Better You

Cari Tahu Penyakit Lewat Jerawat

  by: Adya Azka       30/8/2014
  • Menemukan jerawat di wajah saat pagi hari memang menyebalkan. Tapi, posisi jerawat juga bisa digunakan untuk melakukan deteksi awal penyakit lho. Sekarang coba mulai perhatikan posisi jerawat  Anda.

    Dahi dan Dagu
    Jika Anda menemukan jerawat di area dahi dan dagu, hmm bisa jadi ada gangguan di bagian pencernaan. Coba ingat-ingat, akhir-akhir ini Anda menyantap makanan apa saja dear? Untuk menghindari jerawat muncul lagi di area ini, perbanyaklah minum air mineral dan kurangi minuman bersoda.

    Pipi
    Memiliki jerawat di bagian pipi bisa mengindikasikan jika pernapasan Anda sedang bermasalah. Saatnya untuk lebih banyak menghirup udara segar! Bangunlah lebih pagi dan mulai rutin berolahraga di taman sekitar tempat tinggal. Sebaiknya Anda juga lebih sering mengganti sarung bantal yang digunakan saat tidur. Selain masalah pernapasan, jerawat yang terletak di pipi kiri bagian bawah juga dapat mengindikasikan masalah pada kesehatan gigi. Well, menyikat gigi sebanyak dua kali sehari bukan cuma iklan lho. So, jangan sampai terlewat ya.



    Hidung
    Oh no! Punya jerawat di bagian hidung memang menyebalkan. Parahnya lagi bisa membuat percaya diri menurun. Dan, tahukah Anda jika jerawat ini bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan di liver maupun peredaran darah Anda? Untuk menanggulanginya, cobalah untuk mengurangi makanan berkolesterol. Yang paling penting tentu saja dengan memperbanyak olahraga.



    Sudut Mata
    Mungkin area ini sangat jarang dihinggapi jerawat. Tapi, jika Anda pernah menemukannya saat bercermin bisa jadi ada yang tidak beres dengan ginjal dan bagian mata. Cobalah untuk lebih banyak minum air mineral dan menyantap makanan yang mengandung vitamin A. Sepertinya Anda juga harus mengatur porsi asupan kafein setiap harinya. (Adhia Azka/FT/Image: thinkstock)