Better You

Sudah Vaksin? Yuk, Kenali Efek Samping dan Cara Mengatasinya

  by: Redaksi       7/7/2021
  • Setelah lebih dari satu tahun menghadapi pandemi COVID-19, berbagai jenis vaksin akhirnya berhasil dikembangkan di berbagai negara untuk membantu melawan dan mencegah perkembangan virus tersebut. Di Indonesia sendiri, telah diterapkan berbagai upaya untuk mempercepat pendistribusian vaksin ke seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan, melansir dari CNBC, dikabarkan bahwa pemerintah Indonesia sendiri menargetkan dilakukannya penyuntikan vaksin sebanyak 2 juta penyuntikan per-hari pada bulan Agustus 2021.

    Tetapi, masih ada beberapa orang yang khawatir akan efek samping dari vaksin COVID-19 itu sendiri. Sebagian ada yang merasa kelelahan, tidak nyaman di bagian tangan, atau merasakan gejala seperti sedang mendapat flu. Menurut Michael S. Phillips, MD, Kepala Ahli Epidemiologi di NYU, efek samping adalah hal yang normal untuk dirasakan oleh orang-orang yang baru saja menerima vaksin COVID-19. “Hal ini terjadi pada sebagian besar orang dan ketika efek samping ini selesai, tubuhmu akan memiliki kemampuan lebih baik untuk melindungimu dari penyakit tersebut.”




    Efek Samping yang Biasa Dirasakan Setelah Melakukan Vaksin COVID-19

    Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), terdapat beberapa efek samping yang akan dirasakan oleh para penerima vaksin COVID-19. Efek samping yang dimaksud antara lain adalah:
    1.Di bagian tangan

    • Rasa sakit.
      Kemerahan.
      Sedikit membengkak.

    2. Di seluruh tubuh


    • Rasa lelah.
      Pusing.
      Nyeri otot.
      Demam dan kedinginan.
      Mual.

    Meskipun efek samping ini mungkin akan sedikit mengganggu aktivitasmu, namun tenang, efeknya akan hilang dalam beberapa hari. Seperti yang kita ketahui, proses penyuntikan vaksin COVID-19 dilakukan dua kali. Pada penyuntikan kedua, ada kemungkinan efek samping yang kamu rasakan akan lebih kuat dari pada sebelumnya. Tapi, hal ini normal karena itu berarti tubuhmu sedang membangun imun terhadap virus COVID-19.


    Mengatasi Efek Samping dari Vaksin COVID-19

    Efek samping yang kamu rasakan setelah mendapat vaksin COVID-19 memang ringan, tapi bisa saja tetap sedikit mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meringankan atau mempercepat efek samping yang kamu rasakan.




    1. Nyeri otot dan sakit di bagian tangan

    • Gerakkan bagian tangan atau bagian lain yang merasa sakit dengan melakukan olahraga ringan untuk merelakskan otot tubuh.
      Kompres area tangan yang disuntik vaksin dengan kain bersih yang telah dibasahi dengan air dingin.

    2. Demam dan kedinginan

    • Banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi tubuh.
      Mandi atau berendam dengan air hangat.
      Kenakan pakaian yang ringan agar tubuh tidak merasa berat dan nyaman tapi tetap jaga kehangatan dengan menggunakan scarf atau selimut.

    3. Rasa lelah dan mual

    • Kurangi intensitas aktivitas setelah melakukan vaksin.
      Makan dalam porsi kecil.
      Hindari makanan yang berkafein, mengandung alkohol, berminyak, atau tinggi gula.
      Tidur lebih cepat.


    Kapan Waktu yang Tepat untuk Menemui Dokter

    Pada sebagian besar kasus, rasa tidak nyaman akibat vaksin hanya berlangsung selama beberapa hari saja. Bahkan, ada sebagian orang yang tidak merasakannya sama sekali. Tapi bukan berarti kita tidak perlu memperhatikan efek samping tersebut. Menurut CDC, kamu dapat mulai menghubungi dokter untuk melakukan pengecekan jika:

    • Kemerahan atau rasa sakit di bagian yang menerima suntikan tidak hilang atau bahkan menjadi lebih buruk dalam 24 jam.
      Kamu mendapat reaksi alergi seperti muka yang membengkak atau tertutupnya tenggorokan.
      Efek samping tidak kunjung hilang dalam beberapa hari.


    (Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Daniel Schludi on Unsplash)