Better You

6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet yang Menyiksa!

  by: Giovani Untari       11/7/2021
  • Menjalani program diet dengan cara memangkas pola makan apalagi tanpa adanya konsultasi terlebih dahulu dengan ahli, jelas dapat membahayakan kesehatanmu.

    Meski kamu merasa bahwa berat badanmu sudah semakin berkurang lewat diet tak sehat tersebut, tetapi ketahuilah bahwa cara diet yang salah sebenarnya hanya akan mengurangi kadar air dalam tubuh (itulah mengapa angka di timbanganmu juga ikut turun!). Melakukan pola diet yang salah dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengganggu sistem metabolisme dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

    Seorang coach kesehatan holistik asal India yaitu Mayuri Punjabi sekaligus founder MyEurekaLife, membagikan 6 cara mudah menurunkan berat badan dengan cara yang sehat:




    1. Berhenti ngemil di antara waktu makan

    Kamu sebenarnya tidak perlu makan dan ngemil sampai delapan kali dalam sehari. Sebab sistem pencernaanmu juga perlu beristirahat di antara waktu makan harianmu.



    2. Minum air dengan bijak

    Sebaiknya jangan minum air putih saat kamu sedang makan. Mengapa? Kebiasaan ini dapat membuat enzim pencernaan dan asam klorida di perutmu menjadi lebih cair, dan ternyata hal tersebut bisa membuat sistem pencernaan lebih sulit dan melemah saat mencerna makanan. Hal tersebut juga bisa menyebabkan perut menjadi kembung dan terasa tidak nyaman.

    Akan lebih baik jika kamu mengonsumsi air putih atau minuman apapun 30 menit sebelum dan sesudah makan. Perhatikan juga minumanmu! Banyak sekali minuman yang kita konsumsi mengandung tambahan gula, pewarna, zat pengawet. Terkadang kita juga masih menambahkan gula, susu, atau krimer ke dalam minuman yang dikonsumsi. Well... kamu sebenarnya tidak membutuhkan itu, dear!

    Saatnya melatih lidah kita untuk mengurangi kebiasaan minum-minuman yang berdampak buruk bagi kesehatan dan hilangkan rasa hausmu dengan... minum air putih! Air putih, sparkling water, kopi hitam tanpa gula, dan teh tawar adalah minuman yang bisa kamu andalkan saat sedang diet.




    3. Tidur malam yang cukup

    Sesibuk apapun kamu, jangan pernah berkompromi dalam urusan waktu tidur. Tidurlah selama 7-9 jam setiap malamnya untuk menjaga kesehatanmu.


    4. Perhatikan label nutrisi dan kandungan dari makanan / minuman yang dikonsumsi

    Cobalah untuk lebih memerhatikan label nutrisi dan kandungan dari makanan / minuman kemasan yang kamu konsumsi. Lihat apa komposisi kandungan yang berada di posisi awal makanan tersebut, sebab itulah bahan yang paling banyak jumlahnya. Perhatikan juga posisi gula dalam daftar tersebut ada di urutan berapa dan ketahuilah terkadang gula juga ditulis dengan nama / istilah ilmiah.






    5. Dengarkan kondisi tubuhmu

    Percayalah pada tubuh kamu, terutama saat ia berkomunikasi dan mencoba memberitahu mana yang bekerja dan baik untuk kamu, juga sebaliknya. Jangan hanya sekadar ikut-ikutan tren diet yang mungkin sedang viral atau pola diet yang sahabatmu sukses lakukan, tanpa adanya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter / ahli diet. 


    6. Perhatikan kadar gula yang dikonsumsi

    Beri perhatian lebih pada kadar gula dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari. Sebab ada begitu banyak kandungan gula tersembunyi dari makanan harian kita. Contohnya, beberapa jenis buah ternyata mengandung gula yang tinggi dari apa yang kamu kira. Misalnya sekaleng soft drink mengandung 7-8 sendok teh gula, sedangkan satu buah apel juga bisa mengandung 3-4 sendok teh gula tergantung tingkat kematangannya.




    Buah yang lebih matang biasanya juga lebih manis, dan ini dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Efeknya kamu bisa merasa lebih cepat lapar dan tubuh juga masuk ke dalam mode penyimpanan lemak. 

    Tapi di sini bukan berarti kamu tidak boleh makan buah saat sedang diet. Tentu saja tidak! Kamu pun perlu nutrisi alami dari buah-buahan. Hanya saja ini saatnya kamu mulai memerhatikan jenis buah yang mengandung kadar gula tinggi.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Thought Catalog on Unsplash, Bindle Bottle on Unsplash, Joshua Rawson-Harris on Unsplash, 煜翔 肖 on Unsplash)