Better You

Tingkatkan Imun Tubuh Dengan 5 Cara Alami

  by: Nadhifa Arundati       14/7/2021
  • Di situasi pandemi COVID-19, semua orang berbondong-bondong untuk menjalankan satu misi: meningkatkan imun tubuh – bahkan kehebohan bisa terjadi hanya karena ingin membeli suatu produk yang ‘katanya’ memiliki peran penting untuk imun tubuh…. So called ‘panic buying’. Namun girls, ketahui-lah kalau ada banyak cara lain untuk menjaga imun tubuh, tanpa harus membeli mainstream product. Meningkatkan imun tubuh secara alami kedengarannya malah jauh lebih meyakinkan daripada harus ketergantungan dengan sesuatu yang tidak bersifat natural. 

    Memang setiap orang punya cara yang berbeda, tetapi tak ada salahnya kan kalau kamu mau mencoba cara yang lebih alami? Well, if you agree, langsung saja simak!




    Tidur dengan cukup

    Kamu pasti sudah tahu, kalau tidur yang cukup (tidak tidur di atas jam tengah malam), akan jauh lebih sehat dibanding dengan kegiatan begadang. Eric J. Olson, M.D., doker dari Mayo Clinic di Amerika Serikat juga menyatakan kalau tidur dengan cukup dapat membuat imun kita kuat, karena adanya pelepasan protein sitokin, dimana hal ini akan berpengaruh pada kualitas tidur kamu. Selain itu, sitokin juga punya peran penting lainnya, yakni membantu mengurangi rasa stres. Tidur cukup, imun kuat, dan jauh dari kata stres… What a life!



    Konsumsi makanan yang memiliki kandungan penting

    Kalau terlintas di pikiran, makanan sehat itu seperti apa? Apakah salad? Atau minuman juice? Well, padahal makanan sehat tak hanya buah, sayur, kacang, dan biji-bijian saja, ada banyak kandungan penting yang bisa kamu serap dari jenis makanan lainnya. Terdapat sebuah riset dari National Institutes of Health (NIH) yang menjelaskan tentang kandungan penting di dalam makanan mudah dikonsumsi, dan mampu meningkatkan imun tubuh:

    Vitamin C. Studi membuktikan bahwa kandungan vitamin C mampu mengurangi gejala batuk, flu, serta demam. Jika kamu ingin memilih buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi, pilih-lah buah jambu biji, pepaya, kiwi, jeruk, dan stroberi. 

    Vitamin DUmumnya vitamin D dikenal untuk mejaga kesehatan tulang, namun ternyata, vitamin D mampu mencegah berbagai jenis penyakit, alias punya andil penting dalam menjaga stabilitas imun tubuh. Konsumsi makanan seperti ikan salmon (salah satu jenis yang tinggi akan vitamin D), telur, dan susu. Ada cara mudah lainnya, yakni dengan berjemur di bawah matahari setidaknya 15 menit dalam sehari (jangan lupa gunakan sunscreen, ya). 

    Zinc. Dalam sebuah riset, kandungan Zinc berperan penting bagi para pengidap penyakit batuk, flu, dan demam – tubuh dapat pulih lebih cepat. Kandungan Zinc bisa ditemukan dalam kacang-kacangan seperti kacang mete, biji-bijian, dan daging (baik sapi maupun domba). 

    Bunga echinacea. Hal mengejutkan lainnya berasal dari bunga echincea, yang telah dibuktikan oleh sebuah studi bahwa kandungan bunga ini mampu mempercepat recovery dari berbagai penyakit, khususnya penyakit yang dapat menular seperti virus.  

    Bawang putih. yes, kamu tidak salah dengar, bawang putih ternyata dapat melemahkan penyakit seperti flu, batuk, dan demam dengan efektivitas sebesar 30% dari sebuah riset yang telah diuji dari 146 orang.  




    Kurangi kadar gula

    Jenis makanan dan minuman manis seperti dessert box atau boba drink, lebih baik kamu hindari dahulu, karena dua hal ini memiliki kandungan gula yang sangat banyak – salah satunya seperti boba drink, menurut Food Science & Nutrition, satu gelas milk tea dengan bola tapioka alias boba, memiliki kandungan 38 gram gula dan menghasilkan 299 kalori, wow

    Mengapa hal ini berbaya bagi imun tubuh? Karena seseorang yang cenderung mengonsumsi gula secara berlebih dapat memiliki risiko diabetes dan obesitas yang jauh lebih tinggi. Jika demikian, maka hal ini memperhambat sel imun tubuh untuk bekerja. Berdasarkan sebuat survei dari National Institute Health (NIH), terdapat 1.000 responden dengan kondisi obesitas, menyatakan bahwa mereka masih terjangkit virus COVID-19 (bahkan sebanyak dua kali), meski mereka sudah divaksin.


    Berolahraga

    That's right, olahraga sangat efektif untuk menjaga kesehatan mental dan imun tubuh. National Insititute Health (NIH) kembali menyatakan; olahraga dapat mendukung sistem imun yang bekerja di dalam tubuh – untuk kamu yang sudah divaksin, vaksin tersebut akan bekerja lebih ‘keras’ lagi jika didorong dengan kegiatan olaharaga. Lakukan saja olahraga yang simpel, seperti push up, sit up, brisk walking, atau jumping jackenggak usah pakai alat tetap bisa sehat kok.


    Stay hydrated!

    Jadikan "rajin minum air putih" sebagai moto hidupmu – jangan sampai kamu dehidrasi, karena hal ini akan memperburuk kondisi imun tubuh. Minimal dua liter atau setengah galon dalam per-hari. Memang sih, teh dan minuman berasa lainnya bisa menghilangkan dehindrasi, namun air putih hanya satu-satunya ‘alat’ untuk menetralisir tubuh, hal ini telah dibuktikan oleh National Insititute Health (NIH). Karena kalau kamu kekurangan air, pikiran jadi kurang fokus, organ tubuh tidak bisa bekerja dengan maksimal, dan penyakit jadi mudah untuk bertamu ke dalam tubuh. So please, drink that water!


    (Nadhifa Arundati / Image: dok. Jannis Brandt on Unsplash)