Beauty

Trik Memilih Hand Cream Terbaik Untuk Kulit Tangan Kamu

  by: Dheniel Algamar       18/7/2021
  • Cara Memilih Pelembab Terbaik untuk Tangan Kamu. 

    Tidak bisa membayangkan hidup tanpa hand sanitizer atau hand wash ? Kalau begitu jangan lupa untuk memikirkan kebutuhan tangan kamu. Yes, tunjukkan pada tangan kamu bahwa mereka pun butuh perhatian dengan melindunginya menggunakan hand cream atau pelembap tangan terbaik. Berikut semua yang perlu kamu ketahui sebelum membeli hand cream.



    Sejak pandemi terjadi, kebanyakan dari kita telah mencuci dan membersihkan tangan dengan sanitiser yang keras. Ini mungkin akan mengurangi risiko penularan virus, tetapi juga bisa merugikan kulit kita lho. Sering mencuci tangan atau menggunakan sanitiser menyebabkan tangan kering dan pecah-pecah. Bahan kimia keras cenderung mengikis kulit dari minyak alami apapun, menghancurkan penghalang kelembaban yang melindungi tangan kita. Oleh karena itu, penting untuk mengoleskan lotion atau hand cream agar kulit tetap sehat dan lembut. Tapi bagaimana cara memilih hand cream yang tepat karena ada begitu banyak pilihan di luar sana? Untuk membantu kamu, kami meminta Bhargav Paritala, salah satu pendiri, The Palm Care Company, untuk membagikan beberapa penjelasan tentang bahan utama yang harus diperhatikan. “ Karena tangan cenderung lebih mudah kering dibandingkan kulit wajah, maka pelembap untuk wajah dan tangan harus berbeda tekstur dan konsistensinya. Saat memilih krim atau lotion pelembap tangan yang tepat, perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya agar membuat tangan tetap halus selama berjam-jam,” kata Bhargav. Di bawah ini adalah bahan-bahan yang Bhargav sarankan agar kamu perhatikan saat berbelanja hand cream atau pelembap tangan.



    Vitamin E

    Dianggap sebagai bahan standar untuk perawatan kulit, Vitamin E adalah pelembab alami yang efektif. Pelembab tangan termasuk Vitamin E dapat membantu menjaga tangan tetap halus untuk waktu yang lama. Bahan ampuhnya bekerja untuk melindungi lapisan luar kulit dari iritasi dan kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin E juga membantu untuk mempromosikan regenerasi sel dan meningkatkan pergantian sel, sehingga efektif untuk menjaga kesehatan kulit yang baik.

    Shea Butter

    Shea butter tetap menjadi favorit bagi orang-orang dengan kulit kering karena berpotensi meningkatkan fungsi pelindung kulit secara alami. Diperkaya dengan Vitamin A, E, dan asam lemak esensial, shea butter membantu memulihkan dan merevitalisasi sel-sel kulit, dan meningkatkan penampilan tangan secara keseluruhan. Kemampuan shea butter untuk meleleh pada suhu kamar membantu penyerapan yang mudah dan memberikan pelumasan yang lebih baik ke tangan.

    Glycerine

    Glycerine atau gliserol adalah humektan yang sangat baik dan dapat menarik kelembaban kembali ke permukaan kulit sekaligus mengembalikan hidrasi. Bahan ini efektif dalam menghaluskan garis-garis halus dan meningkatkan elastisitas. Selain menghidrasi tangan, gliserin juga membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan.



    Beeswa 

    Beeswax adalah lilin alami yang dihasilkan oleh lebah madu, yang berfungsi sebagai exfoliator untuk mengangkat sel kulit mati dan menjaga kebersihan kulit sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Bahan ramah kulit ini juga mendukung fungsi penghalang kulit dan meningkatkan retensi kelembapan agar menjaga tangan tetap lembut dan halus. Konsentrasi tinggi Vitamin A yang ditemukan dalam lilin lebah mencegah tangan menjadi kering.

    Ceramides 

    Ceramide adalah lipid rantai panjang yang menyusun lebih dari 50% komposisi kulit. Ceramides membatasi hilangnya kelembapan dan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan. Bahan pengisi kulit ini sangat ideal untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit sekaligus untuk memerangi tanda-tanda penuaan yang terlihat. Menggunakan pelembap tangan yang diperkaya dengan ceramide dapat memperkuat pertahanan kelembapan kulit.

    Hyaluronic Acids

    Salah satu bahan paling populer dalam industri perawatan kulit, asam hialuronat memiliki fungsi menghidrasi yang cukup mengesankan. Bahan ini membantu menjaga kulit tetap kenyal dan bekerja dengan baik untuk mencegah tangan kering sekaligus penuaan kulit dini.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Dheniel Algamar / Image: Dok. Photo by Mathilde Langevin and Anna Essetiels on Unsplash )