Better You

Cure It with This!

  by: Febrina       16/8/2012
  • Saat having fun di waktu liburan, seringkali Anda atau orang-orang tedekat mengalami accident atau keluhan yang membuat panik karena, to be honest, Anda tidak tahu harus berbuat apa! Well darling, baca artikel ini dan jadilah rescuer dadakan yang bisa diandalkan.

    Digigit Serangga

    Do's: Kompres dengan kain flanel yang telah dibasahi. Ini adalah cara terbaik karena pembengkakan akan mengempis dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Pengolesan balsem atau minyak panas justru tidak akan memberi efek apa-apa.
    Don'ts: Penggarukan. Sebab aktivitas ini akan menyebar racun yang ada hingga bengkak akan membesar dan muncul di area lain.



    Keracunan Makanan

    Do's: Atasi dengan susu karena kandungan didalamnya amat baik untuk menetralisir racun. Selain itu, berikan obat penyerap racun secepatnya, seperti Norit.
    Don'ts: Menganggap ini hal biasa. Karena jika keracunan semakin parah bisa menimbulkan diare, dehidrasi akut, bahkan kematian.

    Mabuk Laut/Darat



    Do's: Sebelum melakukan perjalanan, minumlah air secukupnya karena salah satu penyebab mabuk perjalanan adalah dehidrasi. Lalu ganjal perut dengan makanan kecil seperti biskuit dan konsumsilah permen jahe. Selain obat anti mabuk, cara ini bisa membantu Anda mencegah mabuk.
    Don'ts: Mengonsumsi makanan yang sarat lemak dan minyak. Reaksi kedua kandungan ini pada tubuh adalah memudahkan pengonsumsinya merasa mual. Selain itu, hidnari membaca saat kendaraan tengah melaju ataupun memakai minyak panas untuk menggosok leher dan kepala.

    Sunburn

    Do's: Gosokkan ketimun atau kentang pada kulit yang perih karena terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari. Kedua jenis sayuran ini mengandung senyawa yang dapat mendinginkan luka bakar dan bisa mengurangi timbulnya pembengkakan.
    Don'ts: Mengaruk atau mengopek bagian kulit yang kering dan gatal. (Rengganis Parahita/Febrina/Image:Digital Vision/ThinkStock)