Better You

4 Trik Siasati Makanan Tidak Sehat

  by: Redaksi       18/8/2014
  • Saat ini banyak sekali opsi cara hidup sehat yang bisa Anda tiru dari banyak sumber, di antaranya mencoba untuk menjadi vegetarian atau clean eating dengan hanya mengonsumsi buah, sayuran, atau daging dari sumber peternakan pilihan. Tapi kalau Anda tetap salah dalam memilih sumber asupan harian dan masih mengonsumsi makanan yang seharusnya dihindari, kesehatan Anda tetap akan jadi taruhannya. So, Cosmo coba ungkap untuk Anda beberapa makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi dan trik menyiasatinya!

    Makanan Kalengan
    Makanan yang dikemas dalam kaleng ini menjadi berbahaya karena resin linings yang terdapat dalam kaleng tersebut mengandung bisphenol-A, hormon kimia yang bisa menimbulkan masalah gangguan kesehatan seperti sakit jantung, diabetes, dan obesitas. “Dari satu liter makanan kalengan seperti tomat kalengan, setidaknya ada 50mcg bisphenol-A di dalamnya,” ujar Fredrick Vom Saal, endocrinologist di Universitas Missouri. Solusinya, cobalah memilih produk makanan dalam kemasan botol kaca.

    Microwave Popcorn
    Berdasarkan penelitian terakhir dari UCLA, bahan kimia di antaranya perfluorooctanoic acid (PFOA) yang terdapat di dalam kantung popcorn kemasan dapat menyebabkan ke-tidaksuburan pada manusia. Dalam proses pembuatan popcorn kemasan tersebut yang menggunakan microwave, membuat popcorn Anda tekontaminasi dengan bahan-bahan kimia tersebut. Efeknya memang tidak langsung terlihat sebab bahan kimia tersebut akan menumpuk dalam tubuh Anda dan terakumulasi selama bertahun-tahun bila Anda mengonsumsinya terus. Maka cara terbaik untuk menyajikan popcorn Anda adalah dengan memasaknya langsung secara tradisional, bila Anda ingin menambahkan rasa cukup tambahkan butter, vegetable flakes, atau soup mix.



    Cereal Bar
    Meski selama ini Anda berpendapat bahwa cereal bar memiliki kandungan serat yang tinggi, tapi sereal batangan ini juga memiliki kandungan gula yang jauh lebih tinggi. Tinjau kembali setiap kandungan gizi yang terdapat dalam setiap kemasannya. Setidaknya Anda bisa lebih teliti dan menghitung setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh.



    Fried Sushi
    Dengan banyaknya variasi menu sushi yang bisa Anda nikmati, Cosmo tahu rasanya pasti sulit untuk tidak mencicipi semua menu tersebut. Padahal kenyataannya, Anda juga tetap harus memilih dengan bijak. Apa yang Anda pesan dan seberapa banyak yang Anda makan harus jadi pertimbangan utama. Carilah tempat sushi yang benar-benar menyajikan makanannya dengan cara tradisional Jepang, bukan bergaya western. Sebab terkadang, penambahan seperti mayonnaise, cream cheese, dan sugar-laden sauces yang mengandung kalori berlebih. Biasanya penggunaan bahan tersebut ditambahkan pada campuran sushi yang digoreng. (Muhtar Rais/PS/Image: iStock/Thinkstock)