Lifestyle

A Fabulous Day in Yogyakarta

  by: Redaksi       26/8/2011
  • Liburan benar-benar sudah di depan mata, ladies. Apakah Anda punya rencana ke Yogyakarta? Well, baru-baru ini, Cosmo menginjakkan kaki di kota Gudeg. Meski hanya semalam, it was a lot of fun! Kalau Anda sudah terlampau sering mengunjungi candi, atau historic site lain seperti Kraton dan Taman Sari, kali ini agenda Anda di Jogja akan lebih menyelami kultur yang cantik dan menikmati kuliner with a view. Baik bersama the girls atau si dia, berkut agenda yang oh-so-Cosmo!

    CHECK IN: Sheraton Mustika Yogyakarta

    Cosmo loves Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa! Hanya 5 menit dari bandara, Anda akan disambut dengan bangunan dan air terjun megah menyerupai Taman Sari. Jadi begitu sampai di hotel, Anda akan langsung merasakan “Yogya”. Lobinya terletak di lantai 7 (mengikuti bentuk asli kontur bukit & lembah), dan atmosfernya begitu serene dan calm. Anda akan disambut dengan refreshment dan segelas Sirai, welcome drink yang terbuat dari lemongrass segar dan daun mint, sempurna setelah perjalanan panjang. Harga di sini juga tidak terlalu mahal, kok. Cosmo nyaris tersedak ketika membeli kue di bakery, dan hanya membayar Rp7.500 saja karena mendapatkan diskon sebesar 50% untuk setiap pembelian setelah pukul 5 sore. Androwino Bistro yang terletak di lantai tujuh memberi pemandangan ke arah Gunung Merapi yang sangat cantik. Executive Sous Chef asli lokal akan menjamu Anda dengan hidangan wajib coba seperti Nasi Ulam. Ingin ke pusat kota? Tak perlu bayar taksi, dear. Tersedia shuttle gratis yang siap mengantar ke Malioboro, atau bandara! And speaking about the pool... Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa baru-baru ini mempatenkan bentuknya yang unik dan berkelok-kelok. Satu kata untuk hotel ini: GRACIOUS. (RSVP: (+62 274) 488588/www.sheraton.com/yogyakarta)

    FIRST STOP: Museum Affandi

    Siapa yang tak kenal pelukis maestro ini? Karya-karyanya telah mendunia dan dibeli dengan harga begitu tinggi. Tapi uniknya, ia tetap down-to-earth, dan mendedikasikan hidupnya bagi kemurnian seni. Di museum ini, Anda akan melihat hidup pelukis ini lebih dalam lagi. After-all, di sinilah ia tinggal semasa hidupnya. Jadi di luar deretan karya yang tak akan pernah mau dijualnya, Anda bisa melihat mobil yang selalu ia pakai (sebuah gallant yang telah dimodifikasi membentuk seperti ikan), kamar tidurnya, dan terakhir, tempat ia disemayamkan. Affandi memilih untuk beristirahat terakhir kali di antara karya-karyanya, dan lewat museum ini, Anda akan mengetahui trivia-trivia yang hanya diketahui “orang rumah”, seperti bagaimana ia selalu menolak untuk mandi, dan kecintaannya akan daun pisang. Definitely worth a visit. (INFO: (+62 274) 562593)

    SECOND STOP: Museum Ullen Sentalu

    Saat pertama kali menginjakkan kaki ke Ullen Sentalu, Cosmo terhenyak. It's really, really beautiful. Memang belum banyak yang tahu tentang keberadaan tempat ini (ditambah dengan lokasinya yang agak tersembunyi di Kaliurang), tapi Anda dijamin tak akan menyesal mendatanginya. Dikelola oleh pihak swasta, Ullen Sentalu dibangun dengan arsitektur ala country home dari batu bata, dinaungi oleh deretan pepohonan rindang, dan setiap koleksinya disusun dengan apik. Kalau di Kraton Anda banyak mendengar cerita tentang para pangeran, di sini Anda akan mengenal lebih dalam tentang para Putri dan permaisuri. Yang mana yang diam-diam terobsesi dengan fashion, lalu menggabungkan kebaya dengan fur? Yang mana yang berakhir patah hati? Dan yang mana yang pernah menolak cinta mantan Presiden Soekarno? Lewat lukisan, foto, dan kumpulan barang-barang hasil kurasi Ullen Sentalu, Anda akan terbuai dengan cerita para wanita-wanita dari kebudayaan Jawa. Di akhir tur, Anda akan disuguhkan minuman yang kerap diminum para permaisuri Kraton. Ya, supaya tetap awet muda seperti mereka. (INFO: (+62 274) 895161/www.ullensentalu.com)

    LUNCH: Beukenhof, Ullen Sentalu

    Selesai berkeliling museum, jangan langsung pulang. Langkahkan kaki ke atas dan nikmati makan siang di resto Beukenhof. Kalau atmosfer di museum terasa begitu “Javanese”, di sini Anda akan merasa “Dutch”. Duduklah di teras, memandang langsung pada hamparan bunga bougenville berwarna-warni dan deretan pohon pinus yang sangat jarang di Jakarta. Udaranya yang sejuk sangat sempurna untuk Anda menikmati segelas red wine, ditemani pilihan menu western yang menggugah selera. Dan coba dengar baik-baik.... Alunan lagu Michael Bublé diputar untuk Anda. How very romantic. (RSVP: (62-274) 895131/www.ullensentalu.com)

    THE REST OF THE DAY: Amanjiwo (Restaurant)

    Let's go see the sunset. Agar bisa sampai di sana tepat waktu, Anda memang perlu meninggalkan kota Yogyakarta lebih awal. Tapi perjalanan panjang ini akan terbayar dengan pemandangan mentari terbenam yang tak akan pernah Anda lupakan. Spot terbaik untuk melakukan ini, sudah pasti di restoran milik Amanjiwo. Pesan cocktail favorit Anda, lalu bersantailah di atas salah satu daybed yang menghadap langsung pada candi Borobudur. Yap, you heard it right. Jadi sunset yang Anda lihat di sini akan menjadi latar belakang dari candi megah ini. How much more majestic can it get, ladies? Have fun in Yogyakarta! (RSVP: (62- 293) 788333) (Putri Silalahi/Image: dok. Cosmopolitan, dok. Sheraton)