Better You

5 Kesalahan Umum Saat Berpuasa

  by: Redaksi       8/8/2011
  • Puasa di bulan Ramadan menjadi salah satu kewajiban untuk setiap Muslim. Namun tak jarang, ada yang kurang memaknai bulan Ramadan dengan baik, sehingga "puasa" seringkali dijadikan "alasan" untuk berkelit atas hal-hal yang kurang baik. So, untuk itu Cosmo akan mengingatkan kembali untuk Anda, lima hal yang jangan Anda jadikan alasan selama melakukan ibadah puasa. Sederhana, namun seringkali dilakukan.

    Datang terlambat

    Bulan Ramadan boleh jadi cenderung membuat pola tidur menjadi kurang teratur. Perubahan jam tidur akibat bangun dini hari untuk melakukan sahur, mungkin membuat Anda bangun tidak tepat waktu. Namun sebetulnya Anda bisa mengatasi kekurangan tidur seperti itu, dengan tidur di sepanjang perjalanan menuju kantor, atau tidur siang sejenak selama 20-40 menit saat istirahat siang. So, dengan tercukupinya waktu tidur, maka bangun kesiangan sesungguhnya bukan lagi jadi alasan untuk terlambat ke kantor.



    Malas karena tidak fokus

    Waktu baru memasuki tengah hari, namun Anda sudah merasa lemas dan sulit berkonsentrasi saat bekerja. Hal seperti itu biasanya terjadi karena otak kekurangan pasokan gula darah. Untuk mengatasinya, saat sahur cobalah untuk memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks (nasi merah, gandum, ubi). Sifatnya yang lebih lama terurai, membuat pasokan gula darah dalam tubuh bertahan lebih lama, sehingga otak Anda bisa fokus bekerja untuk waktu yang lebih lama.

    Penampilan kurang maksimal

    Dengan berpuasa, bukan berarti Anda harus terlihat seperti seorang yang tidak bergairah hidup. Merasa lesu itu wajar terjadi, karena tubuh kekurangan cairan, tapi ada solusinya kok. Untuk mencegah kekurangan cairan saat berpuasa, bisa Anda lakukan dengan memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Dengan melakukan hal tersebut, maka kebutuhan air minimal 8 gelas sehari bisa tetap terpenuhi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pelembab di wajah dan bibir untuk menjaga kesegaran penampilan Anda.



    Membiarkan mulut berbau tidak sedap

    Seringkali bau mulut terjadi tanpa Anda sadari. Hal ini wajar terjadi karena tidak adanya asupan cairan dan makanan yang masuk, menyebabkan sekresi saliva menjadi menurun, sehingga bakteri berkembang dan menyebabkan bau. Untuk mengatasi bau tidak sedap seperti itu, cukup Anda menggosok gigi secara teratur, atau dengan menggunakan obat kumur untuk menekan perkembangan bakteri. Selain itu, jangan lupa untuk menghindari makanan sahur yang dapat memicu bau mulut.

    Makan tidak terkontrol

    Saat berbuka puasa bukanlah saat Anda membalas dendam karena seharian tidak makan. Anda harus waspada, karena makan secara berlebihan saat berbuka dapat menyebabkan berat badan bertambah dengan cepat. Apalagi dengan menu berbuka yang biasanya mengandung kalori tinggi dan berlemak seperti gorengan dan kolak. Ditambah lagi dengan aktivitas tubuh yang biasanya menurun saat puasa. Untuk mengatasinya, kendalikan nafsu makan Anda, konsumsilah makanan dengan secukupnya.(Calvin Hidayat/DI Foto: dok. Google)