Love & Sex

Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Punya Pasangan Beda Kewarganegaraan

  by: Nadhifa Arundati       3/7/2021
  • Memiliki pasangan dari negara yang berbeda? Hmm… Quite challenging. Namun siapa sih yang bisa memungkiri perasaan cinta? Yes, love is real, babe – dan hal ini bisa datang secara tiba-tiba, tak memandang fisik atau perbedaan ras. Seperti kamu yang sedang ‘terjebak’ di dalam hubungan ini, yang mengharuskan kamu untuk lebih memberikan banyak pengorbanan akibat perbedaan budaya atau bahkan jarak. Untuk kamu yang sedang berada dalam situasi ini, berikut lima hal yang patut kamu lakukan jika menjalin hubungan dengan pasangan yang berbeda kewarganegaraan, check it out.




    Selalu menghargai budaya satu sama lain

    Sangat penting, apalagi kamu dan pasangan tentu lahir di negara yang berbeda – kebiasaan keluarga, atau bahkan tradisi turun-temurun, kalian berdua harus mempelajarinya bersama. Percayalah, bagaimanapun juga budaya dan tradisi sudah melekat, kamu tak bisa menyampingkannya hanya karena pasangan kamu adalah orang asing. Kuncinya hanya satu: saling menghargai.



    Jangan pernah menghakimi!

    Menyangkut di pembahasan pertama, menghargai pasangan itu penting, Cosmo tekankan sekali lagi: sangat penting! Jadi, jika kamu masih suka menghakimi si dia karena kebiasaan asing yang dilakukan, kamu tampaknya perlu introspeksi diri sebelum bertindak gegabah. Contohnya seperti: ritual makan si dia yang cukup merepotkan, atau cara bicara si dia yang terkadang masih sulit kamu pahami. Semua itu konsekuensi yang harus kamu tanggung – judulnya saja: beda negara, sudah pasti ada banyak hal yang kamu masih belum terbiasa. Build more chemistry between you and him, babe! Jika si dia memperlihatkan kebiasaan atau sifat yang toxic, itu sudah beda urusan, ya.


    Jauhi perasaan overproud

    Banyak orang yang masih menganggap bahwa memiliki pasangan beda kewarganegaraan adalah sebuah achievement yang sungguh berharga, atau bisa dibilang, overproud. Ini trait yang cukup mengkhawatirkan, karena jika berpikir demikian, ego kamu akan terus menguasai pikiran – patut dipertanyakan, apakah kamu mengencani si dia karena perasaan cinta, atau hanya karena ingin mendapat pujian dari orang sekitar? Please, ask this to yourself, karena hal ini penting untuk hubungan kamu dan si dia ke depannya. Reminder, pasangan adalah sosok yang selalu membuat kamu merasa content saat bersamanya. If he’s not worthy, then leave, bukan berarti pasangan kamu punya privilege lebih hanya karena dia berasal dari negara yang berbeda.


    Perbanyak diskusi yang bersifat positif

    Berdiskusi selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan, apalagi kalau kamu melakukannya dengan pasangan. Meski di masa pendekatan kamu sudah cukup sering mendiskusikan topik-topik menarik, namun hal ini tetap harus dilakukan saat sudah berkencan. Mungkin saat ini kamu bisa mendiskusikan perihal kehidupan masing-masing secara lebih dalam - cari tahu apa pendapatnya mengenai suatu topik yang sedang hangat dibahas, dan lihat cara berpikirnya. Berkencan dengan pasangan yang berasal dari beda negara itu tergolong unik, karena perbedaan-lah yang akan membuat diskusi menjadi lebih seru. Kamu bisa semakin paham bagaimana cara kerja si dia dalam berpikir, Let’s dig into it!


    Bahas rencana masa depan kalian berdua

    Sebuah hubungan pasti selalu ada ujungnya, bukankah begitu, girls? Saat kamu memutuskan untuk berkomitmen dengan si dia, kalian berdua tentu tahu, akan ada rencana apa ke depannya. Pembahasan seperti di mana kalian akan menetap, apa yang harus kalian kerjakan jika sudah menikah, dan lainnya. Tetapi kalau si dia selalu menghindari pembahasan seperti ini, it’s probably a red flag. Ingat, ini bukan permainan, kalian berdua sudah memutuskan untuk berkomitmen di awal, jadi ada baiknya pembahasan seperti ini setidaknya sudah pernah dilontarkan – no pressure, coba komunikasikan secara santai, supaya si dia juga tak langsung merasa terbebani. Well, you know your partner more.



    Tenang, kamu bisa kok punya pasangan beda kewarganegaraan tanpa harus banyak drama. Good communication is a key. Semoga hubungan kamu selalu lancar, ya!


    (Nadhifa Arundati / Images: Dok. Everton Vila on Unsplash)