatinya yang dijaga (karena jauh di lubuk hati, mereka takut diabaikan dan dikhianati, yang bisa melelahkan, TBH). Namun ketika mereka sudah berani membuka diri, mereka akan memanjakan sang kekasih dengan cinta, kasih sayang, dan penuh perhatian. Mereka adalah pengamat perseptif dan intuitif yang bisa 'mengendus' rahasian dari kejauhan dan menyesuaikan diri dengan keinginan orang-orang yang mereka sayangi.

    Kencan dengan Venus Cancer berisi sesi cuddling dan percakapan intim sepanjang malam tentang apapun dan segala hal. Mereka adalah pasangan yang baik dan membuat orang lain merasa dipahami dan disayangi. Namun terkadang, mereka bisa terjebak dalam permainan pikiran dan mengerahkan taktik menyebalkan untuk "menguji" kasih sayang dan kesetiaan sang kekasih. Secara ideal, seiring waktu, kebiasaan ini akan berubah (dan jika tidak, bisa menjadi hubungan toxic). Namun ketika mereka sudah benar-benar merasa aman, tak ada pasangan yang bisa lebih diandalkan, penuh cinta, dan pengertian dari Venus Cancer.

    Pasangan yang cocok: Venus Cancer, Scorpio, Pisces, atau Capricorn.


    Venus in Leo

    Tak ada yang lebih penting dari cinta bagi para pemilik Venus Leo. Itulah yang membuat mereka merasa 'hidup' dan mengisi pikiran mereka. Mereka cukup teatrikal dalam hubunga, seakan-akan mereka memerankan tokoh utama dalam serial drama tentang cinta terlarang. Mereka akan berjalan dengan bangga, memamerkan penampilan terbaik mereka, dan sang 'target' sebaiknya bersiap-siap untuk tepuk tangan dan memberi mereka pujian—atau menghadapi kemurkaan mereka.

    Para pemilik Venus Leo ramah, murah hati, dan sebenarnya cukup sederhana. Pada dasarnya, standar hubungan yang sehat bagi mereka adalah seberapa banyak perhatian yang mereka dapatkan. Pasangan yang mudah 'kabur', masa bodoh, mudah terdistraksi, atau moody akan cepat sadar hal tersebut bisa membuat Venus Leo merajuk (dan memulai pertengkaran). Mereka butuh perhatian, apresiasi, an passion, tapi sebagai gantinya, pasangan akan dihadiahkan dengan orang yang dapat menghibur dan memenuhi keinginan mereka lewat hal-hal yang ekstra. Jika ingin hidup dalam kisah cinta ala film romantis, they're the right one for you.

    Pasangan yang cocok: Venus Leo, Aries, Sagittarius, atau Aquarius.


    Venus in Virgo

    It's all about the details. Para pemilik Venus Virgo akan meluangkan waktu untuk mengenal seseorang lebih dalam, dengan sabar mempelajari apapun yang perlu diketahui tentang sang calon pasangan dan yang membuat mereka jatuh cinta—biasanya dilakukan dari jarak yang cenderung aman pada awalnya. Ya, memang butuh waktu agar Venus Virgo menyukai seseorang, karena mereka secara natural berhati-hati, sensitif, dan menjaga diri (mereka tidak suka menjadi yang pertama untuk bergerak, sorry). 

    Pengetahuan yang mereka kumpulkan tentang sang pasangan (serta kepribadian khas Virgo yang perfeksionis) bisa membuat Venus Virgo mengganggunya, menunjukkan apa yang bisa dilakukan lebih baik atau secara pasif-agresif melakukannya sendiri. Sisi baiknya, mereka menunjukkan cinta lewat membantu, pertimbangan, dan dukungan praktis, jadi kalau kamu menyukai (atau membutuhkan) hal tersebut, Venus Virgo mungkin pasangan yang tepat bagimu.

    Pasangan yang cocok: Venus Virgo, Taurus, Capricorn, Gemini, atau Pisces.




    Venus in Libra

    Venus Libra pandai soal asmara—mereka adalah ahli flirting, kekasih yang lemah lembut, dan pencinta sejati. Mereka pun suka segala hal yang harmonis, seimbang, dan diidealkan, yang bisa terkesan superfisial atau tidak realistis karena hidup biasanya lebih rumit, berantakan, dan tidak adil dari harapan mereka. Pesona mereka yang natural dan selera yang bagus memberi mereka keinginan untuk hidup dalam kisah cinta ala dongeng.

    Mereka gemar membuat pasangan senang dan puas, siap berbagi hidup dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan orang lain tanpa rewel. Walaupun begitu, jika sikap mereka yang mudah berkompromi dan adil dimanfaatkan, bisa menimbulkan ketegangan selagi mereka mencoba memperbaiki keseimbangan. Trik agar hubungan dengan Venus Libra berjalan lancar adalah untuk selalu bersikap adil dan melakukan tugasmu. Perlakukan mereka bagaimana kamu ingin diperlakukan, dan mereka akan membalasnya dengan penuh cinta.

    Pasangan yang cocok: Venus Libra, Gemini, Aquarius, Taurus, atau Aries.


    Venus in Scorpio

    Orang-orang yang memiliki Venus Scorpio dapat langsung menarik perhatian karena mereka memiliki seksualitas yang kuat dan kebutuhan untuk menjalin hubungan intens yang fearless dengan orang lain... alias siapa saja yang disukai mereka pasti akan langsung sadar (dan sulit untuk menolak energi mereka yang eksplosif). Tak ada batas pada tingkat keinntiman yang mereka incar, meski mereka tidak mengizinkan hal ini terfokus pada mereka (mereka sangat tertutup dan terjaga).

    Apakah semua hal tersebut terdengar berat? Mungkin, dan untuk banyak orang, terlalu berlebihan. Venus Scorpio bisa merasa iri, pedas, dan provokatif dengan kasih sayang mereka. Namun mereka pun setia, intim, dan tertarik dengan sang pasangan dalam segala aspek, dan biasanya pandai memuaskan sang pasangan di tempat tidur (katanya, sih). So hidup tak akan pernah membosankan, that's for sure! Berani untuk menghadapi Venus Scorpio?

    Pasangan yang cocok: Venus Scorpio, Pisces, Cancer, Aries, atau Taurus.


    Venus in Sagittarius

    Para pemilik Venus Sagittarius adalah orang-orang yang super menarik—flirty, fun, hangat, supel, dan bersemangat untuk menjalin hubungan. Hubungan yang santai menghampiri mereka lebih sering daripada hubungan berkomitmen karena mereka memiliki keinginan yang kuat untuk tetap bebas dan terbuka untuk berbagai opsi. Mereka tidak bisa diam dan bisa mudah 'menghilang' jika situasi menjadi sulit atau jika mereka merasa tertahan, dikritik, atau tidak bersemangat.

    Kunci untuk menjalin hubungan yang baik dengan Venus Sagittarius adalah untuk memberi mereka ruang, yang bisa menantang karena pasangan mereka tahu bahwa mereka flirty dan mudah terdistraksi. Yang kedua (dan lebih seru) adalah untuk menjadi pasangan hidup sejati dengan menjadi terlibat dalam segala ide mereka. Mereka ingin menjelajah dunia, dan sebagai idealis, mereka ingin pasangan yang juga mencintai kebebasan seperti diri mereka (yang setidaknya bisa mengikuti energi mereka, jika tidak bisa menjadi lebih fearless daripada mereka). 

    Pasangan yang cocok: Venus Sagittarius, Aries, Leo, atau Gemini.


    Venus in Capricorn

    Venis Capricorn terlahir waspada, ambisius secara material, dan ditakdirkan untuk menjadi sukses, jadi mereka mencari pasangan impresif yang bisa diajak kemana saja dan bahkan 'dipamerkan'. Jika mereka bisa menggunakan algoritma untuk mencocokkan diri mereka dengan orang ini dan menghemat waktu dari mengejar, flirting dan mengalami ketidakpastian, pasti mereka akan menggunakan algoritma tersebut. Mereka hanya ingin hasil yang baik tanpa harus repot menjalani proses kencan.

    Orang-orang tertarik dengan mereka karena memiliki aura santai, keren, dan mampu menguasai diri. Mereka membuat keributan, mengganggu pembicaraan orang, atau mengatakan pendapat yang tidak diinginkan tanpa berpikir terlebih dahulu—mereka bisa dijamin aman untuk diajak hangout dengan sahabatmu. Meski mereka biasanya hemat (selalu menabung untuk masa depan), ketika berkencan, mereka ingin membuat sang pasangan terkesan, jadi night out dan liburan yang direncanakan tidak akan 'murahan'. Meski mereka bukan pasangan yang paling passionate atau asyik, mereka super setia dan tangguh yang bisa diandalkan.

    Pasangan yang cocok: Venus Capricorn, Taurus, Virgo, atau Cancer.


    Venus in Aquarius

    Venus Aquarius adalah orang-orang yang mencari teman sekaligus kekasih, seseorang yang bisa dijadikan tempat curhat untuk ide-ide mereka, bermain bersama, dan ditantang. Mereka lebih sering mendengarkan isi kepala daripada hati, dan mereka menghadapi situasi dengan alasan dan logika. Terkadang ini membuat mereka agak 'asing', dan mereka benar-benar muak akan sentimentalitas dan PDA (kencan Valentine atau perayaan anniversary yang ideal bagi mereka adalah mengunjungi bar unik daripada di restoran atau hotel mewah).

    Para kekasih patut mengharapkan seorang pasangan yang nyentrik dan unik yang bisa diajak melakukan apapun, tidak membuat peraturan atau batas, dan mengajukan ide kencan yang magical serta spontan (dan Venus Aquarius mencari seseorang yang bisa go with the flow). Kebebasan adalah hal yang mereka butuhkan. Jika mereka butuh berjalan-jalan bermil-mil dan menjelajahi dunia, dan mereka akan memberikan kesempatan yang sama bagi sang kekasih. Jadi jika kamu tidak menyukai hal tersebut, mungkin Venus Aquarius kurang cocok denganmu. 

    Pasangan yang cocok: Venus Aquarius, Libra, Gemini, atau Leo.


    Venus in Pisces

    Para pemilik Venus Pisces adalah yang paling romantis di antara zodiak lainnya—menarik, tenang, pemaaf, puitis, playful, dan sensitif. Mereka hampir terlalu manis bagi dunia dan butuh dijaga di dalam kamar di menara tertinggi di dunia sampai seorang Prince/Princess Charming muncul. Karena mereka sangat baik, mereka akan kesulitan untuk mengatakan 'tidak' kepada para calon pasangan (mereka punya banyak karena mereka mudah untuk diajak bergaul), bahkan jika beberapa dari para calon kurang ideal. 

    Sensitivitas mereka yang ekstrim, sayangnya, bisa menguji hubungan; mereka sangat terpengaruh oleh segala hal di sekitar mereka dan sering merasa bingung dan kewalahan dengan hidup (dan mereka bukanlah yang paling jago mencurahkan perasaan). Venus Pisces juga tertarik dengan para underdog atau orang-orang yang, err, bermasalah (i.e., para f*ckboy), jadi kemungkinan mereka memiliki deretan mantan yang cukup "menarik". Namun justru itu bukti hati baik mereka—Venus Pisces hanya ingin seseorang yang bisa mencintai mereka daripada yang memanfaatkannya.

    Pasangan yang cocok: Venus in Pisces, Cancer, Scorpio, atau Virgo.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Peng Louis from Pexels)