Career

5 Cara Jitu Mencuri Perhatian Si Bos

  by: RedaksiCosmopolitan       20/8/2014
  • Siapa sih yang tidak ingin “dilirik” oleh bos di kantor? Pertanyannya: Bagaimana agar Anda bisa mendapatkan perhatian Si Bos? Simak beberapa tip dari Cosmo berikut ini.

    1. Ambil Hatinya
    Tunggu dulu... mengambil hati di sini bukan berarti cari muka ya, dear. Itu dua hal yang berbeda lho. Kalau cari muka Anda cenderung “menjilat” atasan Anda. Sedangkan mengambil hati di sini maksudnya adalah Anda mau berkembang dan maju dengan menunjukkan dan memaksimalkan semua yang Anda miliki, termasuk skill. Dengan bersikap seperti ini, pasti atasan akan melihat Anda sebagai orang yang mau belajar dan berkomitmen tinggi terhadap pekerjaan. Maka jangan heran kalau atasan Anda memberikan tanggung jawab lebih kepada Anda. Karena dia melihat Anda berpotensi dan bisa diandalkan dalam menyelesaikan tugas yang didelegasikan.

    2. Tepat Waktu
    Be punctual. Siapa sih yang tidak senang dengan orang yang tepat waktu? Cosmo yakin, bila Anda  datang ke kantor dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, atasan Anda pasti akan melihat Anda sebagai pribadi yang disiplin. Walaupun dia tidak memuji Anda secara langsung, dalam hatinya dia pasti menilai Anda. Nah, bagaimana kalau Anda adalah sosok yang tidak tepat waktu? Cobalah untuk lebih disiplin dan melakukan manajemen diri mulai dari sekarang. Misalnya saja, mencoba tiba di kantor 15 menit lebih awal sebelum jam masuk kantor dan mengatur pekerjaan lebih baik lagi agar selesai tepat waktu. Catat semua hal penting yang berhubungan  dengan pekerjaan agar tidak ada satu pun yang terlewatkan. 



    3. Jangan Takut Bertanya
    Malu bertanya sesat di jalan. Bila Anda merasa tidak mengerti dengan pekerjaan yang diberikan, tidak salah kok kalau Anda bertanya langsung pada atasan. Justru atasan akan melihat Anda sebagai orang yang mau berusaha. Dari sini, Anda bisa belajar mengetahui apa yang diinginkannya. Kerja pun akan lebih nyaman bila Anda sudah mengerti apa mau Si Bos.



    4. Memiliki Pengetahuan Lebih
    Cobalah untuk berbagi pengetahuan yang Anda miliki di luar pekerjaan. Biasanya orang akan lebih tertarik pada sosok yang memiliki pengetahuan lebih di luar bidangnya. Dengan memiliki pengetahuan lebih, tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk bisa berkomunikasi bahkan bertukar pikiran dengan atasan Anda. Oleh sebab itu, perbanyaklah membaca, menonton berita, dan melakukan kegiatan apapun yang bisa menambah wawasan Anda. Be smart fun fearless female.


    5. Menjaga Penampilan
    Usahakan untuk selalu datang ke kantor dengan penampilan yang menarik. Jangan sampai Anda baru mengenakan makeup di toilet kantor. Perhatikan juga masalah rambut. Jika rambut Anda tertata dengan baik dan rapi, maka tingkat  kepercayaan diri Anda pun meningkat. Di samping itu, jangan lupa untuk selalu menyemprotkan wewangian ke tubuh agar terkesan fresh. Serta, sisipkan juga permen rasa mint di tas Anda supaya mulut lebih segar ketika melakukan presentasi dengan tim maupun klien. Ingatlah selalu penampilan yang rapi akan membuat si bos memerhatikan Anda. Good luck! (Rachelle Kandou/FT/Image: thinkstock)