Fashion

Nusantara Fashion Festival 2020 Siap Dukung UMKM Mode

  by: Shamira Priyanka Natanagara       31/7/2020
  • Cosmo yakin kamu sadar bahwa pandemi virus corona ini tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat saja, tapi juga memengaruhi ekonomi dunia secara negatif. Bahkan belum lama ini Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa ada kemungkinan Indonesia mengalami resesi jika kondisinya tidak membaik. So jangan kaget jika belakangan ini kamu melihat post di media sosial tentang cara mendukung bisnis lokal, cara membantu korban PHK, atau hal-hal serupa—karena kini memberikan sebanyak mungkin bantuan, dan Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 pun memiliki tujuan yang sama.

    NUFF 2020 adalah inisiatif dari Kementerian BUMN, bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI), yang bertujuan untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) industri mode. Inisiatif ini menggandeng lebih dari 300 UMKM dan pegiat industri mode untuk menghadirkan tiga acara fesyen berkualitas sepanjang bulan Agustus mendatang: Virtual Fashion Talks, Virtual Charity Auction, dan Virtual Fashion Show. Yes, semuanya dilakukan secara daring!





    Dalam rangkaian Virtual Fashion Talks, NUFF 2020 akan mengundang 50 pembicara dari dunia mode Indonesia, seperti ikon mode, pelaku bisnis, dan figur publik yang akan berbagi cerita mereka terkait mode, dengan harapan dapat menginspirasi para audiens. Untuk mengisi acara Virtual Charity Auction, NUFF 2020 mengundang Sepatu Compass, Sejauh Mata Memandang, NIION, Rama Dauhan, Didi Budiarjo, dan sejumlah label fesyen lokal lainnya untuk melelang produk hasil kolaborasi antar label. I mean, kapan lagi kamu bisa mendapatkan item dari kolaborasi spesial ini, kan? So kalau tertarik, kamu bisa mengikuti lelang ini melalui situs resmi NUFF 2020. Plus, hasil lelang akan disalurkan kepada pelaku industri mode yang terkena dampak buruk pandemi COVID-19. It's for a good cause!

    Dan yang paling menarik perhatian Cosmo adalah Virtual Fashion Show yang akan berlangsung pada 16 dan 17 Agustus nanti. Bukan hanya karena bisa melihat 75 karya mode lokal, tapi pagelaran busana ini juga diselenggarakan secara virtual dan dirancang interaktif. Acara ini juga melibatkan Jay Subyakto sebagai Creative Director dan Anton Wirjono sebagai Music Director, memadukan kreativitas dari berbagai industri di tanah air.





    "Keterlibatan UMKM dalam kegiatan ini dengan harapan dapat menjadi sarana promosi sekaligus membantu penjualan produk lokal buatan Indonesia," ujar Direktur Konsumer Bank BRI Handayani. Ia kagum akan keberagaman industri mode Indonesia dan berharap acara ini dapat membantu bisnis mode lokal bertahan.

    CEO Samara Media & Entertainment, Ben Soebiakto, juga mengatakan bahwa festival mode virtual ini juga bertujuan untuk "memberikan inspirasi kepada pegiat industri mode dan menyambut ide-ide kreatif yang dapat memajukan ekonomi kreatif Indonesia."

    Rangkaian acara NUFF 2020 akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 31 Agustus 2020. Nantikan live stream festival ini melalui situs NusantaraFashionFestival.com. Mari kita bantu industri mode tanah air!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Nusantara Fashion Festival 2020)