Beauty

Ingin Kulit Bebas Jerawat? Coba Makanan Rekomendasi Dokter Berikut!

  by: Redaksi       21/7/2021
  • “You are what you eat.”


    Sepertinya kalimat tersebut adalah sebuah pepatah yang harus dijadikan prinsip utama dalam dunia perawatan kulit dan kesehatan. Cosmo telah berbicara dengan empat ahli kesehatan untuk mengetahui persis apa yang bisa kamu makan untuk terhindar dan membebaskan kulit dari jerawat!




    Shikha Mahajan, Ahli gizi dan pendiri Diet Podium.

    “Ketika kita mengonsumsi sesuatu, badan kita akan menggunakan nutrisi dari makanan itu untuk ‘mengobati’ organ dalam, otot, dan tulang pada tubuh kita. Sisa nutrisi yang tidak terpakai akan digunakan untuk perbaikan kulit, rambut, dan kuku. Kebanyakan dokter dapat mengetahui jika kamu kurang nutrisi hanya dengan melihat kondisi kulitmu. Jerawat, pigmentasi, dan garis keriput pada umumnya adalah tanda-tanda yang mengindikasi tubuhmu kurang nutrisi. Permasalahan kulit juga dapat menjadi tanda adanya kesalahan dalam sistem pencernaan, hati, atau bahkan IBS. Walau memang sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke dermatolog, bertemu dengan ahli gizi atau spesialis gastroenterologi untuk mendapat pendapat tambahan juga bukan ide yang buruk.”





    Makanan untuk mengobati kulit berjerawat: Vitamin C

    “Vitamin C adalah obat terbaik untuk jerawat. Tambahkan saya 1000 mg tablet atau permen vitamin ke dalam rutinitasmu. Selain itu, pastikan juga kamu mendapat vitamin D dan E yang cukup. Konsumsi tablet probiotik setiap hari. Pastikan kamu mendapat serat yang cukup dari sayur-sayuran dan yoghurt."


    Renee Grandi, Ahli gizi dan naturopati dari Chiva-Som, Thailand

    “Setiap kulit memang bekerja dengan caranya masing-masing, tapi tidak bisa dipungkiri kalau diet seseorang merupakan faktor yang memiliki pengaruh besar. Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap diet tertentu maka tidak ada satu solusi yang pasti. Sangat penting untuk menjaga dietmu bervariasi dan organik. Setelah itu, jangan lupa untuk mulai mengkategorikan apa saja yang cocok dan tidak cocok dengan tubuhmu. Sebagai contoh, jika kamu memiliki kulit kusam, bisa saja hal ini terjadi akibat kurangnya zat besi, kurang nutrisi, dan tinggi stres.”




    Makanan untuk mengobati kulit berjerawat: Diet multivitamin

    “Saya merekomendasikan vitamin-vitamin ini untuk kulit berjerawat, pigmentasi, dan kusam: Vitamin A, vitamin B kompleks, zinc, vitamin C, dan kolagen.”


    Simal Soin, Dermatolog selebriti dari Aayna Clinic

    “Di sebuah dunia yang ideal, kita semua akan memakan makanan seimbang yang mengikutsertakan buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, protein, dan whole grains. Sayangnya, kebanyakan orang biasanya lupa bahwa aturan utama untuk memiliki diet seimbang adalah dengan mengonsumsi makanan penuh warna,”




    Makanan untuk mengobati kulit berjerawat: Makanan hijau

    “Tambahkan sayuran hijau seperti kale dan buah pepaya, lemon dan buah beri ke dalam dietmu.”




    Karishma Chawla, Ahli gizi dan penasehat gaya hidup

    “Makanan adalah faktor penentu kualitas sel, otot, dan organ tubuh seseorang. Ekosistem (dalam tubuh) yang tidak seimbang dapat terlihat secara eksternal melalui penuaan dini, pigmentasi, dan jerawat pada kulit. Maka dar itu, untuk memiliki kulit terbaik, terdapat tiga aspek yang harus kamu perhatikan: Bakteri pencernaan yang sehat, hidrasi, dan tidur.”




    Makanan untuk mengobati kulit berjerawat: Probiotik dan multivitamin

    “Rekomendasi saya termasuk probiotik dan makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin E, glutathione, vitamin B6, dan omega 3 seperti pepaya, chia seeds, flaxseeds, dan ikan-ikanan untuk menjaga kulit dari jerawat.”


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Polina Tankilevitch, Pixabay,  dan Anna Shvets on Pexels; Toinane on Unsplash)