Beauty

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Daith Piercing: Rasa Sakit & Risikonya

  by: Astriana Gemiati       30/7/2021
  • Serius, setiap kali scroll feed Instagram, saya meyakinkan diri sendiri bahwa saya (sebenarnya) butuh piercing lagi. Ada begitu banyak cara terbaik untuk mengatur telinga akhir-akhir ini sehingga sulit untuk tidak ingin menumpuk dan melapisi sampai kamu memiliki sekitar nol ruang tersisa. Penempatan terbaru yang membuat saya terobsesi? Daith piercing—alias tulang rawan kecil yang terlipat tepat di atas pintu masuk saluran telinga yang terlihat sangat cantik dengan anting-anting melingkar yang mewah.


    Dan, karena saya tahu kamu tertarik—maksud saya, bahkan nama "daith" sendiri cukup menarik—saya menyusun panduan praktis ini untuk menindik daith kamu, termasuk seberapa sakitnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sembuh, dan begitu banyak lagi. Yang perlu digaris bawahi bahwa kamu pasti tidak akan dapat melewati info ini tanpa membuat janji temu (katakan saja!)



    Apa itu daith piercing?

    Daith piercing terletak di lipatan terdalam tulang rawan telinga kamu (sedikit di atas saluran telinga kamu). Selain fakta bahwa mereka terlihat sangat cantik—terutama bila dikombinasikan dengan daun telinga dan heliks yang dihias— daith piercing juga secara anekdot dianggap meredakan migrain dengan mengaktifkan titik tekanan yang menenangkan di telinga. Shannon Freed, manajer senior operasi penindikan di Studs, mengatakan tidak ada bukti ilmiah atau medis untuk mendukung klaim ini, tetapi menunjukkan fakta bahwa praktisi acupressure/acupuncture sering kali menunjukkan titik titik untuk mengobati penyakit seperti migrain, ketegangan, dan sakit kepala cluster (artinya bisa bekerja untuk kamu, tapi itu bukan jaminan).



    Tentu saja, daith piercing bukan untuk semua orang. Tidak seperti, katakanlah, lobus, tulang rawan cukup unik untuk kamu dan telinga kamu. Semakin kecil tulang rawan, semakin kecil kemungkinan kamu bisa menusuknya (fakta menyenangkan: Saya menemukan saat menulis cerita ini dan melihat dari dekat ke telinga saya sendiri bahwa saya sebenarnya tidak memiliki ruang untuk daith piercing, well...). Itulah mengapa Freed mengatakan bahwa penting untuk menemui professional piercer yang dapat menilai anatomi telinga kamu sebelum melanjutkan dengan penempatan (alias sama sekali tidak membuat penindikan ini, tolong dan terima kasih).


    Seberapa menyakitkan daith piercing?


    Photo: MIXI IGNACIO (cosmo.ph)


    Tak perlu dikatakan bahwa rasa sakit sepenuhnya bersifat pribadi—apa yang sangat tak tertahankan bagi kamu mungkin baik-baik saja untuk teman kamu. Konon, Freed mengatakan kamu biasanya dapat mengharapkan daith piercing kamu terasa sangat mirip dengan penindikan tulang rawan bagian atas (seperti area rock), yang biasanya lebih menyakitkan (dan lebih sulit untuk disembuhkan) daripada lobus kamu. Selain cubitan cepat dan sedikit mata berair, kamu seharusnya tidak mengharapkan iritasi atau rasa sakit yang berkepanjangan, selama kamu merawatnya dengan benar. Berbicara tentang…


    Berapa lama masa penyembuhan daith piercing?

    Setiap telinga berbeda, tetapi secara umum, Freed mengatakan daith piercing dapat memakan waktu 6 hingga 12 bulan untuk sembuh sepenuhnya. Dan, bukan berarti tindikan kamu akan terasa sangat sensitif selama proses penyembuhan—tetapi itu berarti kamu harus sangat ketat membersihkannya secara teratur. Pastikan kamu dengan lembut membersihkan daith piercing kamu dua atau tiga kali sehari dengan larutan garam atau sabun tanpa pewangi—dan jauhi alkohol gosok, hidrogen peroksida, dan salep, kata Freed.


    Kamu juga ingin melakukan yang terbaik untuk membiarkan tindikan kamu sendiri, jelasnya, jadi tidak ada sentuhan atau puntiran (segimana mungkin menggoda!). Satu hal lagi: Setiap kali daith piercing kamu mengenai T-shirt, sarung bantal, atau handuk mandi, itu dapat mengiritasi lubang kamu dan memperpanjang proses penyembuhan, jadi hindari kecelakaan apa pun dengan sangat waspada terhadap tindikan kamu


    Baca juga: Wajib Coba 7 Posisi Tindik Telinga Yang Sedang Populer


    Bagaimana cara mengganti perhiasan daith piercing?

    Kunci untuk mengganti perhiasan daith adalah pertama-tama memastikan tindikan kamu sudah benar-benar sembuh. Ingat: tindikan ini membutuhkan waktu untuk sembuh, jadi jika kamu tidak yakin, pesanlah janji temu lanjutan dengan piecer kamu—mereka akan dapat mengintip (dan bahkan membantu menukar perhiasan jika/ketika kamu sudah siap) sebelum kamu mulai. Freed mengatakan daith biasanya ditusuk dengan cincin atau barbel melengkung, jadi ingatlah tips ini ketika saatnya tiba untuk menukarnya dengan sesuatu yang baru:




        • Rings: Freed mengatakan studio piercing seperti Studs menggunakan clicker, yang memiliki tiang kecil yang dilekatkan pada cincin dengan engsel dan "klik" ditutup. "Untuk mengubahnya, tarik perlahan segmen yang lebih kecil dari segmen yang lebih besar dan buka," jelasnya.

          

        • Barbel melengkung: Mulailah dengan menggenggam barbel melengkung dengan ibu jari dan jari telunjuk kamu, kata Freed. "Kemudian putar salah satu bola—keduanya bisa dilepas—ke kiri, berlawanan arah jarum jam." P.S: Jika kamu melepas perhiasan di atas wastafel, pastikan kamu meletakkan sumbatnya di bawah agar anting-anting kamu tidak hilang!.


    Sisi mana yang harus kamu pakai daith piercing untuk mengatasi migrain?

    Seperti yang Cosmo katakan, tidak ada jaminan bahwa mendapatkan daith piercing akan membantu mengatasi migrain, tetapi jika kamu bersedia bertaruh, yang terbaik adalah memilih sisi kepala kamu yang migrain dan terasa paling menonjol. Jika migrain kamu tidak spesifik pada satu sisi, tindik telinga yang bukan tempat posisi tidur kamu—ini akan membuat proses penyembuhan kamu lebih lancar (dan, rasanya, tidak terlalu menyakitkan). Dan, bahkan jika daith piercing tidak menghentikan migrain kamu, setidaknya kamu akan memiliki beberapa perhiasan baru yang sakit, bukan? 


    Berapa biaya daith piercing?

    Biaya daith piercing kamu tergantung pada beberapa hal: (1) ke mana kamu pergi dan (2) perhiasan apa yang kamu pilih. Di kota Jakarta, daith piercing biasanya mulai dari Rp200.000,- sampai Rp350.000,- belum termasuk harga perhiasan, meskipun harganya pasti lebih mahal. Pada akhirnya, cobalah untuk mengingat bahwa tindik adalah lubang harfiah di tubuh kamu— jadi meskipun studio tato mungkin menawarkan penawaran jasa ini, ada baiknya kamu ke tempat khusus tindik.  


    Akhir kata...

    Jika satu-satunya alasan kamu melakukan daith piercing adalah untuk membantu meringankan migrain, mungkin bijaksana untuk melihat opsi lain. Tetapi jika kamu menyukai vibes yang keren dan terkurasi (alias ini semua tentang ~ estetika ~), tidak ada alasan kamu tidak harus mendapatkan daith piercing. Selama piercer kamu dapat mengakses area tersebut (yaitu, tulang rawan kamu tidak terlalu kecil), kamu tidak perlu terlalu khawatir tentang hal itu. If worse comes to worse, you take it out—itulah keindahan tindik.




    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Instagram)