Lifestyle

Sudah Nonton? Ini Serial Musikal Nurbaya yang Sarat Nilai Indonesia!

  by: Givania Diwiya Citta       30/7/2021
  • Girls, pastinya kamu sudah familier dengan cerita legendaris dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli. Namun apa jadinya jika adaptasi dari kisah melegenda ini dikemas dalam sebuah wujud serial musikalisasi dialog? It is superb! Dipersembahkan oleh www.indonesiakaya.com dan bekerja sama dengan Garin Nugroho, kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN), serta BOOW Live, serial musikal ini menyuguhkan kombinasi dari keindahan visual, akting dan koreografi mumpuni, juga balutan komposisi musik yang ear catchy






    Serial musikal yang diisi kental oleh pengaruh musik Minang dan pop era 70’an ini pun ditayangkan lewat kanal YouTube Indonesia Kaya, dan telah merilis episode pertamanya pada 1 Juli 2021 lalu. Serial ini akan ditampilkan dalam 6 episode yang tayang setiap hari Kamis pukul 19.00, jadi jika kamu belum menontonnya, catch it up now until its finale next week!





    Uniknya, serial musikal ini berhasil menaklukkan tantangan dalam memadukan teknik mengemas panggung teater dan teknik menggarap film, agar dapat memberikan visualisasi yang menarik di tiap episodenya. Tentunya, perkawinan ini tak selalu mudah karena adanya keterbatasan produksi selama pandemi, terlebih jika kita telah terbiasa dalam menikmati pertunjukan teater secara langsung. Namun dengan hasil kerja kreatif dari sang sutradara teater, komposer musik (yang membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk menciptakan musik, dan empat bulan untuk mengaransemennya!), serta seluruh penulis naskah, penata koreografi, hingga para pemeran, audio dan visualisasi serial musikal ini amat memanjakan mata dan telinga!






    Tentang para karakter dalam serial musikal ini, selain Nurbaya, Samsul Bahri, dan Tuan Meringgih yang jadi karakter utama, ada beberapa karakter menarik yang memegang kunci cerita. Di antaranya Etek Rahma yang diperankan Nola Be3, Isabella yang diperankan Galabby, dan Lakeswara yang diperankan Beyon Destiano. Fleksibilitas dan keterbukaan ruang untuk para pemeran dalam mendalami serta mengeksplor cerita juga semakin membuat para karakter ini otentik, lho! Just pay attention to those surprising twists. ;-)




    BRB, Cosmo sedang stand by untuk episode terakhirnya.


    (Givania Diwiya / Images: Dok. Indonesia Kaya)