Career

Uang Ekstra dari Anggaran Berlebih

  by: Redaksi       5/8/2014
  • Ada cara untuk mendapatkan uang tambahan tanpa perlu lembur atau mencari pekerjaan ekstra. Anda hanya perlu melihat kembali seluruh daftar rencana pengeluaran, dan pangkas semua biaya yang berlebih! Let’s get started!

    Daftar Pengeluaran
    “Pengeluaran harian saya normal kok.” Anda merasa seperti itu? Sudah menghitung “pengeluaran tak terduga” yang biasa Anda lakukan seperti kopi atau jajanan yang dibeli saat teman Anda tiba-tiba mengajak pergi? Hmmm... jika Anda tidak punya bayangan sama sekali mengenai kebiasaan pengeluaran yang dilakukan, Anda tak akan bisa mengaturnya. Lacak juga semua pengeluaran bulanan. Anda tak akan menyangka bisa menemukan banyak hal di sana.

    Cari Anggaran Berlebih
    Saat ini Anda sudah mendaftar semua pengeluaran. It's time to find your budget fat. Coba pikirkan kembali semua yang ada di dalam daftar tersebut: apakah benar-benar dibutuhkan, apakah ada barang yang lebih murah, apakah harus dibeli saat itu juga atau bisa menundanya. Semua hal itu harus Anda pertimbangkan. Menjawab semua pertanyaan itu dengan jujur, akan semakin memudahkan Anda menemukan “budget fat”.



    Hilangkan Atau Ubah Kebiasaan
    Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ekstra uang dari anggaran berlebih dalam daftar tersebut. Pertama, Anda bisa langsung menghilangkannya dari rencana keuangan. Kedua, Anda bisa mengganti kebiasaan mahal Anda dengan sedikit trik, misalkan buat sendiri kopi Anda dan berhenti membelinya dari coffee shop, atau sesekali bawa lunch dari rumah. You don’t have to miss out all the fun!



    Jalur Postingan Baru
    Sekarang waktunya mengumpulkan semua uang yang Anda dapat dari aksi “potongan” budget. Jumlahkan semua uang yang Anda hasilkan, dan masukkan ke dalam daftar-daftar prioritas. Anda bisa menempatkan uang ekstra ini untuk membayar beban kartu kredit atau menambahkan tabungan untuk liburan berikutnya. Yeaaay... say Hello to Paris! (Muhtar Rais/IR/Image: iStock/Thinkstock)