Love & Sex

6 Penyebab Kamu Sulit Menemukan Pasangan yang Tepat!

  by: Giovani Untari       26/7/2021
  • Mari menerima kenyataan bahwa menemukan Mr Right bukanlah sebuah hal yang mudah dalam hidup ini.

    Kita terkadang sering bertemu dengan pasangan yang kurang tepat dan akhirnya memilih untuk mengakhiri hubungan yang sedang dijalani dengan pria tersebut. Kegagalan mendapatkan sosok pasangan ideal bahkan sering membuat kita merasa Mr Right hanyalah sekadar mitos belaka. Hufft!




    Tapi... sebenarnya seperti apa sih kriteria pasangan ideal versi kamu? Apakah harus sosok pria yang “hot, smart, kaya, pengertian, tinggi, seksi, dll?”.

    Sejujurnya girls, pria idaman dengan segala syarat di atas mungkin hanya bisa kita temukan di karakter fiksi. Pasalnya pria yang ada di kehidupan nyata pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri dan itu adalah sebuah hal yang normal selama tidak merugikan orang lain. Ingat tidak ada manusia yang 100% sempurna di dunia ini.


    Sekarang, coba tanyakan kepada dirimu apakah kamu pernah merefleksikan penyebab mengapa kamu sulit mendapat pasangan yang tepat? Mungkin ini agak sedikit terdengar sulit, sebab pola pikir kita pasti merasa tidak ada yang salah dengan diri kita.

    Menurut Sheetal Shaparia, seorang life coach dan relationship asal India, tanpa disadari ada beberapa hal yang kita lakukan ternyata menjadi faktor penghambat untuk mendapatkan sosok pasangan yang tepat. Bagian terburuknya, kamu tidak menyadari bahwa sudah melakukan beberapa kesalahan.


    Untuk mencoba memperbaikinya, Sheetal mengungkapkan 6 penyebab mengapa kamu sulit menemukan pasangan yang tepat sebagai berikut:


    1. Rasa Insecure

    Alasan mendasar mengapa kamu masih single mungkin salah satunya kamu merasa tidak nyaman saat harus membuka diri kepada orang lain.

    Cari tahu penyebab mengapa kamu menahan diri untuk lebih terbuka kepada orang lain.Ini waktunya untuk melawan segala rasa insecure tersebut. Cara ini bertujuan agar kamu bisa secara perlahan membuka diri dan merasa percaya diri dengan apa yang kamu miliki. Saat kamu belajar untuk menerima segala kelebihan serta kekuranganmu, maka semuanya akan menjadi lebih baik. Dan siapa tahu kepercayaan diri akan menuntun kamu bertemu dengan pasangan yang tepat.


    2. Trust Issue

    Kamu sering melihat sahabat baikmu mengalami struggle dalam hubungan mereka dan ini membuat kamu khawatir saat akan menjalin sebuah hubungan.

    Atau bisa juga kamu pernah mengalami rasa sakit hati dan trauma pada hubungan di masa lalu, sehingga saat ini kamu lebih memilih untuk berhati-hati dan menghindari segala hal yang mungkin akan merugikan dirimu. Masa lalu yang buruk karena persoalan trust issue memang bisa membuat seseorang menjadi kesulitan untuk percaya pada orang lain.

    Muncul pikiran seperti, “Bagaimana jika ia bukan pria yang baik?”, “Apakah nanti saya akan sakit hati lagi saat menjalani hubungan baru?” Tapi ingat babes, kamu tidak bisa terus melihat dan hidup untuk masa lalu. Kita semua butuh untuk move on dan melanjutkan hidup. Jadi semangat ya!




    3. Terlalu Selektif

    Kamu tahu apa yang disukai dan dicari dari seorang pasangan, tapi kamu juga butuh menyadari bahwa setiap orang memiliki sisi uniknya masing-masing, dear



    Bisa jadi selama ini kamu memiliki kriteria dan ekspektasi yang kurang realistis saat mencari pasangan. Tentu bukan hal yang salah menjadi sosok yang selektif, tapi jangan sampai hal ini menjadi penghambat saat seseorang mencoba mendekati kamu.


    4. Tidak Tahu Apa yang Kamu Mau

    “Ada kalanya kamu bingung atas apa yang sebenarnya kamu cari dan inginkan dari seorang pasangan, dan itu adalah hal yang wajar. Kriteria atas seorang pasangan idaman akan berubah seiring berjalannya waktu dan kamu yang semakin dewasa. So, kamu bisa mencoba mencari seperti apa tipe pasangan yang terbaik untukmu dengan melakukan beberapa kencan. Hal ini juga akan membantu kamu memilih tipe pasangan yang kamu sukai,” jelas Sheetal.




    5. Sulit untuk Didekati

    Kalau kamu merasa sulit bertemu dengan orang lain, mungkin ada sedikit kendala dengan cara kamu menampilkan diri ke orang lain. Agak sulit mengubah hal ini, terlebih jika kamu adalah tipe orang yang pemalu. 

    Cara termudah untuk mengubahnya adalah dengan mencoba lebih rileks, tarik napas, buang perlahan, dan tersenyumlah saat berjumpa dengan orang baru. Jika kamu kamu berada dalam situasi yang memungkinkan untuk bertemu dengan sosok spesial, maka manfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin.

    Pria idamanmu tentu saja tidak mungkin tiba-tiba muncul seperti yang sering kita lihat di series atau K-drama (well mungkin saja, tapi sedikit kemungkinannya!). Jadi jika kamu bertemu dengan pria yang menarik, ini saatnya untuk berusaha mendekati dan mendapatkannya! You go, girl!


    6. Takut Menjalani Hubungan yang Terlalu Intens

    Hal ini sering terjadi pada alam bawah sadar manusia dan berakibat kamu sulit untuk dekat dengan seseorang. Kamu mungkin tidak bermaksud untuk menolak pria yang sedang mendekati kamu. Tetapi kamu melakukan beberapa hal yang menunjukkan penolakan terhadap sebuah hubungan yang intens dan serius.

    Dalam hal ini kamu sering tanpa sadar menciptakan sebuah ‘tembok pertahanan’ yang sulit ditembus oleh calon pasanganmu.





    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. Flora Westbrook from Pexels, Maksim Goncharenok from Pexels, Katerina Holmes from Pexels)