Beauty

Ini Cara Gunakan Bobby Pins Agar Rambut Bertahan Lama!

  by: Astriana Gemiati       4/7/2021
  • Jepit rambut a.k.a bobby pin mungkin merupakan salah satu aksesori rambut pertama yang kamu miliki (tbt untuk menyematkan poni ke belakang hanya untuk melakukan aktivitas seperti olahraga, gym, dll.)—tetapi apakah kamu pernah benar-benar belajar cara menggunakannya? Atau apakah kamu, seperti Cosmo, hanya menyematkannya dan berharap yang terbaik? Meskipun bobby pin tidak benar-benar datang dengan instruksi manual (seberapa rumit sepotong kecil kawat bisa?), sejujurnya mereka harus melakukannya. Karena, surprise surprise, kamu sebenarnya tidak perlu menjepitnya kembali ketika bobby pin terlepas di helai rambut kamu. Serius?! Yep, it’s true!


    Jadi, karena tidak ada kata terlambat untuk belajar, Cosmo akan melanjutkan dan membuatkan kamu panduan utama tentang cara menggunakan jepit rambut. Di bawah ini, kamu akan mempelajari semua hal yang seharusnya diberitahukan seseorang kepada kamu di masa lalu, seperti perbedaan antara setiap jenis jepit rambut, ke arah mana mereka harus benar-benar menghadap, dan cara membuat jepit rambut cocok untuk jenis rambut kamu, mulai dari panjang dan tekstur. Tapi Cosmo tidak hanya memberi kamu saran tentang cara menggunakannya, tetapi juga cara memakainya sebagai bagian dari kamu secara keseluruhan. Keep scrolling untuk kursus kilat bobby-pin kamu yang telah lama tertunda.




    Mengapa disebutnya bobby pins?

    ~Legenda mengatakan~ bahwa bobby pin dinamai gaya rambut bob. Rupanya, produsen kosmetik bernama Luis Marcis dikatakan telah menemukan mereka kembali di hari-hari flapper. Dan jika kamu pernah mencoba memalsukan untuk membuat rambut pendek atau lob palsu, kamu tahu betapa pentingnya selongsong jepit rambut untuk menariknya. Jika belum, kami punya video tutorial di bawah ini tentang cara memalsukan bob dengan jepit rambut, karena pada dasarnya diperlukan pembelajaran.



    Apa perbedaan antara hairpin dan bobby pin?

    Bobby pin:

    Jepit rambut kaku dan sulit ditekuk, dengan dua lengan dijepit erat untuk menahan sebagian kecil rambut di tempatnya. Jika pin kamu terlalu sering dibuka paksa dan tidak bisa dijepit lagi, artinya ini harus singkirkan—karena tidak lagi berguna untuk rambut kamu.


    Hairpin:

    Jepit rambut dapat ditekuk, fleksibel, dan memiliki bentuk U yang menjadikannya pilihan yang sempurna untuk memegang seluruh rambut lotta, atau hanya beberapa, potongan kecil rambut dalam bentuk updo, seperti jika kamu ingin menjepit ikal dengan lembut ke rambut model bun tanpa harus menekan bobby pin ke dalamnya.


    Untuk apa bobby pin melengkung digunakan?

    Tidak semua pin akan sesuai dengan dua deskripsi di atas. Beberapa jepit rambut sebenarnya tidak memiliki tonjolan. Beberapa berukuran dua atau tiga kali ukuran jepit rambut biasa (ideal untuk rambut kasar atau tebal). Beberapa pin dilapisi silikon untuk pegangan yang lebih baik, atau memiliki ujung karet untuk mencegah kerusakan dan ketegangan. Faktanya adalah, jepit rambut dapat terlihat dalam banyak cara yang berbeda, dan yang terbaik untuk kamu tergantung pada jenis rambut, tekstur, dan tampilan yang kamu inginkan.


    Sebagian besar waktu, kamu akan menemukan bahwa bobby pins dan hairpins itu rata, tetapi jepit rambut yang melengkung bagus untuk dimiliki jika kamu ingin pin itu menempel dengan pas di kulit kepala, seperti jika kamu mencoba gaya rambut half-up, di mana pin lebih terlihat. Sebagian besar pin U cukup lunak sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan menekuknya atau mencetaknya ke bentuk yang kamu inginkan tanpa merusak integritas pin.


    Ke arah mana bobby pin harus menghadap?


    Ah, yes! Pertanyaan bagus. Pada bobby pin klasik, kamu memiliki satu sisi yang rata, dan sisi yang berlawanan yang memiliki tonjolan bergelombang. Untuk pertama kali dalam hidup, Cosmo menggunakan bobby pin dengan punggung menghadap ke atas (bukankah semua orang melakukan hal yang sama?!), tetapi ternyata, itu sepenuhnya salah — tonjolan harus menghadap kulit kepala kamu untuk pegangan terbaik.


    Tonton demo di atas untuk visual mengapa ini berhasil, tetapi inilah intinya: Ketika ujung yang bengkok ditempatkan di dekat kepala, itu akan menangkap rambut dan menghentikan pin agar tidak meluncur keluar selama kamu tidak mendorong terlalu banyak rambut di dalam. Bagaimana kamu tahu jika kamu memiliki jumlah rambut yang tepat di pin? Namun banyak helai yang pas di dalam bobby pin tanpa kamu mencongkelnya terbuka adalah jumlah yang tepat. Easy.


    Bagaimana kamu membuat bobby pin agar tetap bertahan?

    Jika kamu melakukan semua hal yang Cosmo katakan di atas, dan bobby pin kamu masih tidak bisa dipegang, Cosmo punya beberapa tips pro yang telah Cosmo coba dan sukai secara pribadi:


    1. Semprotkan pin kamu untuk pegangan tambahan. Jika kamu memiliki tekstur rambut halus atau untaian licin yang tidak dapat menahan apa pun, kamu perlu menambahkan beberapa pegangan pada rambut dan pins sebelum kamu menggunakannya. Semprotkan texture spray, salt spray, atau volume powder ke rambut, lalu letakkan jepit rambut kamu di atas paper towel dan aplikasikan texture spray ke jepit rambut kamu, tepat sebelum menggunakannya.


    2. Kunci pin kamu di tempatnya. Sejujurnya masuk akal mengapa pin akan jatuh: kamu mendorongnya ke atas, dan perlahan-lahan hanya akan meluncur keluar lagi. Mengapa tidak? Jadi trik yang digunakan oleh para profesional adalah untuk "mengunci" pin dengan memasukkannya dari sudut yang berlawanan (jadi alih-alih mendorongnya ke atas menjadi sanggul, mereka akan menempelkannya ke bawah melalui sanggul juga), lalu mengaitkan beberapa rambut, membalik bobby pin, dan masukkan kembali pada sudut yang benar. Visual adalah suatu keharusan di sini, jadi tonton saja video di bawah ini untuk lebih jelasnya.


    3. Silang dua pin. Jika teknik penguncian tampak terlalu membingungkan—dan kamu keren dengan pin yang kamu tunjukkan—cobalah metode silang untuk memperkuatnya. Geser pin pertama kamu, lalu geser pin kedua ke arah yang berlawanan sehingga saling bersilangan di tengah dan saling mengunci seperti X.



    Bagaimana cara menggunakan bobby pin yang benar?

    Tidak ada cara yang "benar", itu sendiri. Kenakan mereka seperti yang kamu inginkan! Gunakan mereka untuk mengamankan sanggul yang berantakan, atau untuk memotong poni kamu ke bawah, atau untuk menghaluskan rambut-rambut liar dan gundukan-gundukan dalam updo. Dan karena ini tahun 2021, kamu dapat (dan harus) langsung menggunakannya sebagai aksesori untuk gaya rambut kamu. Butuh beberapa inspirasi? Cosmo mengerti, dimulai dengan ...




    Bobby-pin hairstyles:

    Apakah kamu ingin bobby pin kamu melakukan pekerjaan di belakang layar, atau kamu hanya ingin memamerkannya, berikut adalah sekumpulan gaya rambut dan tutorial bobby-pin untuk disalin dengan secepatnya.


    Cara menjepit rambut panjang ke atas


    Trik untuk membuat bob palsu kamu terlihat nyata? Tarik lapisan terpendek kamu ke samping dan biarkan beberapa poni menggantung di sekitar wajah saat kamu menyematkan sisanya. Kemudian, biarkan potongan kamu turun untuk menyembunyikan ujung yang terselip.


    Cara menggunakan bobby pin untuk rambut keriting


    Jika kamu merasa seperti yang biasa kamu pelintir atau kepang membutuhkan sedikit tambahan, cobalah aksesori dengan jepit rambut ~disengaja~. Berikut adalah lebih dari cukup ide bagi kamu untuk mengubahnya setiap hari dalam seminggu.


    Cara menggunakan bobby pin untuk updo


    Half-ponytail hairstyles, half-buns, full buns— video ini menunjukkan banyak cara untuk menggunakan jepit rambut di semua jenis updos, dan semuanya patut dicoba.


    Cara memakai jepit rambut dekoratif di rambut pendek


    Cosmo sudah mengatakannya sekali, dan saya akan mengatakannya lagi berkali-kali sampai kamu percaya: Gaya rambut untuk rambut pendek tidak terbatas! Video ini di sini menunjukkan 10 cara berbeda untuk menata untaian yang lebih pendek dengan bantuan beberapa jepit rambut dan karet gelang.


    Cara memasang pin di rambut pendek 


    Video ini menunjukkan cara menggunakan jepit rambut untuk menata rambut kamu, dan cara memakainya sebagai bagian dari penampilan. Jika kamu memiliki rambut keriting dan ingin menambahkan sedikit volume pada akarnya, cobalah memotong akar dengan jepit rambut di sekitar bagian rambut kamu untuk mengangkat dan mendorong bentuk yang kamu inginkan. Lepaskan pin setelah ikal mengering, lalu gunakan sebagai aksesori untuk menonjolkan bagian kamu.


    Cara menggunakan bobby pin untuk rambut tebal


    Jika kamu memiliki rambut tebal, atau hanya sebagian besar, video ini penuh dengan saran tentang cara membuat jepit rambut, hairspray, dan pin jumbo yang akan menjadi BFF baru kamu.






    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Instagram, YouTube.com)