Better You

Ini Alasan Kamu Wajib Ganti Sikat Gigi Setelah Sembuh dari COVID-19!

  by: Giovani Untari       2/7/2021
  • Apabila saat ini kamu baru saja sembuh dari COVID-19, maka salah satu hal yang wajib segera kamu lakukan adalah membuang sikat gigi lamamu, dear!

    Ada alasan jelas mengapa sikat gigi ternyata memegang peranan penting dalam skema kesehatanmu paska pulih dari COVID-19. Para dokter gigi menyarankan bagi mereka yang baru saja sembuh dari COVID-19 sebaiknya tidak menggunakan sikat gigi lama mereka. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan kembali atas penyakit tersebut. Apalagi jika sikat gigi pasien COVID-19 tersebut ditempatkan di area yang mudah dijangkau oleh anggota keluarga lainnya. Maka ini semakin berpotensi untuk menyebarkan Coronavirus di dalam rumah.




    Dr Riddhi Katara, dentist dan founder dari Experteeth Dental Care di Mumbai, India menjelaskan, “Jika Anda atau ada anggota keluarga lainnya baru sembuh dari COVID-19, jangan lupa untuk segera mengganti sikat gigi dan juga pembersih lidah yang digunakan oleh pasien tersebut. Benda-benda itu dapat menjadi tempat berkembang dan penyebaran virus. Jadi cara terbaik untuk mencegah penyebarannya adalah dengan membuangnya.”




    Sang dokter juga menyarankan hal ini bagi mereka yang baru saja terserang flu, batuk, dan demam. “Kami menyarankan metode yang sama, di mana Anda harus mengganti sikat gigi dan pembersih lidah setelah 20 hari awal merasakan gejala pertama COVID-19,” ujar Dr Riddhi. Bakteri dan virus dapat terus hidup di permukaan seperti sikat gigi. Apabila terus dibiarkan, virus dan bakteri tersebut dapat menyebabkan Anda terserang infeksi saluran pernapasan atas.

    “Sebagai upaya pencegahan, kami menyarankan pasien untuk menggunakan mouthwash atau Betadine gargle yang bisa membantu mengurangi jumlah virus atau bakteri di dalam mulut. Jika tidak ada mouthwash, Anda bisa mencoba berkumur dengan menggunakan air hangat yang diberi garam. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan bagian mulut Anda dengan cara menyikat gigi dua kali sehari,” saran Dr Riddhi.


    BAGAIMANA COVID-19 BISA MENULAR LEWAT SIKAT GIGI?

    COVID-19 diketahui dapat menyebar dari droplet / cairan yang dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, berbicara, berteriak, dan tertawa. Coronavirus saat ini juga menyebar melalui udara, sehingga seseorang yang positif bisa menularkan virus tersebut kepada orang di dekatnya melalui udara.





    COVID-19 dapat menyebar melalui sikat gigi dan pembersih lidah pasien COVID-19, yang mana kedua alat tersebut memiliki jumlah virus SARS-CoV-2 yang tinggi. Meski sudah dinyatakan positif, tetapi tetap menggunakan benda-benda tersebut dapat meningkatkan potensi penularan kembali bagi pasien dan orang terdekatnya,” terang Dr Riddhi.


    Tentu saja, melakukan tindakan pencegahan COVID-19 saat ini sangat penting bukan?



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Ron Lach from Pexels, Tara Winstead from Pexels, Taryn Elliott from Pexels)