Better You

Cara Mudah Tingkatkan Kemampuan Memori

  by: Silvya Winny       9/8/2015
  • Di tengah kesibukan yang dijalani memang mudah untuk menjadi seseorang yang pelupa. Bahkan, Anda hingga mendapat julukan Si Pikun. Ugh! Tidak mau dong menyandang julukan itu terus-menerus. Agar hal itu tidak terjadi, coba saja terapkan cara mudah di bawah ini untuk meningkatkan kemampuan memori Anda.

    Konsumsi Makanan Kaya Omega-3

    Makanan ternyata memiliki peranan penting pada kemampuan memori Anda. Rutin mengonsumsi makanan kaya omega-3 ternyata mampu meningkatkan kemampuan memori hingga 23%, lho. Omega-3 banyak ditemukan dalam lemak ikan seperti salmon, sarden, dan tuna. The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi omega-3 setidaknya dua kali dalam semingu.



    Olahraga

    Yup, olahraga juga dapat menambah kemampuan memori Anda. Olahraga mendorong otak untuk bekerja pada kapasitas yang optimal dengan merangsang sel-sel saraf untuk berkembang biak. Tidak hanya itu olahraga juga memperkuat interkoneksi antar saraf dan melindungi saraf dari kerusakan.


    Berhenti Multitaksing

    Anggapan multitasking dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif ternyata tidak benar, dear. Multitasking justru memperlambat kerja dan membuat Anda mudah lupa. Penelitian menunjukkan seseorang membutuhkan sekitar delapan detik untuk memproses informasi. Jadi jika Anda sedang berbicara di telepon dan membawa belanjaan di saat Anda meletakkan kunci mobil. Kemungkinan besar Anda tidak akan mengingat di mana menaruh kunci tersebut.

    Tidur Cukup

    Tidur yang cukup juga dibutuhkan agar otak dapat bekerja dengan maksimal untuk menyimpan memori. Penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa tidur dapat meningkatkan kemampuan otak menyimpulkan hubungan antara ide sebanyak 33%. Tidur selama 7-9 jam setiap malam sangat penting agar Anda dapat berpikir lebih jernih keesokan harinya.



    Bermain Permainan untuk Otak

    Hal sederhana seperti menyusun puzzle, mengisi TTS, hingga bermain sudoku juga dapat membuat Anda lebih mudah untuk mengingat informasi baru. Permainan ini akan memberikan tantangan baru bagi otak. Hal ini akan melatih otak untuk lebih cepat mengingat informasi baru.

    Membaca Buku

    Kabar baik bagi Anda yang gemar membaca. Kebiasaan ini tidak hanya menambah pengetahuan tetapi juga mempertajam ingatan. Para peneliti dari Emory University menemukan bahwa asyik membaca novel fiksi dapat meningkatkan konektivitas dan fungsi di otak. Ini terjadi karena novel fiksi membuat Anda berimajinasi.

    Pelajari Hal Baru

    Satu lagi cara mudah untuk meningkatkan kemampuan memori Anda adalah dengan mempelajari hal baru. Mempelajari hal baru yang mampu menarik perhatian dapat merangsang sistem saraf. Bahkan, hal ini dapat mengurangi efek penyakit yang disebabkan stres dan risiko demensia. (Hana Devarianti/VP/Image: DOLGACHOV/ISTOCK/462410903)