Better You

Ingin Mencoba Yoga? Perhatikan Hal-Hal Berikut!

  by: Redaksi       29/7/2021
  • Dengan adanya pandemi global, tidak heran jika banyak orang yang merasa tingkat stres-nya meningkat. Yah, jelas saja, dengan situasi dunia yang sedang seperti ini, semua orang pun diminta untuk tetap di rumah dan membatasi seluruh kegiatan serta interaksi mereka dengan teman atau keluarga tercinta. Beban pikiran yang bertambah dan kurangnya hiburan mendukung kita untuk bermalas-malasan dengan kedok “me-time.” Tapi ternyata ada cara lain yang lebih baik untuk mengatasi hal ini, lho. Yup, apa lagi kalau bukan yoga?


    Yoga adalah sebuah olahraga yang tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik tapi juga kesehatan mental. Belum lagi yoga terdiri dari pose-pose yang instagramable, membuat banyak orang semakin penasaran untuk mencobanya. Eits, tapi hati-hati! Foto para influencer melakukan yoga memang terlihat keren dan mungkin video rutinitas yoga yang kamu tonton di YouTube terlihat mudah, tapi kenyataannya tidak seindah itu. Kalau kamu masih pemula, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar mendapat manfaat yang maksimal dan menjaga badanmu dari cedera.






    Kenali Macam-Macam Yoga dan Manfaatnya.

    Oke, hal pertama yang harus kamu ketahui tentang yoga adalah: Yoga memiliki banyak variasi. Apakah kamu ingin meningkatkan kesehatan mental atau mengencangkan otot? Apakah kamu memiliki waktu satu jam atau hanya 15 menit? Nah, pastikan kamu cari tahu dulu, ya, macam-macam yoga dan manfaatnya. Setelah itu, coba cocokkan dengan tujuan dan kemampuanmu. Selain itu, mengetahui variasi yoga juga dapat membuatmu terhindar dari rasa bosan.


    Memakai Pakaian yang Sesuai

    Mungkin pakaian yang dipakai saat yoga hampir sama dengan pakaian saat melakukan olahraga lain. Kamu akan membutuhkan pakaian yang memberi kemudahan untuk bergerak karena kamu akan melakukan beberapa pose peregangan tubuh. Satu-satunya perbedaan adalah saat yoga kamu tidak perlu memakai sepatu.


    Jangan Langsung Melakukan Yoga Setelah Makan.

    Sebenarnya untuk yang satu ini setiap orang memiliki preferensinya masing-masing. Ada yang senang berolahraga dengan perut kosong dan ada yang tidak. Tapi, jika kamu memutuskan untuk makan sebelum yoga, usahakan untuk menyisihkan sekitar 30 menit jika kamu memakan snack dan sekitar 1-2 jam jika kamu memakan makanan berat sebelum memulai yoga. Hal ini untuk memudahkan gerakan dan pernapasan selama melakukan yoga.



    Menyiapkan Perlengkapan yang dapat Membantu

    Yoga. Mat. Itu. Penting. Salah satu hal yang membedakan yoga dengan olahraga lain adalah antar pose yoga terdapat sebuah “flow” yang harus diikuti, membuat olahraga ini menjadi sangat dinamis. Ditambah lagi kamu juga harus menahan beberapa pose dalam jangka waktu tertentu. Jika kamu langsung melakukannya tanpa alas, keringat akan jatuh ke lantai dan membuatnya licin. Karena kamu tidak memakai sepatu, tentu saja ini berbahaya.


    Pernapasan Adalah Kunci dari Sesi Yoga yang Sukses!

    Pernapasan, atau dalam yoga dikenal dengan istilah “asana,” memiliki peran penting dalam yoga. Karena yoga membutuhkan fleksibilitas, asana akan membantu untuk merilekskan otot-otot tubuh. Selain itu, dengan memperhatikan pernapasan, kamu juga dapat benar-benar fokus ke pergerakanmu dan terhindar dari cedera.




    Tidak Semua Pose Perlu Ditahan dalam Jumlah Waktu yang Sama.

    Sebagai pemula mungkin terkadang kamu sulit untuk fokus ke gerakanmu karena kamu tidak tahu kapan harus mengganti pose. Setiap pose membutuhkan jumlah waktu yang berbeda, tergantung untuk apa pose itu dilakukan. Contohnya, pose keseimbangan ditahan lebih lama karena mengasah konsentrasi otak sedangkan postur transisi dilakukan lebih cepat karena membantu menguatkan tubuh. Tapi biasanya, setiap pose ditahan selama 3-5 siklus napas untuk repetisi pertama dan 1 siklus napas untuk repetisi selanjutnya.



    Tidak Bisa Melakukan Beberapa Pose? That’s okay!

    Sama seperti olahraga lain, yoga perlu waktu untuk adaptasi. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain dan lakukan sebaik yang kamu bisa.


    (Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Tabitha Turner, Elena Kloppenburg, dan Oksana Taran on Unsplash; Elina Fairytale on Pexels)