Lifestyle

Tak Disangka, Ini Arti Tren Instagram "Challenge Accepted"

  by: Kezia Calesta       29/7/2020
  • Sejak beberapa hari yang lalu, ada tren baru di Instagram: para wanita mengajak teman-teman mereka untuk mengunggah foto diri berwarna hitam putih, diikuti dengan caption “Challenge Accepted” serta hashtag #womensupportingwomen. Karena ini, banyak orang berasumsi bahwa tren ini bertema women empowerment.






    Nah sebenarnya, ada makna yang lebih dalam dan serius di balik social media challenge ini. Aktris Hollywood Sophia Bush menjelaskan arti di baliknya: “Tren ini dimulai di Turki, di mana foto unggahan berwarna hitam putih merupakan dukungan untuk para wanita Turki, khususnya bagi #PinarGultekin yang dibunuh secara brutal,” tulis Sophia di Instagram. “Turki adalah salah satu negeri dengan kasus femisida tertinggi, dengan lebih dari 500 pembunuhan wanita yang tercatat pada tahun 2019, dan banyak lagi yang belum dilaporkan. Aksi tercela ini memudahkan pembunuhan, maka para wanita di Turki sedang mengadakan protes agar para pembunuh mendapat sanksi dari pemerintah.”

    “Mereka sedang memprotes karena setiap hari, mereka bangun dan melihat foto-foto wanita terbunuh yang berwarna hitam-putih di berita."

    “Aksi Instagram ini memiliki tujuan untuk menunjukkan kepada pemerintah Turki bahwa semua wanita tahu mereka bisa menjadi sasaran berikutnya, bahwa foto mereka juga bisa terpampang di berita yang mendatang.”





    Setelah menjelaskan makna di balik tren “Challenge Accepted”, Sophia mendedikasikan unggahannya kepada Breonna Taylor, wanita berdarah Afrika-Amerika yang dibunuh oleh polisi di rumahnya 200 hari yang lalu. “Untuk Breonna, dan untuk para saudari kita di Turki, saya menegaskan ‘NO JUSTICE NO PEACE!’,” tutupnya. 



    Untuk kamu yang ingin ikut berpartisipasi sebagai bentuk solidaritas, tentu akan lebih baik bila kita sama-sama tahu makna di balik kampanye yang sedang ramai di media sosial ini. 


    (Image: doc. @womanizer via Unsplash)