Love & Sex

Ini Dia 25 Pertanyaan Penting Saat First Date

  by: Nadhifa Arundati       21/7/2021
  • First date terkadang bikin kita gundah – pilih baju apa yang bakal menarik perhatian, ya? Tak hanya itu, kencan pertama juga butuh persiapan, salah satunya seperti menyusun beberapa pertanyaan penting untuk mengetahui sifat si dia sebelum harus masuk ke tahap yang lebih 'dalam'. 

    Cosmo punya beberapa pertanyaan pembuka yang cocok untuk pemula, hal ini dikemukakan oleh penulis buku Body Language: Learn How to Read Others and Communicate with Confidence, Elizabeth Kuhnke, dan Relationship & Sex Therapist, Miranda Christophers. Bersiap-lah!




    1. "Kalau kamu berkesempatan untuk traveling, destinasi mana yang ingin dituju?"

    "Kalau jawaban dia, 'belum tahu, nih,' sepertinya si dia belum mau jelajahi keinginan hidup, atau memang pada dasarnya si dia itu loner, jadi sulit untuk mengungkapkan. Berbeda jika dia antuasias dengan jawabannya, kamu bisa menggali tentang apa saja kesukaan dia dalam traveling, dan jenis perjalanan seperti apa yang dia pilih," sebut Elizabeth.



    2. "Saat ini, kamu sedang ingin mempelajari apa untuk mengembangkan diri?"

    "Pertanyaan semacam ini bisa menjadi tolak ukur, apakah si dia memang sedang dalam sebuah journey untuk membenahi kehidupannya? Maka kamu bisa menilai di tahap awal; cocok-kah kamu dengan si dia?" Ucap Miranda.


    3. "Tell me about something that I wouldn't guess about you!"

    "Pertanyaan ini bersifat flirty dan sedikit licik untuk kencan pertama, tetapi di sisi lain, kamu malah memberikan si dia kebebasan untuk berekspresi. Menandakan kalau kamu tidak judgemental," sebut Elizabeth.


    4. "Apa tempat favorit kamu di Bumi?"

    Miranda mengungkapkan, "Pertanyaan semacam ini akan memberi jawaban tentang tempat favorit yang ingin dia kunjungi atau bahkan untuk menetap, like his dream place. Kamu bisa melihat, bagaimana cara pandang dia dalam memilih kehidupan yang nyaman sesuai tempat yang dia pilih."


    5. "Karier impianmu seperti apa?"

    "Menemukan jawaban seputar motivasi dia dalam berkarier, serta bisa menjadi perbandingan dengan tujuan hidup kamu ke depannya," ucap Elizabeth. 


    6. "Hal apa sih yang bikin kamu merasa bangga?"

    "Dengan pertanyaan ini, kamu bisa mendapat pandangan baru, tentang hal-hal yang sangat berharga bagi si dia. Kamu juga bisa menginvestigasi dari bagaimana cara dia menjawab (apakah angkuh atau tidak)," ujar Miranda.


    7. "Kalau kamu tidak diharuskan untuk bekerja, bagaimana cara kamu untuk menghabiskan waktu?"

    "Nah, dengan melontarkan pertanyaan ini, kamu jadi tahu, apa saja kegiatan yang selama ini dia incar. Kalau sangat bertolak belakang dengan apa yang kamu lakukan atau inginkan, hal ini bisa jadi penilaian berikutnya," tutur Elizabeth. 


    8. "Kamu anti banget sama makanan apa?" 

    "Well, kamu akan mengetahui makanan apa yang dia tidak suka. Bisa jadi dia vegan atau gluten-free, jadi dinner-date akan lebih lancar, tanpa ada kesalahan dalam memilih makanan. Dengan begitu, kamu juga akan paham tentang makanan apa yang dia konsumsi, bergantung pada lifestyle atau tradisi yang dia anut. Bahkan kamu bisa melihat, seberapa luas pengetahuan dia tentang kuliner," sebut Miranda. 


    9. "Apa yang membuatmu tertarik untuk tinggal di daerah ini?"

    "Kamu akan menemukan jalan baru untuk mempelajari apa yang si dia sukai dari lingkungan setempat, dan balik lagi, mengukur kecocokan antara kamu dan si dia," ucap Elizabeth.


    10. "Kamu ingin menjadi apa saat tua nanti?"

    "Pertanyaan ini cukup lucu, bisa jadi si dia bercita-cita menjadi pemadam kebakaran, atau bahkan ingin menjadi superhero," sebut Miranda dengan canda. "Menunjukkan tentang keinginan si dia yang sampai sekarang belum terwujud."


    11. "Keluargamu itu seperti apa?"

    "Dari jawabannya, kamu akan mendapat gambaran tentang background kehidupan dia, serta bagaimana dia memperlakukan keluarganya hingga saat ini," tutur Elizabeth. 


    12. "Ceritakan dong, teman-teman kamu itu seperti apa sih?"

    Elizabeth mengatakan, "Saat kamu memutuskan untuk mengencani seseorang, maka tandanya kamu juga harus siap untuk masuk ke lingkungan si dia, khususnya dalam lingkup pertemanan."


    13. "What are your favorite TV-shows?"

    "Menanyakan tentang acara TV favorit bisa menjadi celah untuk membuka banyak obrolan, apakah kalian berdua punya kegemaran yang sama? Atau malah saling berlawanan? Menjadi pertimbangan yang tepat untuk kecocokan kalian berdua," ucap Elizabeth. 


    14. "Semisalkan hidupmu bagaikan film, kira-kira siapa yang akan memperankannya?"

    "Kamu punya kesempatan lebih banyak untuk melihat; bagaimana pandangan dia terhadap diri sendiri, dan karakter seperti apa yang ingin dia tampilkan," tutur Miranda. 




    15. "Kamu suka baca apa?"

    "Intelektualitas seseorang dapat dilihat berdasarkan dari sesuatu yang dia baca. Si dia suka menggali isu yang seperti apa? Bisa jadi kamu juga sedang mendalami hal yang sama," sebut Elizabeth. 


    16. "Kalau kamu punya kesempatan untuk menjadi orang lain dalam sehari, kamu bakal memilih siapa?"

    "Jawaban dari si dia akan 'menguak' tentang sosok yang selama ini dia idamkan," ucap Miranda. 


    17. Siapa sosok yang selama ini memberikan banyak influence di hidupmu?

    "Si dia akan memberimu banyak perspektif baru tentang dinamika keluarga, pertemanan, serta sosok lain yang berperan penting terhadap kehidupannya," sebut Elizabeth. 


    18. "What's your favourite memory?"

    "Memori masa lalu akan memperlihatkan, siapa diri dia sebenarnya, dan hal apa saja yang membuatnya merasa senang," tutur Miranda. 


    19. "Apakah kamu masih berhubungan dengan teman di masa kecil?"

    "Menjadi sebuah clue, seberapa besar si dia menghargai hubungan pertemanan," ucap Elizabeth. 


    20. "Kalau kamu punya superpower, kamu ingin yang seperti apa?"

    Miranda berkata, "Respon seseorang terhadap pertanyaan 'fiksi' seperti ini akan memberi gambaran terhadap sikap dia yang sebenarnya. Apakah si dia akan menjawab dengan antusias, atau malah menjawab dengan cara canggung? Well, hal ini bisa jadi pertimbangan untuk kencan selanjutnya."


    21. "Hal paling spontan yang pernah kamu lakukan?"

    "Kalau kamu penasaran apakah si dia tipe orang yang suka mengambil risiko, penuh tantangan, dan fleksibel, lempar pertanyaan ini!" Sebut Elizabeth.


    22. "Apa yang bakal kamu lakukan kalau zombie apocalypse terjadi?"

    "Pertanyaan ini bisa menjadi ice breaker, dan lebih tahu tentang selera humor si dia, tergantung dari bagaimana dia akan menjawab," ucap Miranda.


    23. "Waktu kecil kamu tuh kamu bersikap seperti apa?"

    "Bisa jadi pemalu, atau mungkin tergolong anak yang nakal... Semua jawaban yang dia berikan akan merepresentasikan terkait pembentukan sikapnya," tutur Elizabeth. 


    24. "Adakah hal-hal yang membuatmu mudah tersentuh?"

    "Another clue, apakah si dia termasuk pria yang baperan alias suka terbawa perasaan, atau malah cuek dengan hal-hal yang berbau dengan perasaan," sebut Elizabeth.


    25. "Gombal-an terburuk yang pernah kamu dengar?"

    "Buat apa berkencan kalau tidak ada sisi flirty? Nah, dengan pertanyaan tersebut, kamu bisa melihat, si dia ini cheesy atau malah terlalu cold? Karena selera dan sikap seseorang sudah pasti menjadi prioritas utama dalam mengukur kecocokan," ucap Elizabeth. 


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih bahasa: Nadhifa Arundati / Image. Dok: Priscilla Du Preez on Unsplash)