Lifestyle

12 Lagu Stray Kids Yang Wajib Ada di Playlist Kamu

  by: Nadhifa Arundati       28/7/2021
  • Di kala pandemi ini, pasti ada banyak lagu yang kamu putar, untuk menemani rasa jenuh dan membangkitkan semangat saat menjalani aktivitas. Well oh well, Cosmo punya rekomendasi lagu yang cocok menemani hari-harimu – Stray Kids to the rescue! Lagu-lagu dari boyband yang bejumlah 8 member ini punya lagu yang unik, dan tentunya easy-listening. Kabar baiknya, saat ini Cosmo akan memberimu 12 lagu Stray Kids yang wajib ada di playlist. Yuk, simak!


    1. 'Grow Up (잘 하고 있어)' - I am NOT




    Jika kamu sedang disituasi sulit, stuck dengan pekerjaan dan merasa kurang mendapat dukungan, this song will help you to heal. 'Grow Up (잘 하고 있어)' merupakan lagu dari salah satu album I am NOT (2018) yang akan memberikanmu dukungan melalui lirik-liriknya.

    Jangan gelisah, percaya-lah pada dirimu, kamu sudah melakukan yang terbaik.

    Rasanya seperti sedang diberi semangat oleh para Oppa!



    2. 'Voices' - I Am WHO


    Lagi-lagi Stray Kids memberikan kita semangat, melalui lagu 'Voices' dari album I Am WHO (2018). Lagu dengan sentuhan rap yang mengaggumkan ini sangat soothing untuk didengar... Suara Bang Chan sangat sopan saat masuk ke dalam telinga. Lagu ini memberikan pesan untuk melawan 'suara-suara' negatif yang berasal dari pikiran kita. Dan ini dia potongan liriknya:

    Bebaskan diri dari suara yang menghantui pikiranmu.

    Well, society kills everything, namun terkadang, pikiran kita-lah yang selama ini membuat kita semakin merasa putus asa. Jadi sudah tahu kan, kalau kamu sedang merasa terpuruk, lagu 'Voices' adalah penyelamat. 


    3. ‘Side Effects (부작용)’ - Clé 2: YELLOW WOOD


    Kalau kamu mendengarkan lagu 'Side Effects', kesan pertamamu pasti akan seperti ini: "Wow, energik sekali, ya!" yup, namun meski demikian, Stray Kids kembali lagi memberi pesan seputar mental health issue dalam lagu 'Side Effects' – dengan psychedelic trance genre atau biasanya disebut psytrance, lagu ini dapat memberi 'efek samping' yang baik bagi para pendengar. Walau kedengarannya noisy, but it helps you to let go of all the burdens. 


    4. 'Maze Of Memories (잠깐의 고요)' - Clé 1: MIROH


    Lagu ini bisa dikatakan salah satu masterpiece dari karya Stray Kids. Of course, lantunan rap dari Han ini bikin kita jaw dropping, karena sangat fenomenal – bahkan, Han hanya menulis bagian rap-nya selama 15 menit, lho (very talented). Tak hanya Han saja yang bikin kita terpukau dengan lagu 'Maze Of Memories', Woojin dan Maknae juga memberikan impresi pertama yang luar biasa dalam pembukaan lagu, diikuti dengan Changbin, Hyunjin, dan Minho. Reaksi kamu setelah mendengar lagu ini: seperti berada di dalam labirin – sulit menemukan arah, tetapi tetap memiliki tujuan. 

    Shake you body with this!


    5. 'Blueprint (청사진)' - GO LIVE 


    Musim panas, cocoknya mendengarkan lagu 'Blueprint' yang rilis pada album GO LIVE (2020)! Seperti lagu musim panas pada umumnya, 'Blueprint' memberikanmu semangat melalui lirik lagunya, seperti: 

    Kamu memberikanku banyak cobaan, tetapi aku akan terus maju untuk melewatinya

    Hal yang bikin Cosmo jadi jatuh hati oleh Stray Kids adalah kalimat-kalimat penyemangat – karena sejatinya kita memang butuh dukungan di kala hard days. 


    6. 'Get You' - I Am YOU


    Butuh lagu imut dari Stray Kids? This song is for you then! Terlihat dari MV-nya, mereka tampil lebih menggemaskan – kali ini konsepnya bukan lagi dark and deep, namun jauh lebih ringan. Memang sih Stray Kids selalu memberikan kita positive vibes hampir di seluruh lagunya, but well, Cosmo yakin lagu 'Get You' adalah pilihan yang tepat untuk menjadi moodbooster kamu. Sambil menikmati iced coffee, ditemani lagu 'Get You', perfect!




    7. 'Booster' - Clé: LEVANTER


    Lagu 'Booster' bakal membuatmu kembali terpukau dengan rap bars yang intense ini – sangat agresif, namun tampaknya 'Booster' berhasil mengobarkan semangat para pendengar. Cosmo akui, keahlian rap mereka itu superb! Dengarkan lagu 'Booster', kemudian tantang diri kamu, dengan cara menghafal setiap rap bars-nya. Good luck!


    8. 'Hello Stranger'


    Jarang sekali mendengar lagu love song dari Stray Kids, tetapi sekalinya mereka mengeluarkan lagu cinta-cintaan, sudah pasti sangat sukses menghibur para STAY (sebutan resmi untuk para fans Stray Kids!). Yes, seperti lagu 'Hello Stranger', dimana lagu ini merupakan OST dari K-Drama yang berjudul 'Pop Out Boy!'. Percaya-lah, sekali mendengar lagu ini, kamu bakal repeat terus. 


    9.  'Spread My Wings (어린 날개)' - Mixtape


    Apakah adulthood membuatmu merasa gelisah? Karena lagu 'Spread My Wings' tentu akan mewakili perasaanmu, tentang rasa takut untuk menghadapi fase pendewasaan. Seperti yang sudah dikatakan, Stray Kids selalu punya lirik yang mampu 'mengobati' pikiran negatif. Add this to your list, ASAP


    10. 'Choronosaurus' - Clé 1: MIROH


    Selalu berkonsep unik, kali ini dalam lagu 'Choronosaurus' kembali memberi banyak metafora yang sangat relatable dengan kehidupan. Dari judulnya sendiri, 'Choro' diambil dari bahasa Yunani yang artinya 'waktu' dan 'Saurus' merupakan sebutan yang diambil dari makhluk dinoasaurus – merepresentasikan bahwa waktu adalah monster terbesar di dalam kehidupan, because we're always running out of time. Tak hanya judul dan liriknya saja yang menarik perhatian, lagu 'Choronosaurus' akan menyuguhkanmu dengan rock-genre, memberikan warna lagu yang cukup berbeda. Jujur, Cosmo sangat suka dengan MV-nya, best!


    11. 'Another Day (일상)' - GO LIVE


    Sekarang kita beralih ke sad song – lagu 'Another Day' adalah salah satu lagu tersedih dari Stray Kids yang berhasil bikin kamu semakin galau dengan kehidupan. Sentuhan musik akustik, suasana mellow jadi lebih terasa, cocok banget kalau didengar saat hujan. Meski lagu ini mengundang rasa sedih, namun fakta menariknya, 'Another Day' ditulis langsung oleh Han Jisung, mengekspresikan saat Ia sedang merasa down. We love this song and also Han Jisung!


    12. 'Mixtape: On Track (바보라도 알아’)' 


    Another love song! Dan kali ini, Stray Kids menceritakan tentang rasa patah hati dan penyesalan di dalam lagunya. Hal lain yang bikin kita jadi kegirangan adalah konsep MV-nya – mereka diceritakan sebagai siswa SMA, so cute! Ringan untuk didengar, dan sangat cocok untuk kamu yang sedang terjebak di dalam kisah cinta segitiga... Whoops.


    Dear STAY, kalau kamu sudah memasukkan lagu-lagu ini ke playlist, sekarang saatnya untuk ikuti Cosmo Quiz seputar Stray Kids, ya!


    (Nadhifa Arundati / Image: Dok. JYP Entertaiment)