Better You

4 Langkah Menghemat Pengeluaran Saat Lebaran

  by: Redaksi       26/8/2011
  • Sebentar lagi hari raya Lebaran tiba, satu hal yang harus Anda pertimbangkan baik-baik dan disusun dengan benar, adalah seberapa besar uang yang akan Anda keluarkan. Anda tentu tidak mau over budget, sehingga THR yang didapatkan -seharusnya masih bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain- ternyata keluar untuk hal-hal pemborosan. Well, untuk itu ikuti tip berikut dari Cosmo, agar pengeluaran Anda tidak membengkak namun tetap bisa bersilaturahmi secara baik dengan keluarga.

    Membawa lunch dalam perjalanan

    Dalam perjalanan panjang yang memakan waktu berjam-jam, pengeluaran untuk makanan tentunya menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda menyiapkan makan siang sehat untuk disantap di dalam kendaraan, selain untuk menghemat juga baik untuk kesehatan Anda, yang boleh jadi akan memakan makanan penuh lemak saat hari raya Lebaran tiba.



    Menyusun daftar oleh-oleh

    Membeli oleh-oleh khas daerah asal untuk teman-teman, seolah sudah menjadi kewajiban. Namun tanpa perencanaan yang tepat, budget yang Anda keluarkan seringkali berlebih karena berbelanja dengan tidak terkontrol. So, tidak ada salahnya Anda membuat daftar oleh-oleh yang tepat untuk sahabat. Keuntungan lainnya? Anda juga tidak perlu kebingungan untuk memberikan oleh-oleh yang tepat.

    Menyiapkan uang kecil untuk THR

    Memberikan uang kepada saudara-saudara yang masih kecil bisa menjadi salah satu pos pengeluaran yang cukup besar saat lebaran tiba. Apalagi jika Anda lupa menyiapkan uang kecil, dan Anda tidak enak hati untuk menolak, sehingga harus terpaksa memberikan uang besar yang tersedia di dompet. Untuk itu, persiapkan uang kecil dalam jumlah cukup banyak, dan sudah dimasukkan ke dalam amplop-amplop.



    Mix and match baju-baju lama

    Menjadi kreatif di hari Lebaran dapat membuat Anda menyimpan pengeluaran lho. Coba deh, untuk mengkreasikan pakaian branded lama dengan baju baru. Mix and match yang tepat menjadikan penampilan tetap sempurna dan cantik di hari raya tanpa harus mengeluarkan budget berlebih. Be smart in managing your money, and stay gorgeous in Eid ul-Fitr, ladies! (Calvin Hidayat/DI/Image: dok. Google)