Better You

Tetap Fokus Bekerja di Saat Puasa

  by: Redaksi       3/8/2011
  • Dear, tak bisa dipungkiri, bulan Ramadhan pasti mengubah pola hidup. Anda jadi harus bangun lebih pagi, menahan rasa lapar, haus, dan juga menahan nafsu seks. Namun jangan jadikan puasa sebagai alasan kalau Anda jadi sering kehilangan konsentrasi bekerja secara maksimal. Tenang, ladies! Cosmo akan memberikan beberapa tip agar Anda tetap fokus menyelesaikan pekerjaan di bulan puasa ini.

    Atur agar waktu tidur cukup

    Di bulan puasa, bangun dini hari untuk sahur seringkali membuat pola tidur Anda jadi sedikit terganggu. So, pastikan agar Anda tetap mempertahankan waktu tidur. Caranya, tidurlah lebih awal dari waktu tidur Anda biasanya sehingga waktu tidur normal (6-8 jam) tetap terjaga. Hal ini penting agar Anda tidak mengantuk ketika harus bangun sahur dan beraktivitas di tempat kerja.



    Pilih menu sahur yang tepat

    Saat sahur pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat rumit, kaya serat, rendah lemak, serta mengandung protein tinggi, misalnya beras merah, sayur-sayuran, daging ikan, atau dada ayam. Anda juga bisa memilih jus buah atau sayur sebagai minuman. Selain kaya nutrisi, kandungan yang terdapat dalam jus buah juga baik untuk membantu Anda agar tetap fit selama berpuasa.

    Gunakan waktu tidur secara maksimal



    Rasa kantuk setelah sahur pasti sering menyerang Anda. Dan parahnya, efek ini memang sedikit menyiksa. Tapi Anda bisa menyiasatinya lho, dear. Manfaatkan waktu dalam perjalanan dari rumah ke kantor (atau sebaliknya) dengan tidur. Jika rasa kantuk itu datang di siang hari, Anda bisa manfaatkan waktu makan siang yang tidak terpakai untuk istirahat sejenak.

    Jaga stamina dengan melakukan seks kilat

    Menjaga stamina selama puasa itu sangat penting agar Anda bisa tetap fokus dalam bekerja. So, jika selama ini ritual seks Anda bersama pasangan dilakukan dengan posisi yang rumit dan foreplay yang cukup lama, maka selama ramadhan ini Anda bisa switch dengan melakukan quickie. Hal ini bisa menghemat energi Anda selama bulan puasa sekaligus tetap menjaga romantisme antara Anda dengan pasangan. (Calvin Hidayat/VP/Image: dok. Google)