Lifestyle

4 Film Adaptasi Gagal

  by: Redaksi       29/8/2013
  • Bulan Agustus ini memang banyak film yang diadaptasi novel-novel fantasi populer, seperti Percy Jackson: Sea of Monsters dan Mortal Instrument: City of Bones. Film-film tersebut memang bukan yang pertama diinspirasi dari novel fantasi. Ada beberapa film adaptasi yang dinilai sangat sukses dalam mengangkat imajinasi pembaca, namun ada juga yang gagal. Hmm.. seperti apa ya film adaptasi yang dinilai gagal di mata penggemar novelnya? Simak! (Amanda Utari/IR/Image: Dok. Internet)


    1. The Golden Compass

    Diangkat dari novel trilogi fantasi karya Philip Pullman, film The Golden Compass dimeriahkan oleh akting Daniel Craig dan Nicole Kidman. Bercerita tentang seorang gadis Lyra Beacqua yang melakukan perjalanan untuk mencari teman yang hilang, Roger Parslow, dan anak-anak yang diculik lainnya. Dibanding dengan kesuksesan novelnya, filmnya justru dianggap kurang  berhasil menggarap cerita kuat di novelnya. Bahkan kualitas akting Daniel Craig dan Nicole Kidman tidak sanggup mendongkrak kesuksesan film tersebut dan hingga saat ini tidak ada kabar tentang kelanjutan sekuel filmnya.


    2. Percy Jackson

    Film pertamanya, Percy Jackson & The Olympians: The Lightning Thief telah gagal memenuhi ekspektasi para penggemar serial novel karya Rick Riordan ini. Faktor kegagalan yang utama adalah karena cerita dan tokoh yang dibuat jauh melenceng dari novelnya. Film keduanya pun, Sea of Monsters, digarap dengan biaya US$ 5 juta lebih sedikit dari biaya produksi film sebelumnya, dan tidak banyak melibatkan efek visual dan lokasi syuting yang variatif.





    3. Eragon

    Anda mungkin ingat bahwa film yang satu ini awalnya disebut-sebut sebagai the next Lord of The Ring. Namun apa yang terjadi kemudian? Para fans dibuat kecewa dengan film garapan Stefen Frangmeier ini karena kehilangan satu hal (yang mungkin paling penting), yaitu kesetiaan terhadap kisah aslinya—yang dalam kasus ini diangkat dari novel Inheritance Cycle karya Christopher Paolini. Banyak karakter dan adegan-adegan penting yang terdapat dalam buku dihilangkan di dalam film sehingga menjatuhkan penjualan film Eragon.


    4. City of Ember

    Film ini adalah adaptasi dari tetralogi Jeanne Duprau, The Book of Ember, dengan buku pertamanya berjudul The City of Ember. Oh yeah, Anda sekarang tahu bahwa film ini seharusnya dilanjutkan dengan tiga film lainnya, tapi hingga saat ini belum terdengar kabar kelanjutan film yang berkisiah tentang masyarakat yang terisolasi ini. Penyebabnya karena film pertamanya saja tidak mendapat rating yang terlalu bagus hingga produser enggan meneruskan film lanjutannya.