Better You

4 Alasan Anda Harus ke Ginekolog

  by: Adya Azka       12/8/2014
  • Ada banyak hal yang biasanya Anda lakukan setahun sekali. Dan, jika Anda wanita maka seharusnya Anda juga melakukan kunjungan ke ginekolog untuk pemeriksaan tahunan. Mengapa? Empat hal yang Cosmo ungkap berikut ini menjadi alasannya.

    Berusia Lebih Dari 15 Tahun
    Para ahli di American College of Obstetricians and Gynecologist menganjurkan bahwa wanita harus mulai rutin mengunjungi ginekolog di antara usia 13 dan 15. Bagi kebanyakan wanita, itu adalah usia awal menstruasi. Mungkin Anda merasa menstruasi Anda lancar dan normal, namun kunjungan rutin ke ginekolog is a must!

    Tamu Bulanan yang Menyiksa
    Entah itu kram yang begitu menyakitkan atau mood swing yang tak terkontrol yang disebabkan oleh datang bulan, maka pemeriksaan ke ob/gyn bisa menjadi awal yang baik untuk mencari tahu  apa yang salah. Ada banyak hormon yang terlibat dalam sistem reproduksi Anda.



    Aktif Berhubungan Seks
    Alat kontrasepsi, penyakit seksual menular, virus HPV, oh my! Banyak sekali yang harus dipikirkan jika Anda sudah aktif berhubungan seks. Meskipun Anda berhubungan seks hanya dengan satu pasangan, hal-hal tersebut tetap harus jadi bahan pertimbangan demi kesehatan kewanitaan Anda. Mencegah kehamilan yang tak diinginkan, atau mencegah tertular penyakit kelamin semua bisa Anda cari tahu lewat ob/gyn.



    Ada yang Salah di Bawah Sana
    Membahas keluhan-keluhan Anda dengan orang yang paham betul duduk persoalannya tentu akan sangat menyenangkan. Nah, jika Anda merasa area kewanitaan Anda mengalami gangguan, tapi di pihak lain Anda merasa kurang yakin, tak ada salahnya untuk langsung ke ginekolog. (Imron Ramadhan/FT/Image: iStock/Thinkstock)