Man Corner

4 Macam Kebohongan Pria

  by: Redaksi       16/8/2011
  • Pria tak jarang berbohong untuk menutupi sejumlah fakta tentang diri atau perbuatannya dengan berbagai alasan. Faktanya, menurut Survei Science Museum Inggris, seperti dilansir BBC, menunjukkan bahwa pria ternyata lebih suka berbohong dibandingkan wanita. Menurut survei itu, pria juga kerap merasa tak bersalah atas perbuatannya. Survei yang melibatkan 3.000 orang tersebut, mencatat bahwa pria berbohong tiga kali dalam sehari, yang berarti 1.092 kali dalam setahun. Sedangkan wanita terhitung berbohong dua kali sehari, yang jika ditotalkan berarti 728 kali dalam setahun. Berikut Cosmo sebutkan macam-macam tipe kebohongan yang dimiliki oleh pria.


    Kebohongan Diplomatis
    Sering pria berbohong hanya agar tidak menunjukkan kenyataan, yang akan menyakiti hati orang lain. Contohnya, pria sering menghindar untuk menyebutkan bahwa seorang wanita berpakaian buruk. Pria akan berkata, "Dress yang Anda pilih bagus kok, saya suka. Tetapi memakai dress hitam itu juga sama bagusnya." Kebohongan seperti itu dilakukan pria sebenarnya untuk menghindari konflik, atau demi menyenangkan pasangan.


    Kebohongan Impresi
    Tipe kebohongan seperti ini dilakukan pria, untuk membuat citra yang menarik perhatian dari lawan jenis. Walau begitu, kebohongan ini dilakukan oleh pria dengan menyesuaikan usia wanita yang diincar. "Saya punya mobil mewah dan lulusan universitas luar negeri." Biasanya kebohongan itu hanya berhasil pada wanita yang masih muda. Sedangkan untuk wanita yang lebih dewasa, pria biasanya menarik sisi keibuan yang terdapat dalam diri mereka.




    Kebohongan Ego
    Pria sulit sekali menerima bahwa dirinya melakukan kegagalan. Dengan kultur yang mengharuskan agar pria harus menjadi kuat, maka pria seringkali berbohong utuk menutupi kelemahannya. Berusaha menunjukkan bahwa dia mampu menghadapi berbagai masalahnya sendiri, tanpa bantuan.  Takut akan kehilangan respek dari wanita yang dicintainya. Padahal saling support satu sama lain adalah ciri hubungan sehat.




    Kebohongan Seksual
    "Darling, you're the best!", adalah kebohongan yang pria sering katakan di atas ranjang. Sejumlah pria menyembunyikan ketidakpuasan seksualnya, dengan tetap berharap bahwa suatu saat pasangannya akan berubah. Namun sesungguhnya, tidak mengomunikasikan ketidakpuasan yang ada, dapat menjadi bom waktu, yang pada akhirnya dapat menyebabkan perselingkuhan. Keintiman sangat bergantung pada kejujuran. (Calvin Hidayat/DI/Image: dok. Google)

    tags: man, lie, behavior