Beauty

Penting! 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Eksfoliasi Wajah

  by: Astriana Gemiati       9/7/2021
    • Sebelum melakukan eksfoliasi wajah, kenali dulu tipe wajahmu.
    • Beberapa pertanyaan seputar eksfoliasi wajah, termasuk kapan waktu eksfoliasi wajah terbaik serta reaksi setelah eksfoliasi terjawab di sini.


    Ada banyak alasan mengapa eksfoliasi itu penting. Pertama, selain mampu mengungkap sel-sel kulit baru, eksfoliasi juga bantu menghilangkan sel-sel mati dari pori-pori dan membuatnya lebih mengecil. Selain itu, eksfoliasi juga bantu menghilangkan penumpukan, sehingga kulit lebih mudah menyerap bahan-bahan yang kamu gunakan untuk perawatan wajah, mulai dari obat jerawat hingga serum.

    Nah, untuk kamu yang sudah penasaran ingin mencoba eksfoliasi, berikut Cosmo jabarkan lima hal yang perlu kamu ketahui mengenai eksfoliasi sebelum melakukannya. Yuk, intip!




    Bagaimana cara eksfoliasi sesuai jenis kulit dan kandungan apa yang dibutuhkan?

    Sebelum mulai melakukan eksfoliasi, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu kondisi kulitmu. Mengapa? Karena setiap jenis kulit memiliki aturannya sendiri dan membutuhkan kandungan eksfoliasi yang berbeda-beda. Berikut beberapa tips eksfoliasi wajah dari Cosmo sesuai jenis kulitmu:


    #1. Kulit berminyak dan cenderung berjerawat

    Ada baiknya kamu menghindari scrub fisik yang kasar, karena produk tersebut justru dapat menyebabkan jerawat. Kamu bisa memilih pembersih wajah seperti exfoliating toner yang mengandung hydroxy acids seperti glycolic atau salicylic untuk bantu menghilangkan kotoran dan memecah sel kulit mati yang menyumbat pori. Jika kamu memiliki kulit berminyak dan warna kulit yang kusam, kamu bisa menggunakan glycolic dan salicylic secara berbarengan. Caranya, gunakan dua hingga lima persen salicylic dan glycolic acid ketika kulit meradang atau mengelupas, dan pakai sekali atau dua kali seminggu selama sebulan. Namun kalau kamu merasa kurang yakin, ada baiknya kamu bertanya pada ahli dermatologi terlebih dahulu sebelum memulai eksfoliasi.

    Cosmo tips: Coba gunakan charcoal mask setiap seminggu sekali yang bisa bantu menyerap minyak berlebih. 


    #2. Kulit Kering

    Kamu bisa mencoba produk pembersih wajah yang menggunakan formula lembut seperti AHA, atau lakukan scrub wajah yang ringan. Cari tahu juga cara eksfoliasi wajah tanpa membuat kulit kering. Segera lanjutkan dengan gentle hydration lotion setelahnya, ya.

    Cosmo tips: Untuk meraih kesan kulit dewy, lakukan exfoliating mask seminggu sekali.


    #3. Kulit sensitif

    Sebaiknya hindari jenis scrub yang memiliki tekstur berpasir. Coba produk pembersih atau toner yang kaya akan enzim buah atau tanaman, dan lakukan eksfoliasi dengan memijat wajah secara lembut. Saran Cosmo, lakukan dua kali seminggu.

    Cosmo tips: Gunakan lap basah yang dingin, lalu lakukan eksfoliasi pada wajah dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sel-sel kulit mati secara maksimal.


    #4. Kulit kombinasi

    Untuk area T-zone yang berminyak, sebaiknya gunakan scrub dengan kandungan air yang lebih sedikit. Sedangkan untuk area pipi yang lebh lembut, sebaiknya gunakan bahan eksfoliasi yang mengandung lebih banyak air. Lakukan eksfoliasi dua kali seminggu.



    Cosmo tips: Home peels adalah pilihan untuk kulit kamu. Atau, gunakan gel exfoliating yang mengandung enzim buah yang bantu mengelupas kulit mati saat kamu memijatnya pada wajah.


    Apa yang perlu saya lakukan jika mengalami reaksi buruk setelah eksfoliasi?

    Coba beralih ke gentle cleanser dan gunakan selalu moisturizer sampai kulit menjadi tenang. Hindari penggunaan eksfoliasi atau produk pembersih yang mengandung scrub untuk sementara.


    Apakah sebaiknya saya melakukan eksfoliasi di pagi atau malam hari?

    Kamu bisa melakukannya di pagi maupun di malam hari. Namun jika kamu menggunakan perawatan malam seperti retinol, kamu mungkin perlu melakukan eksfoliasi di malam hari sebelum penggunaan retinol, karena kulit kamu akan lebih reseptif begitu sel permukaan mati telah dihilangkan. Hal ini akan membuat retinol bekerja lebih baik pada wajah. Yang terpenting, tetap lindungi kulit dengan mengembalikan kelembapan yang hilang lewat bantuan hydrating cream atau gel.


    Apakah saya boleh melakukan ekfoliasi di area mata?

    Lebih amannya, cek selalu label produk untuk memastikan apakah produk tersebut bisa digunakan untuk area mata atau tidak. Penggunaan scrub pada area mata tentu sangat tidak disarankan, karena area tersebut memiliki lapisan kulit tertipis dan membutuhkan perawatan ekstra.


    Baca juga: Cara Merawat Kecantikan Kulit Area Mata Dari Ahlinya


    Apakah saya boleh menggunakan body scrub untuk eksfoliasi wajah?

    Tentu saja tidak! Body scrub memiliki butiran scrub yang keras dan ukurannya lebih besar dari produk face scrub, produk ini dibuat untuk meratakan lapisan kulit yang lebih tebal di area bawah leher. Hindari body scrub untuk eksfoliasi wajah, ya!


    ( Astriana Gemiati / VA / Image: JC Gellidon on Unsplash)