Better You

Must-Have: Emergency Fund

  by: Redaksi       13/8/2012
  • Hidup tak selalu sesuai rencana. Kadang muncul hal tak terduga yang bisa menguras emosi, waktu, dan, terutama, uang Anda. Satu waktu Anda mungkin bisa mengatasinya dengan mudah, namun saat tak ada simpanan uang yang bisa digunakan? It feels like a disaster, right? Oh dear, jangan biarkan hal buruk itu terjadi. Cosmo akan bantu Anda menyisihkan uang ke dalam emergency fund—nyawa cadangan saat masalah tak terduga datang menghampiri.

    Selesaikan Utang
    Sebagai permulaan, sebaiknya selesaikan dulu segala tunggakan kartu kredit atau semua pinjaman yang selama ini Anda miliki. Dan kalau memang jumlahnya cukup membuat mata Anda terbelalak,  just relax, dear! Anda cukup membuat skala prioritas yang harus didahulukan. Pada tahap ini, Anda harus konsisten untuk menyelesaikannya.

    Buka Rekening Tanpa ATM
    Fiuuuuh... Akhirnya lega, segala urusan telah lunas. Kini Anda sudah ada di tahap berikutnya: bersiap-siaplah untuk menabung. Trik jitu Cosmo adalah buka rekening baru tanpa membuat ATM. Ini berguna agar Anda tak menarik uang sesuka hati. Dengan begitu, uang di tabungan pun akan terselamatkan.



    10% Save, 90% Use
    Sebagai permulaan, sisihkan uang Anda setidaknya 10% untuk ditabung dan 90% sebagai pengeluaran selama sebulan. Usahakan jumlah ini tak habis hingga gajian berikutnya. Dan targetkan diri Anda untuk terus menambah jumlah persentase uang untuk ditabung.



    Batasi Akses
    Karena emergency fund hanya diperuntukan saat kepentingan mendesak yang tak pernah bisa Anda duga, maka batasi diri Anda. Jangan pernah mengambilnya hanya karena alasan ada sepatu baru yang begitu Anda inginkan, atau ada diskon besar-besaran di mal. Well honey, paksakan diri Anda untuk tidak mengutak-atik tabungan ini, atau pilihannya: unfabulously broke! (Muhtar Rais/SL/Image: Thinkstock)