Better You

Avoid These Foods and Stay Young!

  by: Redaksi       30/8/2012
  • Siapa sih yang tidak ingin senantiasa terlihat muda? Pasti hampir setiap wanita menginginkannya, tak terkecuali Anda. Demi mewujudkannya terdapat banyak terobosan baru dalam dunia kecantikan supaya penampilan tetap terlihat fresh dan awet muda. But did you know, yang dibutuhkan untuk wajah tampil muda berseri sebenarnya cukup simpel? Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghindari konsumsi beberapa makanan dan minuman di bawah ini. Live long and stay young, ladies!

    Minuman berkarbonasi
    Siapa yang bisa menyangkal kesegaran minuman berkarbonasi? Apalagi kalau cuaca sedang luar biasa panasnya dan Anda meminumnya super dingin—heaven! Tapi, sebelum Anda membuka lemari es, ingat fakta yang satu ini, dear: minuman berkarbonasi memiliki kadar gula tinggi dan rendah nutrisi. Sebuah riset yang dilakukan para pakar di Harvard School of Public Health mengungkap sekaleng minuman berkarbonasi setiap hari bisa mengakibatkan seseorang mengalami kenaikan berat badan 7kg dalam jangka waktu setahun. You certainly don't want that, right?

    Alkohol
    Wine, bir, dan vodka merupakan deretan minuman beralkohol yang tentunya dapat semakin memeriahkan girls' night out bersama teman-teman. Namun, tahukah Anda, kalau asupan alkohol yang berlebihan dapat mengakibatkan dehidrasi sehingga kulit pun akan terlihat kering. Selain itu, alkohol juga akan membuat liver melepas zat yang akan memicu penuaan dini.



    Roti putih
    Makanan sarat karbohidrat ini mengandung sedikit serat sehingga termasuk ke dalam kategori makanan dengan indeks glikemik tinggi. Akibatnya? Makanan akan dicerna dan diserap ke dalam peredaran darah dengan sangat cepat, dan membuat kadar gula dalam tubuh melonjak dalam waktu singkat. Dan jika kadar gula sudah berlebih, kulit akan mudah iritasi dan kering.  Menurut Francesco Clark, pemilik produk perawatan kulit, Clark’s Botanicals, gula memang menjadi salah satu penyebab munculnya keriput dan penuaan dini.



    Kopi
    Uhmm, kopi memang menjadi “sahabat” setia saat menikmati me time di pagi atau sore hari. Tapi alih-alih menjadi tenang, too much coffee justru dapat meningkatkan hormon stres, lho. Salah satu hormon stres yang bernama kortisol malah dapat mengakibatkan penuaan dini. Selain itu, kadar kortisol yang melambung akan membuat otot-otot menjadi letih dan cepat menyusut. Yikes, better keep it to one cup a day, dear. (Febrina/SL/Image:iStockphoto/ThinkStock)