Better You

Habiskan THR Anda dengan Tepat

  by: Redaksi       16/8/2011
  • Baru mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR)? Habiskan saja. Kurang lebih itu adalah saran yang dibagikan oleh Ligwina Hananto, Financial Planner, dalam acara buka puasa bersama Tupperware Indonesia di TupperWare Home, Jakarta, pada 15 Agustus 2011 lalu. Namun bukan berarti Anda menjadi sembarangan menghabiskannya dengan berbelanja tanpa perencanaan matang. Justru Anda harus mengelola pemasukan THR yang didapat dengan tepat. "Kita harus melihat bahwa penghasilan tahunan harus matching dengan pengeluaran yang sifatnya tahunan," jelas Ligwina. Adapun konsep matching yang dimaksud Ligwina adalah penghasilan tahunan sama dengan pengeluaran tahunan. Cosmo merangkum poin-poin dari Ligwina berikut untuk Anda.

    Pengeluaran tahunan

    Liburan, biaya STNK, asuransi adalah beberapa jenis biaya tahunan yang biasa Anda bayarkan. Sedangkan THR, selain bonus adalah salah satu sumber pendapatan tahunan. Untuk itu, Anda bisa mengalokasikan pendapatan THR untuk membayar biaya-biaya tahunan tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu menganggu perencanaan keuangan bulanan dengan pengeluaran tahunan seperti itu.



    Biaya hari raya

    Pulang ke kampung halaman, belanja atau membelikan baju baru, membagi kue kering dan kudapan untuk keluarga, adalah serangkaian biaya yang biasanya Anda keluarkan saat hari raya tiba. Namun semuanya itu bertujuan agar Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan cara berkualitas. So ladies, tak ada salahnya menikmati momen berbagi di hari raya yang hanya datang setahun sekali.

    Parsel dan bingkisan



    Memberikan bingkisan kepada kerabat dan orang-orang terdekat bisa menjadi simbol afeksi dan kepedulian. Sehingga pemberian dari Anda sangat penting untuk menjaga hubungan baik yang sudah terjalin. Dalam jangka waktu panjang, tentunya dengan memiliki relasi baik dengan banyak orang, akan sangat berguna dalam perkembangan karier Anda ke depannya. So, jangan ragu untuk mengalokasikan dana Anda.

    Berbagi dengan sesama

    "Ada hak-hak orang lain dalam THR dan bonus kita," jelas Ligwina. THR yang didapatkan tentunya harus disalurkan lagi kepada orang yang bekerja untuk kita seperti pembantu atau supir. Well ladies, tidak ada ruginya kok untuk berbagi kebahagiaan di hari raya, apalagi kepada orang-orang yang setiap harinya membantu Anda agar bisa beraktivitas dengan optimal. So, jangan lupakan untuk memberikan mereka THR ya. (Calvin Hidayat/DI Image: dok. Google)