Love & Sex

9 Tanda Si Dia Tidak Siap Menjalin Hubungan Dengan Kamu!

  by: Giovani Untari       15/7/2021
  • Sering berkumpul dengan para sahabat baik, membuat saya cukup familiar dengan beberapa cerita cinta di era modern saat ini. 

    Salah satunya kamu bertemu dengan seorang pria yang lucu, dan boom... kalian berdua menjadi dekat! Setelah melalui berbagai momen flirting dan saling mengenal satu sama lain, kamu berniat untuk memastikan apakah si dia juga merasakan perasaan yang sama denganmu.

    Permasalahannya adalah pendekatan yang kalian lakukan selama ini seperti jalan di tempat dan tidak menunjukkan progres apapun. Padahal sudah terlihat jelas si dia sangat menyukai kamu! Tetapi ia sepertinya tidak ingin menjalin hubungan dan berkomitmen.



    Kamu pun pastinya kesal. Ada satu sisi dalam dirimu yang ingin tetap terlihat cool dan penasaran untuk melihat sejauh mana sih kedekatan kalian akan terus berjalan. Tapi sisi lainnya juga membuat kamu ingin memperjelas semuanya! Jadi, di sini kamu adalah pihak yang menanyakan kepastian soal “Apa status kita saat ini? Apakah kita berpacaran?” kepadanya



    Jika saat ini kamu sedang berada mirip situasi di atas, maka Cosmo akan memberikan kamu 9 tanda jika si dia sebenarnya tidak siap menjalin hubungan denganmu. 

    Read the points below as we help you decode his signs:


    1. Kamu kesulitan membahas topik soal komitmen kepadanya

    Sebuah red flag, girls! Jika kamu merasa tidak bisa membicarakan soal kemana arah hubungan kalian, atau merasa takut dengan reaksinya saat membicarakan soal topik ini... maka bagian dalam dirimu sebenarnya tahu bahwa si dia tidak siap untuk menjalin sebuah hubungan yang serius.


    2. Sering membuat janji palsu

    Waktu janji kencan yang selalu berubah-ubah atau diundur (lagi dan lagi), lalu berbagai rencana yang sering ia bahas namun tidak pernah diwujudkan adalah tanda selanjutnya bahwa ia tidak mencari hubungan percintaan yang serius saat ini.


    3. Masih flirtting ke perempuan lain!

    Yes kamu tidak salah baca, ia benar-benar flirting dalam artian romantis ke orang lain! Hal ini juga sering membuat kalian berdua bertengkar dan kamu merasa ia tidak benar-benar serius menyukaimu. Karena pada akhirnya, meski kalian berdua terbilang sangat dekat, hal tersebut tidak cukup baginya. Ia masih saja mencari orang lain untuk diajak berkenalan.




    4. Tidak pernah ada saat kamu membutuhkannya

    Saat kamu mengalami hari yang buruk di kampus atau tempat kerja, atau memiliki masalah penting untuk diceritakan, si dia justru tidak pernah ada dan mendukungmu. Ini adalah salah satu pertanda si dia memang tidak serius menjalin hubungan denganmu. Trust us girls, kamu pantas mendapat seseorang yang lebih baik dan bisa memahami serta selalu berada di sisimu.


    5. Tidak terbuka kepadamu

    Setelah berbagai momen kedekatan kalian, kamu hanya merasa mengenal sosoknya dari luar saja. Si dia selalu membangun ‘tembok’ yang sulit untuk kamu hadapi. Ia tidak pernah menceritakan soal hal-hal yang bersifat terlalu personal (seperti soal keluarga, mimpi, goals, dann apa hal yang membuatnya insecure) kepadamu. Bagaimana pun juga saat kamu serius dan siap berkomitmen dengan seseorang, kamu pastinya akan lebih terbuka kepadanya, bukan?




    6. Tidak berusaha memperkenalkan kamu kepada teman, keluarga, bahkan menceritakan tentangmu kepada orang di sekitarnya

    Cosmo tidak bermaksud bahwa kamu harus langsung bertemu dengan keluarganya pada kencan ketiga kalian. Tetapi jika kamu merasa ia sepertinya tidak pernah mengajak dan memperkenalkan kamu kepada teman dekat dan keluarganya, itu artinya ia berpikir bahwa kamu bukanlah sosok yang ingin ia ajak untuk berhubungan serius.



    7. Sering menghilang

    Ini juga merupakan salah satu red flag serius! Apabila si dia sering menghilang, lalu muncul dan tak lama menghilang lagi. Atau ia sering bersikap dingin kemudian manis kepadamu, maka artinya ia tidak siap membawa hubungan ini ke ranah yang lebih serius. Dan ada kemungkinan si dia juga memiliki sosok lain yang sedang didekatinya.


    8. Ia tidak pernah me-mention kamu di media sosial

    Memang ini bukanlah sebuah aturan mutlak, sebab ada begitu banyak orang yang tidak terlalu tertarik bermain media sosial. Tetapi.... jika ia adalah salah satu orang yang aktif di media sosial, namun nyaris tidak pernah menyebut kamu di akun media sosialnya, well.... bisa saja ia memang tidak tertarik kepadamu.


    9. Suara hatimu mengatakan bahwa ia bukan pria yang tepat untukmu

    Look, sebenarnya kamu bisa kok bertindak rasional (jika menginginkannya). Tetapi terkadang kita sering menutup mata, bukan? Suara hatimu akan memberitahu apakah pria yang sedang dekat denganmu adalah sosok yang tepat. Jadi dengarkan kata hatimu, girls! Karena jika si dia serius menyukaimu, maka kamu dan hatimu akan benar-benar mengetahuinya.




    So, jika kamu mengalami beberapa dari 9 tanda di atas ini, maka ini rasanya waktu yang tepat untuk menanyakan kembali pada hatimu “Apa hubungan yang benar-benar ingin kamu jalani bersama si dia?”.

    Dan ya, jika kamu merasa tidak masalah dengan segala hal yang ia lakukan atau juga ingin sekadar bersenang-senang dengannya, you do YOU, babe!




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. Priscilla Du Preez on Unsplash, Allef Vinicius on Unsplash, Anton Malanin on Unsplash, Elizabeth Tsung on Unsplash)