Better You

4 Manfaat Bangun Tidur Lebih Pagi

  by: Redaksi       17/8/2014
  • Kalau hingga pagi tadi Anda bangun tidur selalu kesiangan, hasil penelitian dari Feinberg School of Medicine bisa jadi motivasi Anda untuk bangun lebih awal. And start from tomorrow… jangan biarkan alarm Anda “teriak” berkali-kali!

    Internal Body Clock
    Setiap orang secara alami akan menyadari perbedaan jam biologis yang terjadi pada dirinya. Pengetahuan inilah yang akan membedakan tingkat kesadaran Anda saat merasakan kantuk atau tetap aktif dan terjaga. Saat Anda tetap terjaga hingga larut malam, sebenarnya yang terjadi adalah tubuh akan terus mengakumulasi kebutuhan Anda untuk tidur. Menurut Sleepfoundation.org, kebutuhan rata-rata remaja untuk tidur dalam sehari adalah 9 ¼ hingga 8 ½ jam. Dengan membiasakan diri bangun pagi, Anda akan menyelaraskan jam biologis dalam tubuh Anda untuk nantinya menyeimbangkan juga tingkat kesadaran Anda dan keinginan untuk beristirahat di malam hari.

    Menurunkan Berat Badan
    Dengan kestabilan jadwal tidur yang telah Anda dapatkan, nantinya hal ini akan memberikan pengaruh terhadap metabolisme tubuh. Coba tebak apa hasil akhirnya? Yes dear, dari metabolisme tubuh yang teratur itulah perlahan Anda akan mendapatkan berat badan yang ideal.



    Sinar Matahari Pagi
    Dari penelitian di Feinberg ini juga ditemukan bahwa sinar matahari pagi lebih baik jika dibandingkan dengan sinar matahari di waktu siang dan sore hari. Karena pada pagi hari (jam terbaiknya yaitu 20-30 menit pada jam 8), sinar matahari lebih banyak mengandung cahaya biru yang memberi efek baik bagi ritme sirkadian (jam biologis tubuh) Anda. Untuk mendapat manfaat maksimal Anda bisa mendiskusikan hal ini kepada dokter ahli untuk mencoba bright-light therapy. Sebab terapi ini membutuhkan pengaturan intensitas, durasi, dan jarak yang tepat dari paparan langsung sinar matahari tersebut ke tubuh Anda.



    Tak Akan Melewati Sarapan
    Asupan satu ini memang sering terlewat saat Anda harus terburu-buru untuk pergi ke kantor. Jika Anda bangun lebih pagi, ada banyak waktu untuk mempersiapkan menu sarapan pagi yang ingin disantap. Sebab sarapan pagi akan mencegah Anda untuk mengonsumsi makanan berlebih di siang harinya. (Muhtar Rais/AC/Image: Fuse/Thinkstock)