Better You

Cara Sederhana Agar Si Bos Terkesan

  by: RedaksiCosmopolitan       2/8/2011
  • Di dunia ini, mungkin salah satu mahkluk yang sulit dimengerti adalah atasan Anda. Walaupun beragam perilaku untuk menyenangkan hatinya sudah Anda lakukan – mulai dari datang lebih awal, menyelesaikan tugas lebih cepat, sampai lembur – tetapi tetap saja Anda tidak dianggap oleh bos Anda. Well, kalau masih terus begitu, maka tidak ada salahnya kalau Anda mengubah taktik demi promosi yang Anda idam-idamkan. Kuncinya, cobalah untuk fokus pada hal-hal kecil yang sekilas tidak nampak namun ternyata membawa dampak psikologis.

     



    Perbaiki Tulisan Tangan Anda

    Untuk urusan di luar dokumen pekerjaan – seperti memo, kartu ucapan terima kasih, atau ucapan selamat saat bos Anda sukses memenangkan tender – sebaiknya gunakan tulisan tangan. Selain bersifat personal, tanpa Anda sadari goresan pena itu juga menggambarkan kepribadian Anda. Walaupun bos Anda bukan seorang Grafolog, tapi dengan tulisan tangan yang baik dan teratur akan memberikan kesan bahwa Anda adalah seorang yang bisa dipercaya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan rapi.


     

    Pilih Aroma Parfum yang Tepat

    Pemilihan aroma parfum yang tepat dapat memberikan impresi di hadapan kolega bahwa Anda adalah seorang yang menyenangkan. Untuk itu, cobalah parfum yang beraroma ringan, lembut, dan segar namun tidak menusuk hidung. Dengan menjadi pribadi yang disukai, maka kerjasama tim pun bisa terjalin baik. Tentunya hal itu akan berdampak baik untuk karier Anda. Selain itu, penggunaan aroma parfum yang tepat ternyata bisa meningkatkan memori, energi, dan konsentrasi lho.



     

    Latih Bahasa Tubuh

    Saat Anda berbicara dengan atasan usahakan agar Anda tidak terlihat sebagai seorang yang tertutup. Posisikan agar tangan Anda tetap berada dalam jangkauan mata bos. Sebaiknya jangan pula menggerakan tangan secara berlebihan. Pesan yang Anda sampaikan saat berbicara dengan atasan akan mengalami distorsi karena si bos terlalu sibuk memperhatikan gerakan tangan Anda. Dengan bahasa tubuh yang baik, itu artinya Anda juga bisa berkomunikasi dengan baik. Dan ingatlah bahwa komunikasi yang baik sangat dibutuhkan saat Anda didaulat untuk merepresentasikan perusahaan.

     

    Gunakan Warna yang Tepat

    Masih ingat dengan idiom: Anda adalah apa yang Anda pakai. Karena itu jangan heran kalau pemilihan warna pakaian yang tepat juga dapat memberikan dampak psikologis tertentu. So, ladies jika Anda ingin memberi kesan bahwa Anda adalah seorang yang memiliki kematangan berpikir, maka warna hitam bisa menjadi pilihan. Warna ini bisa membuat Anda tampak layak dipercaya untuk diberikan tanggung jawab. (Calvin Hidayat/VP/Image: dok. Google)



    tags: cara, psikologi