Fashion

4 Langkah Mudah untuk Menentukan Ukuran Bra

  by: Redaksi       30/7/2021
  • Mengukur ukuran bra adalah sesuatu yang sederhana tapi sedikit sulit untuk dilakukan karena begitu banyak informasi yang membingungkan. Ini adalah sesuatu yang biasanya kita lakukan sekali di masa remaja dan dengan senang hati kita acuhkan saat dewasa. Penelitian menunjukkan, terdapat 90 persen perempuan Inggris yang salah menggunakan ukuran bra meski ada tanda jelas yang menunjukkan ketidaksesuaian itu.


    Tanda Kamu Menggunakan Ukuran Bra yang Salah

    Jika kamu tidak menggunakan ukuran bra yang sesuai, kemungkinan besar kamu tidak mendapat support yang baik di bagian dada. Beberapa orang bahkan merasakan ketidaknyamanan seperti:



    1. Strap yang terus turun dari bahu
    2. Bagian cup yang tidak menutup dada secara penuh
    3. Cup yang longgar
    4. Merasa ditusuk oleh underwire pada bra
    5. Rasa ketat di bagian rusuk
    6. Sakit di bagian punggung dan bahu belakang


    Apakah Ukuran Bra Bisa Berubah?

    Tentu saja! Ukuran bra-mu akan berubah secara terus menerus karena perubahan diet, berat badan, dan fluktuasi hormon. Tidak hanya itu, terkadang setiap brand juga memiliki panduan ukuran mereka masing-masing. Maka dari itu, lebih baik kamu menentukan terlebih dahulu, dengan pasti dan bukan asal tebak, ukuran bra-mu di rumah. Kamu hanya memerlukan pita pengukur dan kertas untuk menulis setiap ukuran yang kamu dapatkan.



    Cara Mengukur Ukuran Bra di Rumah

    1. Pertama-tama, ukur bagian band atau pengait bra. Taruh pita pengukur secara melingkar di bagian atas tulang rusuk, tepat di bagian yang biasanya terkena bagian pengait pada bra. Kencangkan, tapi jangan terlalu ketat, dan tulis ukuran (dalam inci) yang kamu dapat.
    2. Angka berapapun yang kamu dapat, akan dijumlahkan dengan angka lain. Jadi, jika kamu mendapat angka genap, maka kamu akan menambahkan angka 4 dan jika kamu mendapat angka ganjil, tambahkan angka 5. Sebagai contoh, kalau sebelumnya kamu mendapat angka 30 inci, maka 30 + 4 = 34, dan itulah ukuran band-mu. Mudah, kan?
    3. Untuk mendapat ukuran cup, gunakan pita pengukur untuk melingkari bagian dadamu yang paling penuh dan kembali tuliskan pada secarik kertas.
    4. Kembali menghitung! Sekarang, kurangi band size yang kamu dapat di langkah kedua dengan lingkar dada yang kamu dapat. Selisih di antara keduanya menentukan ukuran cup-mu. Jadi, misalkan kamu memiliki lingkar dada sebesar 37 inci, maka 37 - 34 = 3 inci. Berarti kamu memiliki ukuran dada sebesar 34C.


    Kamu bisa melihat panduan ukuran cup di bawah ini.



    Berikut juga terdapat panduan untuk menentukan pergantian cup pada bra.



    Untuk benar-benar mendapat ukuran yang sesuai, mungkin kamu harus melalui berbagai trial and error tapi begitu kamu mendapat ukuran yang fit, itu semua sepadan. Sebagai contoh, kalau saat ini kamu menggunakan ukuran 36C dan merasa bagian cup sedikit longgar, kamu mungkin ingin mencoba memakai 36B. Tetapi, jika kamu memakai 36C dan merasa bagian bawah bra-mu terlalu ketat, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk berganti ke 38C.




    Tanda Kamu Memakai Ukuran Bra yang Benar

    Ketika kamu merasa senang dengan ukuran bra-mu, ada beberapa tanda yang dapat kamu lihat untuk memastikannya:

    1. Bra terasa fit di pengait paling luar. Seiring dengan berjalannya waktu, bra-mu akan terasa semakin longgar. Jadi lebih baik kaitkan bra di bagian paling luar ketika sedang membeli bra baru.
    2. Bagian strap tetap bertahan di bahu tetapi tidak ketat. Tidak ada yang lebih buruk dari terus menerus menyesuaikan strap bra yang longgar. Kencangkan kaitan bra terlebih dahulu lalu kencangkan strap sesuai kenyamanan.
    3. Terdapat jarak untuk satu jari di bawah band. Indikator dari bra yang baik adalah seberapa banyak jari yang dapat kamu taruh di bawah bagian band. Bra dengan ukuran yang sesuai hanya dapat memuat satu jari saja.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Cosmopolitan UK on Pinterst; Cottonbro on Pexels)