Better You

Meditasi dengan Kebiasaan Sehari-Hari

  by: Adya Azka       15/8/2014
  • Menemukan waktu sendiri terkadang memang tidak mudah. Padahal Anda butuh waktu meditasi sejenak untuk menenangkan pikiran dan mencegah stres. Let's learn some meditation dengan memanfaatkan kebiasaan sehari-hari.

    Waterfall Meditation
    Meditasi air terjun biasa digunakan para Shinto dengan memanfaatkan derasnya air terjun untuk meditasi. Trik untuk melakukan meditasi ini adalah dengan menggunakan shower di kamar mandi Anda. Pasanglah temperatur air shower sesuai yang Anda suka. Tarik napas yang dalam, dan rasakan setiap air yang jatuh dari shower mengalir dari kepala, pundak, hingga kaki Anda. Rasakan pula aroma sabun mandi Anda. Meditasi ini membuat Anda membayangkan sabun mandi menghapus semua energi negatif dan air shower yang mengalir membersihkan serta menjernihkan kembali pikiran Anda.

    Loving-Kindness Meditation
    Dalam meditasi Buddha, loving-kindness adalah cara paling cepat membalikkan pikiran buruk. Meditasi ini dapat Anda lakukan dalam perjalanan menuju kantor atau setelah pulang dari kantor, Duduklah di dekat jendela dan posisi kaki menapak lantai. Tarik napas yang dalam dan fokuskan diri Anda untuk merasa damai dan tenang. Lalu bayangkan diri Anda bersama orang terdekat Anda, ingatlah seluruh kebaikan mereka dan dalam hati ucapkan kata terima kasih kepada mereka. Biarkan perasaan damai ini terus Anda rasakan sampai tempat tujuan Anda.



    Mindfulness Meditation
    Meditasi tradisional ini melibatkan kaki Anda untuk berjalan. Carilah salah satu tempat tujuan yang sangat familiar bagi Anda, agar Anda tak perlu berpikir untuk pergi kemana. Anda bisa memilih rute ke beauty shop atau fashion store favorit Anda. Tarik napas yang dalam kemudian mulailah berjalan. Rasakan beban tubuh Anda setiap melangkah, lama-kelaman tubuh Anda akan merasa ringan. Pikirkan tempat bahagia Anda sambil merasakan keringanan tubuh Anda ketika melangkah.



    Grounding Meditation
    Meditasi paling dasar ini dapat Anda lakukan ketika sedang menunggu makanan Anda di microwave atau ketika sedang mengantre toilet. Bagian terpenting dari meditasi ini adalah seluruh bagian telapak kaki Anda menyentuh lantai. Tarik napas panjang dan buang melalui mulut Anda. Lakukan sebanyan 10 kali, and here comes the peacefull mind. (Indira Listiarini/FT/Image: iStock/Thinkstock)