Career

5 Tip Agar Terhindar dari Utang

  by: Silvya Winny       7/8/2015
  • Berapa pun penghasilannya, tak akan jadi soal jika Anda bisa mengelola keuangan pribadi dengan baik. Tapi jika Anda selalu kesulitan mengaturnya, tip berikut wajib disimak.

    Punya Penghitungan Rinci
    Untuk memastikan pengeluaran tidak berlebihan, Anda harus tahu memiliki rincian untuk apa saja uang Anda terpakai. Perhatikan juga hal detail seperti penggunaan kartu debet, kartu kredit, dan tahu waktu untuk menolak ajakan dinner di restoran mahal saat dompet Anda “menipis”.

    Hidup Mandiri
    Orang yang tidak menggantungkan keuangannya dengan orang lain akan terbiasa untuk fokus mengelola keuangannya sendiri. Setelah gajian, selalu sisihkan uang untuk membayar tagihan dan keadaan darurat agar tak perlu pinjam uang ke orang lain.



    Tidak Gila Belanja
    Bagi wanita, menahan hasrat belanja memang sulit. Tapi terlalu sering belanja jelas memperburuk situasi keuangan Anda. Coba belajar sabar dan pertimbangkan dampaknya sebelum membeli. Hati-hati juga saat membeli barang-barang yang terlihat remeh karena hal itu bisa menyebabkan pengeluaran membengkak tanpa sadar.



    Percaya Diri
    Orang yang bebas utang menyadari harga diri mereka tak diukur berdasarkan merek tas yang mereka gunakan. Mereka juga sadar kalau bukan masalah jika mengenakan dress yang sama ke dua acara pernikahan yang berbeda. Hindari membeli pakaian atau tas baru hanya karena gengsi.

    Bisa Memanfaatkan Kartu Kredit
    Kartu kredit adalah pedang bermata dua, di satu segi memudahkan namun tanggung jawabnya besar. Jangan mudah tergoda untuk langsung membeli tiket promo pesawat ke Bali dengan kartu kredit. Jika masih kesulitan untuk membayar tagihannya setiap bulan, mungkin belum saatnya Anda pergi ke Bali, ladies. (Soca Massardi/VP/Image: doc. andresrimaging/iStock/Thinkstock)