Better You

Makanan Sehat untuk Sahur dan Berbuka

  by: RedaksiCosmopolitan       3/8/2011
  • Bagi Anda yang sedang menjalani ibadah puasa, sahur dan berbuka adalah kesempatan paling baik untuk mengembalikan energi tubuh agar senantiasa sehat. Agar kesempatan itu tak terbuang sia-sia, penting Anda ketahui makanan mana yang termasuk dalam kategori SEHAT untuk Anda konsumsi. And as usual, Cosmo akan dengan senang hati membeberkannya pada Anda.


    Saat Sahur



    Do's

    1. Perbanyak minum air putih untuk keperluan mineral selama satu hari. Jangan sampai Anda menderita dehidrasi akibat kurangnya asupan cairan dalam tubuh yang dapat mengakibatkan turunnya konsentrasi, lemas, bahkan hingga pingsan.


    2. Konsumsi vitamin atau suplemen jika diperlukan. Hal ini akan menjaga kesehatan tubuh lebih baik lagi karena kadar vitamin itulah yang nantinya akan memenuhi kebutuhan tubuh sehari penuh.

    3. Konsumsi jus buah segar tanpa gula. Pilih buah yang banyak mengandung air seperti melon, jeruk, semangka. Selain menyegarkan, kandungan gizi dan vitaminnya sudah tersedia secara alami.

    4. Makan makanan berserat seperti halnya nasi merah, roti gandum, muesli, atau oatmeal. Jenis-jenis makanan ini akan menunda rasa lapar jauh lebih lama.


    Dont's

    1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak. Selain kurang baik bagi kesehatan, makanan ini juga kaya akan radikal bebas yang menjadikan manfaat puasa bagi tubuh Anda jadi berkurang.

    2. Kurangi konsumsi makanan olahan seperti sosis, nugget, ataupun kornet. Memang jenis makanan ini lezat dan praktis. Namun lemak yang terdapat di dalamnya akan membuat Anda gemuk serta nihil gizi.

    3. Do diet! Honey, puasa bukanlah saat yang tepat untuk diet. Yang perlu Anda ingat adalah mengonsumsi makanan bergizi secukup mungkin karena asupan kalori otomatis semakin minim. So, jangan sampai Anda sengaja melewatkan sahur ya.

    Saat Berbuka



    Do's

    1. Minumlah teh hangat yang tidak mengandung banyak gula sebagai pembuka. Minuman ini amat baik bagi perut Anda yang kosong selama satu hari penuh.

    2. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah.

    3. Minum lagi air putih minimal 1 liter sejak Anda berbuka hingga akan pergi tidur.

    4. Awali dengan melahap snacks yang tidak menggunakan pewarna dan pemanis buatan.

    5. Jangan lupa selalu sediakan granola atau muesli bar di dalam tas Anda. Jika satu saat Anda terjebak macet, Anda bisa berbuka dengan makanan kecil yang sehat itu. Tapi ingat, jangan pilih yang terlalu manis ya.

    Dont's

    1. Hindari segala jenis makanan berminyak karena bisa mengikat gula darah sebanyak 20%.

    2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan jumlah karbohidrat berlebih.

    3. Makan atau minum sesuatu yang terlalu dingin dan manis. Ini akan mengakibatkan perut Anda terserang rasa kram sesaat setelah mengonsumsinya.

    4. Minum soda atau minuman penambah tenaga. Minuman ini terlalu keras untuk perut yang kosong dan tak terlalu baik bagi kesehatan. (Rengganis Parahita/SW/Image: dok. Google)