Better You

5 Makanan Untuk Kurangi Rasa Sakit Menstruasi

  by: Redaksi       9/8/2011
  • Masa menstruasi Anda memang hanya beberapa hari setiap bulannya. Namun jika Anda menderita akibat rasa sakitnya, maka beberapa hari itu rasanya bisa menjadi hari-hari terburuk dalam hidup Anda! Tapi tenang dulu, seperti dikutip dari Cosmo Australia, ternyata beberapa makanan berikut dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit saat tamu rutin bulanan itu tiba.

    Susu
    Mengonsumsi dosis kalsium sekitar 1200 miligram setiap harinya, dapat menolong Anda mengurangi rasa sakit saat menstruasi tiba. Untuk mendapatkan kandungan kalsium yang tinggi, Anda bisa memulai untuk meminum susu dan berbagai produk variannya seperti yoghurt atau keju. Jika Anda memiliki alergi laktosa, cobalah alternatif seperti broccoli, yang memiliki kandungan kalsium yang juga tinggi.

    Pisang
    Kandungan Vitamin B6 yang tinggi, bisa Anda temukan dalam pisang. Vitamin B6 ditengarai memiliki fungsi untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi. So, jika Anda ingin mengurangi rasa nyeri, dan mengembalikan mood saat menstruasi, maka pisang bisa menjadi pilihan tepat. Sumber vitamin B6 lain bisa Anda temukan dalam daging ayam dan gandum.



    Kacang-Kacangan
    Makanan yang kaya magnesium seperti kuaci, kacang, dan kacang mete, menurut beberapa studi dapat menolong Anda untuk mengurangi rasa sakit di perut dan mood yang buruk. Magnesium juga dapat membantu Anda untuk mengurangi penyimpanan cairan di dalam tubuh.

    Sardin
    Jika Anda merupakan pencinta sea food, maka sarden selain nikmat ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Dengan kandungan asam lemak Omega-3 yang bisa mengurangi kram saat menstruasi, sarden juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi.




    Nanas
    Kaya akan kandungan mangan, nanas sangat cocok untuk mengangkat kembali mood Anda, dan mengurangi penumpukan air di dalam tubuh. Sumber makanan lainnya yang memiliki kandungan mangan dalam jumlah yang baik untuk tubuh adalah nasi merah dan raspberri. (Calvin Hidayat/DI. Gambar Dok. Google)