Better You

Periode Menstruasi Tidak Teratur? Coba Atasi dengan Makanan Ini!

  by: Redaksi       15/7/2021
  • Entah kamu membenci atau mentolerirnya… tapi tidak ada yang bisa mengalahkan rasa stres dikarenakan periode menstruasi yang tidak teratur. Ahli diet dan pelatih gaya hidup Gauri Anand pun setuju. Ia berkata, “Kita sebagai wanita harus melewati sebuah perubahan emosional bak roller coaster setiap bulannya. Hal ini juga memicu perubahan dalam otak, emosi, tingkat energi, kinerja organ tubuh, dan fisiologi kita. Memahami dan menyesuaikan diet serta rutinitas berolahraga kita dapat membantu menjalani menstruasi dengan lebih nyaman. Tidak hanya itu, tapi sebagai imbalannya, penyesuaian tersebut dapat menyeimbangkan hormon dan menghasilkan siklus menstruasi yang lebih teratur.”


    Memiliki siklus menstruasi yang rutin dan teratur adalah tanda dari kesehatan sistem reproduktif dan hormon yang baik dalam tubuh. Siklus menstruasi normalnya ada antara 12-35 hari dimulai dari hari pertama setelah menstruasi sebelumnya selesai hingga hari pertama dari periode menstruasi selanjutnya. Gauri mengatakan bahwa tidak ada yang namanya “Siklus 28 Hari” dan bahwa kamu harus berkonsultasi dengan ginekolog jika memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.




    Jadi, jika siklus bulananmu datang sedikit telat, jangan khawatir! Gauri menjelaskan bahwa siklus menstruasi yang tidak teratur, telat, atau bahkan tidak datang sama sekali adalah permasalahan yang cukup umum. Lihat jawaban beliau untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering membuatmu bingung terkait menstruasi:



    Berapa batas maksimal dari telatnya suatu menstruasi?

    “Telat satu atau dua hari masih tergolong normal, tapi ada beberapa kasus di mana perempuan telat sampai 10 hari atau bahkan berminggu-minggu. Sebuah siklus dapat dinyatakan telat jika datang lebih dari 30 hari dari hari terakhir siklus sebelumnya. Setelah enam minggu, kamu bisa mengatakan bahwa siklus itu terlewatkan.”




    Bagaimana pengaruh diet terhadap ketepatan siklus menstruasi?

    “Diet tidak sehat yang terdiri dari banyak mengonsumsi makanan olahan dan gula dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi. Memiliki diet seimbang adalah hal yang sangat penting untuk mendapat siklus yang teratur. Lapisan rahim membutuhkan aliran dan suplai hormon dari waktu ke waktu. Hormon-hormon ini dapat diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mengganggu keseimbangan hormon dan menstruasi. Maka dari itu, diet seimbang yang kaya nutrisi sangat esensial.”


    Makanan apa yang perlu kamu konsumsi untuk memiliki periode menstruasi yang sehat?

    “Diet memiliki peran penting dalam kesehatan siklus menstruasi. Mengonsumsi makanan sehat dan menghindari junk food, makanan olahan, dan makanan dalam kemasan bisa menjadi langkah pertama untuk memiliki diet yang sehat.” Selain itu, coba lakukan beberapa perubahan di bawah ini untuk memperbaiki dietmu:

    1. Mengonsumsi makanan tinggi magnesium. Magnesium dapat meringankan kram akibat menstruasi dan memperbaiki perubahan emosi pra-menstruasi. Selain itu, magnesium juga dapat membantu dalam relaksasi otot, kram otot, dan tidur. Dosis: 300 mg, sekali atau dua kali dalam sehari (lebih baik dikonsumsi pada malam hari dengan kalsium).
    2. Mengonsumsi makanan tinggi kalsium. Kalsium membantu dengan PMS, mengurangi kram menstruasi, retensi cairan dalam tubuh, ketidakseimbangan emosi, dan rasa ingin makan. Makanan yang kaya akan kalsium di antaranya adalah sayur-sayuran hijau, seperti kale, okra, dan bayam.
    3. Mengonsumsi vitamin B6 dan B1. Kedua vitamin tersebut membantu dengan PMS, mengurangi rasa sakit, kram, dan ketidakseimbangan emosi. Tapi ingat: Jangan sampai mengonsumsi lebih dari 50 mg vitamin B6 atau 100 mg vitamin B1 dalam sehari!
    4. Jika ingin sesuatu yang manis atau asin, coba pilih alternatif yang alami seperti irisan apel, potongan pisang dengan coklat dan kacang-kacangan, semangkung hummus dengan potongan sayur dan biskuit gandum, atau bahkan segelas smoothies pun bisa membantu.
    5. Segelas susu dengan taburan kayu manis dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi yang tidak teratur. Kayu manis membantu menjaga tingkat insulin dalam tubuh yang bisa mempengaruhi hormon dan siklus menstruasi. Pada wanita dengan polycystic ovary syndrome (PCOS) yang kerap memiliki tingkat insulin yang tinggi dan siklus menstruasi yang tidak teratur, kayu manis dapat membantu untuk memperbaiki permasalahan tersebut.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Cottonbro on Pexels)