Beauty

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Soal Jerawat Punggung

  by: Shamira Priyanka Natanagara       2/7/2021
    • Seorang dermatolog menjelaskan sains di balik munculnya jerawat punggung dan bagaimana cara memperbaiki kesalahan ini.


    It hurts, but it’s true: “Acne mechanica,” atau iritasi dan noda yang disebabkan oleh gesekan pakaian favorit Anda terhadap kulit Anda, bisa terjadi pada siapa saja, kata Michelle Henry, MD, seorang dermatolog di Laser & Skin Surgery Center of New York. Ya, terlepas dari tipe kulit (meski jika tipe kulit Anda cenderung berminyak, kemungkinan risikonya lebih tinggi) dan apakah Anda berjerawat atau tidak. But it’s gonna be okay!




    1. Im-pore-tant info:

    Setiap pori-pori, pada seluruh tubuh Anda, menghasilkan sebum, zat berminyak yang membuat kulit lembap. Namun ketika sebum tersebut terjebak—bersama dengan kotoran dan keringat—oleh lapisan pakaian, pori-pori bisa ‘kaget’. Pernah menemukan sekelompok jerawat yang sepertinya terletak di area bekas ikat pinggang atau karet celana? Nah, itulah penyebabnya.



    2. Your back and chest are usually the first to go.

    “Kita memiliki konsentrasi kelenjar minyak yang lebih tinggi di area [punggung dan dada] dibandingkan area lainnya,” kata Dr. Henry. Tipe jerawat ini juga dikenal menyerang bagian kaki dan bokong. (Sedikit pengingat bahwa Anda tidak sendirian: 98 persen dari pembaca Cosmo mengaku pernah mengalami jerawat bokong, lho).


    3. Breezy silhouettes are your friends.

    Pakaian ketat yang menggesek pada kulit Ada adalah faktor utama terjadinya jerawat di badan. Jadi coba beralih sejenak dari leggings (sorry!). Sebagai gantinya, pilihlah pakaian yang lebih loose seperti celana wide-leg dan boxy top untuk mengurangi agitasi dan memberikan kulit Anda waktu istirahat.


    4. Materials matter too.

    Pakaian dengan kain sintetis seperti polyester, acrylic, dan nylon lebih mungkin menyebabkan jerawat yang tidak diinginkan karena cenderung memerangkap semua minyak dan kotoran (yikes). Bahkan juga berlaku pada bahan yang mampu menyerap kelembapan serta menghilangkan keringat dari kulit—keketatannya membuat pori-pori sulit bernapas. Bahan kain yang lebih breathable = katun, linen, dan sutra.


    5. Gentle exfoliation is key.

    Kalau Anda tidak bisa berhenti memakai celana yoga kesayangan, bisa dimengerti, kok. Tapi pastikan Anda mencuci dan mengeksfoliasi kulit (Dr. Henry merekomendasikan spons tubuh Buf-Puf atau sabun dengan kandungan benzoyl peroxide) untuk menghilangkan minyak dan kotoran berlebih—terutama setelah Anda berolahraga, jadi Anda tidak duduk diam… basah kuyup oleh keringat… selama berjam-jam. Mungkin Anda terkadang malas, I know. Tapi lawan rasa malas dan raih kulit mulus sebagai hadiah.


    Your Body Acne Survival Kit

    Daftar produk yang wajib Anda sediakan untuk lawan jerawat membandel pada punggung, dada, bokong, dan area tubuh lainnya. Mulai sekarang, rawat kulit tubuh Anda sebagaimana Anda merawat kulit wajah, oke?


    SOMEBYMI AHA BHA PHA 30 Days Miracle Clear Acne Body Cleanser



    Rule number one: Jangan asal pilih sabun mandi kalau Anda punya jerawat tubuh! Kandungan AHA dan PHA dalam formula sabun ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati, dan ada pula kandungan BHA (salicylic acid) untuk membersihkan pori-pori tersumbat.

    Beli di... iHerb / Harga: Rp361,689,-.


    Erha Acneact Acne Back Spray





    Untuk merawat area punggung yang sulit untuk dijangkau, spray tubuh ini bisa membantu. Kandungan salicylic acid dalam formulanya bertugas untuk membersihkan pori-pori, serta lidah buaya dan allantoin yang bersifat antiinflamasi, cocok untuk menenangkan jerawat meradang.

    Beli di... ErhaStore / Harga: Rp65.450,-.


    The Body Shop Body Sponge



    Body sponge is a must-have. Tak hanya bisa menghilangkan minyak, keringat, dan kotoran yang melekat pada kulit saja, spons ini juga bisa membantu membuat kulit tubuh Anda lebih halus.

    Beli di... Situs resmi The Body Shop Indonesia / Harga: Rp79.000,-.


    Hello Body ALOÉ VIBE Softening Sugar Body Scrub


    Tekstur lembut + wangi segar = heaven on your skin. Gunakan scrub tubuh ini dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk mengeksfoliasi kulit. Meski memiliki butiran gula, terdapat pula cucumber water, apricot kernel oil, dan watermelon seed oil yang memiliki efek moisturizing.

    Beli di... Situs resmi Hello Body Indonesia / Harga: Rp430.000,-.


    Boots Tea Tree & Witch Hazel Exfoliating Pads



    Bentuknya yang berupa kapas bulat membuat produk ini nyaman dan mudah digunakan untuk merawat area dada, leher, dan pundak yang berjerawat. Usapkan pada area tersebut setelah mandi, dan biarkan kandungan tea tree serta witch hazel yang antibakteri melawan jerawat membandel.

    Beli di... Boots Indonesia WhatsApp Chat & Buy / Harga: Rp119.000,-.



    (Artikel disadur dari Cosmopolitan US edisi Maret 2021 / Perubahan minor telah dilakukan oleh editor / Penulis asli: Laura Adhav / Alih bahasa: Shamira Natanagara / AG / Opening image: Rodolfo Sanches Carvalho on Unsplash)