Fashion

10 Tren Y2K yang Wajib Kamu Ketahui!

  by: Redaksi       16/7/2021
  • Pandemi ini telah membuat kita merindukan nostalgia dan kenyamanan dari masa-masa bahagia yang lebih sederhana. Maka, tidak heran melihat tren Y2K muncul kembali di hidup kita. Warna-warna berani, motif yang playful, bahan retro yang futuristik, dan perhiasan yang menumpuk, awal tahun 2000-an adalah sebuah periode waktu yang menarik dalam fesyen dan Gen Z membawa kembali estetik ini dalam cropped-tee, celana baggy, dan perhiasan berkilau.


    Apa Itu Tren “Y2K?”

    Tren Y2K merujuk pada kemunculan kembali tren pakaian dari akhir tahun 90-an dan awal 2000-an—ketika nuansa fesyen saat itu lebih condong ke arah futuristik. Internet, CD, dan kemajuan teknologi lain ditemukan pada periode ini. Film-film seperti Clueless, Legally Blonde, dan Mean Girls menampilkan kostum para pemain yang modis. Kita membicarakan banyak warna pink, tas kecil, logo yang ditempeli perhiasan, dan celana low-rise. Untuk sebagian besar milenial, tren ini membawa mereka kembali ke masa anak-anak atau awal remaja.




    Perkembangan teknologi di akhir tahun 1990-an mengarah kepada terciptanya estetik Y2K. Bagi kebanyakan orang, tahun 2000 diartikan sebagai permulaan baru dan waktu untuk tumbuh. Budaya pada tahun 90-an banyak dipengaruhi oleh konsumerisme barang mewah, inovasi, modernisasi, dan tren futuristik. Tren ini dipengaruhi oleh berkembangnya internet yang memberi kita kesempatan baru tanpa batas. Era estetik gelap dan grunge di tahun 90-an digantikan oleh sesuatu yang terlihat lebih optimis. Ledakan teknologi mendatangkan warna-warna menyala, celana kulit, pakaian metallic, dan tumpukan perhiasan berkilauan. Ketika kita membicarakan ikon Y2K, maka tidak akan jauh-jauh dari Destiny’s Child, Devon Aoki, Paris Hilton, dan Christina Aguilera.



    Mencari Pakaian Y2K Paling Trendy Saat Ini

    Dari bandana hingga baby tees, bucket hats hingga baguette bags, berikut ringkasan berisi semua pakaian Y2K paling populer di tahun 2021.


    Baby Tees


    Selamat tinggal, kaus oversized! Kaus kecil kini kembali menjadi sebuah tren dan mereka datang dengan potongan yang lebih tinggi dan siluet yang lebih ketat. Baby tees biasanya juga menggunakan grafis yang sedang populer. Pakaian ini sangat versatile untuk kamu yang ingin merealisasikan estetik Y2K dan akan terlihat sangat cantik jika dipadukan dengan wide-leg jeans atau celana tenis.


    Baguette Bags


    Dari Prada hingga Bottega Veneta, tas bahu dengan tali pendek ini benar-benar ada di mana pun kamu memalingkan pandanganmu! Memang, sih, tidak banyak yang bisa kamu masukkan ke dalam tas ini, tapi baguette bag dijamin akan meningkatkan gaya berpakaianmu dalam sekejap.


    Celana Motif


    Tukar jeans biru andalanmu dengan sesuatu yang lebih menarik dan dapat menghidupkan penampilanmu. Pilih celana dengan motif dan warna terang. Tidak ada yang lebih memancarkan Y2K dari kombinasi crop-top dan celana tie-dye.


    Front-Button Cardigans


    Kardigan musim panas yang lucu untuk dipakai makan siang? Umm, yes please! Entah kamu memilih atasan dengan detail garis ala tahun 90-an, blus rajut dengan potongan cropped, atau atasan feminin yang diikat di bagian depan, ada begitu banyak warna dan panjang lengan yang dapat kamu pilih.


    Bandana




    Tambahkan sentuhan rock ‘n’ roll ke penampilanmu dengan mengikatkan bandana di atas kepala. Pilih bandana dengan motif yang lebih lembut atau berbahan sutra agar terlihat lebih glamor. Lengkapi penampilanmu dengan perhiasan emas. P.S. item ini dapat menyelamatkanmu dari bad hair day.


    Scarf Top


    Pakaian lain yang cukup versatile dalam tren Y2K adalah scarf top. Atasan ini dapat terlihat imut dan seksi di saat yang bersamaan. Pasangkan dengan low-rise jeans favoritmu dan estetik Y2K mu pun akan sempurna.


    Tracksuit dengan Bahan Velour


    Berkat pandemi, loungewear kini dikenakan dimanapun dan kapanpun, membawa kita bernostalgia dengan tracksuit berbahan velour yang sering dikenakan Kim K dan Paris Hilton pada awal tahun 2000-an. Kamu bisa memilih warna apapun yang kamu mau, tapi jika kamu benar-benar berkomitmen untuk bergaya Y2K, maka warna pink adalah keputusan yang tepat.


    Celana Low-Rise


    Cintai atau hindari, celana dengan potongan pinggang yang rendah kembali menjadi tren. Meski jeans dengan pinggang tinggi masih  mudah untuk dijumpai, tetapi low-rise jeans dengan perlahan mulai menyita perhatian semua orang.


    Sabuk Rantai


    Sabuk dari rantai pertama kali populer di tahun 90-an dan kini mereka kembali. Walaupun tidak begitu fungsional, tapi sabuk ini menambah elemen playful dan sedikit edgy dalam penampilanmu. Ingat dengan sabuk rantai tahun 90-an yang dikeluarkan Chanel? It’s back, baby! Jadi, pakailah jika kamu memilikinya.


    Pakaian dengan Ikatan


    Dengan low-rise jeans yang memamerkan area perutmu, kamu dapat memberi detail tambahan seperti ikatan tali di sekitarnya. Pikirkan Jacquemus SS21 untuk penampilan yang lebih modern. Dari atasan, gaun, celana, dan masih banyak lagi, tambahkan sedikit “bumbu” pada penampilanmu dengan detail ikatan.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Instagram @jwuliaz, @_vaanikakapoor_, @chanelofficial, @khushi05k, @emmachamberlain, @ananyapanday, @shanayakapoor02, @bellahadid, @kimkardashian)