Lifestyle

Daftar Buku dan Novel yang Mengangkat Tema Body Positivity

  by: Givania Diwiya Citta       20/7/2021
  • Body positivity is no BS, it is a BD, bb! Daftar bacaan yang terdiri dari novel, jurnal inspirasi, hingga esai tanpa penghakiman dari seorang ahli berikut ini akan semakin membuat kita melek terhadap isu body positivity lebih dari sekadar momentum. 


    What I Like About Me 

    oleh Jenna Guillaume 




    Dari perspektif young adult, Jenna mengemas cerita fiksi humoris namun penuh makna lewat karakter Maisie Martin yang secara mengejutkan (bahkan bagi dirinya sendiri) berakhir mengikuti sebuah kontes kecantikan. Tumbuh besar dalam bayang-bayang kesempurnaan dari keluarga hingga sahabat yang mengguncang kepercayaan dirinya, Maisie justru menggunakan momentum ini untuk menemukan self-worth, hingga belajar makna romansa dalam mencintai dirinya serta bentuk tubuhnya.


    (Booksbeyond.co.id, Rp314.000,-.) 


    Dietland 

    oleh Sarai Walker 


    Menyoroti obsesi industri kecantikan terhadap isu berat badan yang ‘ideal’ di masyarakat, novel perdana Sarai yang bold namun humoris ini menceritakan revolusi diet kaum perempuan. Semuanya dimulai ketika tokoh Plum Kettle merencanakan operasi weight-loss untuk tubuhnya, dan ia dikuntit oleh perempuan dari suatu komunitas yang menjunjung prinsip hidup-sesuai-jati-diri. Dari sana, Plum pun mempertanyakan makna cantik dan bahagia yang sesungguhnya.

    (Periplus.com, Rp184.000,-.) 


    Komentar Fisik Gak Asik 

    oleh Ririe Bogar 


    Berangkat dari concern personal terhadap fenomena body shaming yang tak elak diterimanya serta dari cerita-cerita perempuan lain yang mengalaminya, Ririe pun menerbitkan buku berjudul sama dengan inisiasi miliknya terhadap gerakan #KFGA di media sosial. Buku ini pun memuat rangkaian kisah serta kata-kata pendorong untuk mengajak para perempuan dalam mencintai diri sendiri, namun juga memberi kiat pintar dalam melawan komentar negatif terhadap fisik, lewat ilustrasi manis serta jurnal bebas tulis bagi pembaca untuk berdamai dengan dirinya. 



    (Mizanstore.com, Rp69.000,-.) 


    Body Kindness 

    oleh Rebecca Scritchfield


    Dalam buku self-development ini, Rebecca menerangkan bahwa ada cara untuk meraih kebahagiaan tanpa mengorbankan hubungan yang baik dengan tubuh. Praktik demi praktik anti-diet yang diterangkan akan berfokus pada cara merawat diri dengan belas kasih – bukan karena didikte rasa malu – mulai dari pilihan makanan serta olahraga, sampai berdamai dengan emosi yang kerap melawan pikiran mencintai tubuh, serta mengatur tujuan hidup berdasarkan nilai-nilai pribadi yang dianut.

    (Kinokuniya on iStyle.id, Rp313.000,-.) 


    I’ll Be the One 

    oleh Lyla Lee


    Apa jadinya jika ada seseorang yang ingin mendobrak standar kecantikan industri hiburan K-Pop? Itulah misi Skye Shin yang ingin jadi bintang K-Pop plus-sized pertama di dunia. Ia memasuki sebuah audisi pencarian bintang K-Pop dan menyelami latihan tiada henti, sembari menantang drama dari ketakutan industri hiburan terhadap isu berat badan. 

    (Periplus.com, Rp261.000,-.) 


    (Givania Diwiya / FT / Images: Monstera from Pexels; Dok. Goodreads.com)