Beauty

Perhatikan Tips Ini Agar Manfaat Sunscreen Yang Optimal

  by: Redaksi       2/7/2021
  • Cosmo Babes, sepertinya kita semua kini bisa setuju bahwa sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk perawatan wajah yang paling penting untuk digunakan. Pasalnya, selain melindungi kulit agar tidak terbakar dari sinar matahari, ternyata pemakaian sunscreen secara konsisten dapat membantu permukaan kulit melawan tanda penuaan dini, mengurangi hiperpigmentasi, serta terhindar dari kanker kulit.

    Ketika sedang memilih sunscreen, orang-orang kebanyakan hanya memedulikan besaran angka SPF yang tercetak di packaging produk. Padahal, tanpa cara penggunaan yang benar, bisa saja kamu hanya mendapatkan setengah dari proteksi yang dijanjikan. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Medical Journal, kebanyakan orang hanya memakai 25-75 persen dari takaran yang dianjurkan! Memang, sih, terkadang menggunakan sunscreen dapat terasa berat di kulit karena teksturnya yang tebal dan creamy. Tapi, lebih disayangkan lagi jika kamu sudah mengeluarkan uang untuk membeli suatu produk yang ternyata tidak dapat memberi hasil yang optimal hanya karena kamu malas untuk memakainya dengan benar.





    Apa itu SPF?

    SPF merupakan akronim dari "sun protection factor." Pada dasarnya, kandungan ini lah yang melindungi kulit kalian dari sinar UVA dan UVB. Lalu, kalau kamu perhatikan lagi, setiap tulisan SPF pada sunscreen pasti diikuti oleh nominal tertentu yang berkisar dari 15, 30, hingga 50. Angka tersebut menunjukkan sekuat apa kandungan SPF dalam produk yang sedang kamu lihat dan mengindikasikan berapa lama kamu dapat menggunakan sunscreen tersebut tanpa “terbakar” sinar matahari. SPF 15 berarti kulitmu akan dilindungi sebanyak 15 kali lebih lama jika dibandingkan ketika kamu tidak memakai SPF sama sekali.

    Tetapi sekarang ada satu permasalahan lagi yang lebih penting: Ya, memang SPF 50 dapat melindungi kulitmu jauh lebih lama dibandingkan dengan SPF 15 tapi ini belum memperhitungkan seberapa akurat kamu menggunakan sunscreen.


    Sebenarnya sebanyak apa, sih, sunscreen yang kita butuhkan?

    Menurut penelitian yang sama, penggunaan sunscreen pada badan menggunakan panduan yang dinamakan “rule of nines” di mana tubuh kita dibagi menjadi 11 area utama yang masing-masing mencakup sekitar 9 persen dari total permukaan tubuh. Area ini terdiri dari:

    • Kepala, wajah, dan leher
    • Tangan kanan
    • Tangan kiri
    • Punggung atas
    • Punggung bawah
    • Dada
    • Perut
    • Pinggul dan paha kanan
    • Pinggul dan paha kiri
    • Betis dan telapak kaki kanan
    • Betis dan telapak kaki kiri

    Setiap permukaan dianjurkan untuk diberi sunscreen setiap harinya sebanyak 2 miligram atau setara dengan setengah sendok teh. Tetapi, untuk lebih mempermudah penggunaan, kamu bisa memperkirakan takarannya dengan menggunakan “two fingers rule” atau “aturan dua jari.” Menurut aturan tersebut, kamu dapat mengukur seberapa banyak kebutuhan sunscreen yang kamu perlukan dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Caranya sangat mudah: Kamu hanya tinggal mengolesi produk dari ruas jari paling bawah hingga ujung jari atas.

    Mungkin takaran ini akan terlihat terlalu banyak, apalagi untuk seseorang yang sebelumnya tidak terbiasa menggunakan sunscreen secara rutin. Maka dari itu, kamu dapat mulai membiasakan diri secara perlahan dengan menggunakannya ke satu jari terlebih dahulu. Selain dari takaran penggunaan yang benar, ada beberapa hal lain yang dapat kamu perhatikan untuk mengoptimalkan manfaat sunscreen pada kulitmu:



    1. Pilih setidaknya sunscreen dengan SPF 30
    2. Utamakan fokus pada bagian wajah dan bagian tubuh lain yang terekspos sinar matahari
    3. Saat mau keluar rumah, gunakan sunscreen 15 menit sebelum berangkat
    4. Gunakan sunscreen setiap hari (ya, meskipun kamu berada di dalam ruangan)
    5. Sebisa mungkin pakai kembali sunscreen-mu setelah beberapa jam pemakaian


    (Nabila Nida Rafida / Image: Dok. BATCH by Wisconsin Hemp Scientific on Unsplash)