Better You

Ini Waktu Makan Terbaik Bagi yang Sedang Menurunkan Berat Badan!

  by: Giovani Untari       21/7/2021
  • Kamu mungkin sering mendengar beberapa aturan soal makan, seperti kita sebaiknya tidak mengonsumsi buah pada sore hari. Atau menghindari asupan karbohidrat saat makan malam, dsb. 

    Tapi kapan sebenarnya waktu makan terbaik yang bisa memberi dampak pada proses penurunan berat badan?







    Well, menurut teks Ayurveda kuno, energi matahari dan komposisi dalam tubuh manusia sebenarnya selalu berubah sepanjang harinya. Perubahan ini bisa ikut membawa dampak pada program diet, sebab waktu makan menjadi sesuatu sangat penting untuk kita perhatikan ketika sedang menurunkan berat badan.

    Dr Partap Chauhan, seorang Ayurvedacharya sekaligus Director dari Jiva Ayurveda pun menyetujui hal tersebut.

    “Menurut Ayurveda, ada tiga jenis ritme yang dimiliki manusia setiap harinya yaitu vata, pitta, dan kapha. Pada waktu tertentu, ritme dalam tubuh dan lingkungan sekitar akan lebih mendukung beberapa aktivitas seperti makan. Jika Anda mempelajari kapan waktu terbaik untuk makan berdasarkan aturan ini, Anda pun bisa mengatur pola diet termasuk sesekali melakukan cheat meals!”




    COBA POLA DIET MATAHARI!

    Tidak hanya sekadar waktu makan, kamu juga bisa menyesuaikan diet berdasarkan musim. Pola makan yang tidak konsisten jelas dapat membuat proses penurunan berat badanmu terganggu. Dr Chauhan juga menyarankan kita melakukan fitness / olahraga untuk menjaga vata, pitta, dan kapha dalam tubuh tetap seimbang. 

    Ini dia beberapa saran waktu makan yang ia anjurkan untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan:


    Jam 10 pagi – 2 siang:

    “Ini merupakan waktu di mana posisi matahari tengah berada di puncaknya termasuk juga Pitta dosha. Jam Pitta ini sangat cocok bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang berat, karena sistem pencernaan juga sedang menguat di jam-jam tersebut. Jadi, makanlah sarapan dalam porsi yang light dan makan siang dengan menu yang baik pada jam ini.”





    Jam 6 – 10 malam:

    “Malam merupakan waktu di mana kekuatan energi Kapha mengambil peranan. Anda sebaiknya menghindari makan besar dan makan malam lah lebih awal dari biasanya. Makanan yang Anda konsumsi di jam ini akan lebih sulit dicerna, bahkan bisa menjadi racun tersendiri bagi tubuh. Dan tentu saja, masalah pencernaan akan ikut memicu masalah kesehatan lainnya.”


    Terakhir, tidur tepat waktu

    Cara termudah menjalankan diet Ayurvedic adalah dengan tidur tepat waktu. Dr Chauhan menjelaskan bahwa mayoritas dari kita tidak tidur dengan baik dan sesuai jadwal, lantaran kebiasaan bermain smartphone menjelang waktu tidur. Tidak hanya blue light dari perangkat elektronik menganggu siklus tidur, sinar tersebut nyatanya juga berbahaya untuk kulit kita.

    Sementara itu, masalah perut juga menjadi alasan mengapa banyak orang susah tidur di malam hari. Dr Chauhan menyarankan kita minum satu hingga dua gelas air hangat sebelum tidur untuk membantu pergerakan usus.






    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. Liza Summer from Pexels, KoolShooters from Pexels, Karolina Grabowska from Pexels, Vlada Karpovich from Pexels)